10 Makanan yang bisa turunkan asam urat tinggi

Bagi penderita asam urat tentu saja tidak akan bisa leluasa mengkonsumsi semua makanan lezat. Penderita asam urat memang di sarankan untuk membatasi serta memilih jenis makanan yang akan mereka konsumsi terutama untuk jenis makanan yang menganandung zat purin jika tidak ingin asam urat yang di derita kambuh. Biasanya, meningkat nya kadar asam urat di tandai oleh timbulnya rasa nyeri bada beberapa bagian tubuh terutama pada bagian persendian.
Banyak nya asam urat di dalam darah bisa saja di atasi dengan cara mengatur pola makan dengan mengkonsumsi makanan sehat yang tentu saja juga bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat. Perlu di ketahui bahwa asam urat merupakan sisa metabolisme oleh zat purin yang di hasilkan dari berbagai makanan yang kita konsumsi sehingga terjadi pemecahan sel di dalam darah. Purin sendiri merupakan zat dari makanan yang berasal dari makhluk hidup atau hewani dan yang pada akhirnya berpindah ke dalam tubuh kita. Umum nya, sisa dari metabolisme zat purin sendiri akan di keluarkan oleh tubuh melalui sistem pembuangan urine maupun feses. Namun bagi penderita asam urat organ ginjalnya tidak mampu mengeluarkan zat tersebut yang akhirnya akan membuat kadar zat tersebut meningkat di dalam tubuh dan terjadilah asam urat.
gambar 10 Makanan yang bisa turunkan asam urat tinggi
Dan berikut ini kita akan membahas seputar jenis-jenis makanan yang baik dan kita rekomendasikan kepada penderita asam urat. Selain jenis makanan ini bisa membantu untuk menurunkan kadar asam urat juga bisa membantu menyembuhkan rasa nyeri yang timbul di area persendian pada saat asam urat kambuh. Berikut penjelasan nya :

10 Makanan yang bisa turunkan asam urat tinggi

1. Beras merah

Mengganti konsumsi beras putih menggunakan beras merah untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat memang di sarankan bagi penderita asam urat. Beras merah yang memiliki kandungan kadar gula serta kalori rendah bisa membantu para penderita untuk menurunkan kadar asam urat apabila mengkonsumsinya. Selain bagi penderita asam urat, mengkonsumsi beras merah ini juga sangat bagus bagi kalian yang sedang menjalankan progam diet sehat ya. Meski mengandung kalori rendah, tapi jangan salah karena beras merah ini ternyata mampu memberikan energi yang tinggi loh. Bagi kalian yang belum terbiasa mengkonsumsi beras merah dan tidak menyukai tekstur dari beras ini, kalian bisa mencampurkan beras merah ini dengan beras putih pada umumnya sehingga bisa membuat tekstur beras merah menjadi lebih pulen, enak dan sehat tentunya.
2. Ikan salmon

Meskipun bagi penderita asam urat di sarankan untuk membatasi mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung zat purin, namun berbeda dengan makanan satu ini. Justru ikan salmon ini mengandung kadar gizi serta nutrisi yang  cukup tinggi sehingga sangat baik apabila di konsumsi terutama oleh seseorang yang menderita asam urat. Meskipun tergolong makanan hewani, namun ikan salmon memiliki kandungan purin yang sangat rendah jika di bandingkan dengan jenis-jenis ikan pada umumnya. Meskipun begitu tetap harus di batasi ya saat mengkonsumsi salmon bagi penderita asam urat. Selain itu, ikan salmon juga memiliki kandungan lemah jenuh serta omega 3 yang tinggi sehingga baik juga jika di konsumsi oleh penderita kolesterol dan komplikasi seperti jantung dan stroke.
3. Buah apel

Buah apel merupakan salah satu buah yang baik di konsumsi bagi penderita asam urat dan kolesterol tinggi. Zat asam malat yang terkandung di dalam buah apel ini lah yang mampu menetralkan kandungan asam urat di dalam tubuh kita, kemudian asam urat akan mengalami pembuangan oleh asam malam melalui urine. Selain itu, ternyata buah apel juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga mampu untuk menangkal radikal bebas serta mencegah munculnya berbagai macam penyakit lain di dalam tubuh.
4. Buah delima
Selain buah apel, kalian juga bisa mengkonsumsi buah delima ini untuk membantu proses penurunan kadar asam urat di dalam tubuh. Selain memiliki rasa yang khas ternyata buah delima ini juga memiliki fungsi untuk mengurangi plak di dalam arteri atau pembuluh darah yang bisa memicu timbulnya asam urat tinggi. Sehingga buah ini sangat baik apabila di konsumsi oleh penderita asam urat tinggi.
5. Tomat

Makanan satu ini selain kaya akan antioksidan ternyata juga bisa sebagai makanan penurun asam urat dan sangat di rekomendasikan untuk di konsumsi setiap hari. Ternyata di dalam kandungan buah tomat yang akan menimbulkan kandungan sifat alkali alami pada saat bercampur di dalam darah. Dan sifat inilah yang mampu menurunkan asam urat secara berkala.
6. Kuaci

Kuaci atau makanan ringan yang berasal dari biji bunga matahari ini juga memiliki manfaat yang di percaya sangat efektif dalam menurunkan kadar asam urat secara alami. Namun perlu di ingat bahwa untuk makanan yang bisa menurunkan kadar asam urat dari jenis kacang-kacangan dan biji-bijian hanya boleh mengkonsumsi kacang pinto dan kuaci saja ya. Jangan sampai salah makan, yang ada nantinya bukan turun nya asam urat malah justru semakin naik.
7. Buah berries

Mengkonsumsi buah-buahan jenis berries seperti strawberry, blueberry, blackberry dan cransberry memang sangat baik bagi tubuh. Terlebih jika mengkonsumsinya dengan jumlah sedikit namun rutin ternyata juga bisa membantu menurunkan asam urat tinggi. Cara untuk mengkonsumsi buah berries ini sendiri sangat variatif, seperti bisa di konsumsi secara langsung, di buat jus lalu di minum atau bisa juga di buat sebagai tambahan topping dessert.
8. Buah lemon

Buah lemon merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi sehingga bagus apabila di gunakan untuk menurunkan asam urat dan juga kadar kolesterol yang tinggi dari dalam tubuh. Hal ini di sebabkan karena kandungan vitamin C yang tinggi ini mampu melarutkan asam urat yang ada di dalam tubuh lalu mengeluarkan nya melalui urine. Buah lemon ini sangat di sarankan untuk di konsumsi secara rutin. Selain itu manfaat lain buah lemon juga baik untuk kalian yang sedang diet loh. Namun untuk para penderita mag, lebih baik untuk tidak mengkonsumsi buah lemon ini secara langsung atau bisa menggantinya dengan buah yang kaya vitamin C lainnya seperti kiwi dan jeruk.
9. Buah pisang

Siapa yang tidak tahu buah ini? Buah yang sangat familiar dan mudah sekali di jumpai ini ternyata menyimpan manfaat besar yaitu bisa membantu menurunkan kadar asam urat loh. Kandungan buah ini yang kaya akan potasium, antioksidan dan juga vitamin C itulah yang bisa membantu sistem metabolisme tubuh dalam menurunkan kadar asam urat dari dalam darah dengan cara mengkonsumsinya secara rutin.
10. Seledri

Makanan terakhir yang berfungsi sebagai penurun asam urat selanjutnya adalah seledri. Daun seledri ini mengandung banyak sekali komponen yang bermanfaat seperti glikosida,apiol serta flavonoid yang bisa membantu mengurangi rasa nyeri pada persendian yang di sebabkan karena meningkatnya kadar asam urat yang tinggi. Semoga bermanfaat~

Leave a Comment