10 Manfaat ajaib mengkonsumsi pisang bagi kesehatan badan

Semua orang pasti sudah pernah memakan pisang, siapalah yang belum memakan pisang, pisang hampir tumbuh di semua wilayah indonesia,

banyak sekali olahan makanan yang berbahan pisang, sudah ada yang merasakan kelezatan es pisang ijo..

heeemme rasanya nikmat sekali disantap siang hari ketika cuaca terik panas. pisang juga digunakan oleh sebagian orang untuk menu diet di pagi hari,

jadi mereka yang menjalani diet untuk menurunkan berat badan hanya mengkonsumsi pisang saja ketika pagi hari. dan makan secukupnya porsi biasa di siang hari,

malam harinya mengkonsumsi pisang di tambah buah lainnya serta beberapa sayuran atau salad tanpa tambahan nasi dan karbohidrat lainnya.

Buah pisang kualitas bagus akan di export ke negara negara eropa dan amerika tau tidak berapa jumlah konsumsi pisang di negara tersebut?

hampir 11, 4 pon setiap tahunnya, pisang sudah dianggap oleh masayarakat disana termasuk kedalam golongan buah yang menyehatkan bagi tubuh mereka,

nah berikut ini daftar manfaat yang bisa kamu peroleh dari buah kuning yang bernama pisang.

buah pisang

10 Manfaat ajaib mengkonsumsi pisang bagi kesehatan badan

1. Baik untuk Sistem kesehatan jantung


Menambahkan pisang ke dalam makanan kita bisa menjadi cara yang sangat baik untuk memastikan jantung kita tetap dalam kondisi yang baik dalam waktu yang lama.

Penelitian menunjukkan bahwa potasium dalam pisang dapat membuat detak jantung kita teratur.

Karena bertanggung jawab untuk membuat otot berkontraksi dan juga memastikan bahwa sel-sel saraf merespons dengan baik.

pisang juga dapat membatalkan efek natrium pada tekanan darah kita. dengan begitu maka kesehatan jantung kita akan selau terjaga.

2. Baik untuk Kesehatan Psikologis

Pisang merupakan sumber kalium yang baik, dan nutrisi kalium ini bertanggung jawab untuk mengirimkan oksigen ke otak.yang pada akhirnya juga membantu kita  menjaga pikiran tetap fokus karena magnesium dalam buah pisang memastikan  bahwa ada aktivitas listrik yang tepat antara sel-sel saraf di otak.

Selain itu, ia juga bertanggung jawab untuk membantu otak membuang produk limbah seperti amonia dari tubuh.

Dengan mengurangi kadar amonia di otak kita, secara otomatis menjadi lebih fokus dan penuh perhatian.

3. Membantu Penurunan Berat Badan

Obesitas merupakan gaya hidup yang kurang sehat bagi semua orang di belahan dunia ini. Jika kita ingin mencoba menurunkan beberapa kg saja atau tetap menjaga asupan kalori kita,

pisang adalah buah yang tepat untuk kita makan. pisang memiliki jumlah serat yang cukup dan jumlah kalori yang lebih rendah.

Dengan banyak nutrisi tersebut maka akan membuat perut kita berasa lebih kenyang dan tidak mudah menjadi lapar.

4. Baik untuk Sistem Pencernaan

Pernahkah kita mengalami ganguan pencernaan yang buruk disuatu hari, yang pernah tentu akan merasakan semua kegiatanya yang akan di jalanai akan menjadi berantakan,

nah untuk memastikan sistem pencernaan kita dalam kondisi sangat baik, coba tambahkan pisang ke dalam makanan kita. Seperti yang disebutkan sebelumnya pisang memiliki banyak serat. Yang bertanggung jawab untuk membersihkan isi perut kita dan menghilangkan sembelit .

pisang juga menggobati diare dan mengembalikan kadar kalium dan elektrolit, yang mungkin turun saat kalian terserang oleh diare berkepanjangan.

Ingat pisang yang tidak matang  dapat menyebabkan konstipasi, jadi berhati-hatilah makan pisang pilih yang sudah matang saja.

5. Meningkatkan Energi

Pisang banyak kandungan vitamin C , antioksidan, dan serat. Tiga bahan untuk membuat  energi instan dalam sistem tubuh kita.

itulah alasan mengapa orang yang banyak berolahraga sering mengkonsumsi pisang sebagai sarapan mereka.

Pati dalam pisang dapat mengubah gula darah menjadi energi, dengan meningkatkan reaksi tubuh terhadap insulin.

6. Menjaga kesehatan Kesehatan Mata

Penelitian telah membuktikan bahwa jika orang dewasa makan pisang setai hari maka akan mengurangi kemungkinan mengembangkan ARMD atau degenerasi otot yang berkaitan dengan usia hingga 36 persen.

Penyakit ini adalah salah satu penyebab terbesar gangguan penglihatan pada orang tua.

7. Bagus Untuk Kesehatan tulang

Mempertahankan tulang yang kuat sangat penting. Karena kerangka dan tulang kita menampung semua kalsium yang kita butuhkan dan perlahan-lahan melepaskannya ke dalam darah saat dibutuhkan.

Tetapi kalsium untuk menjaga tulang kuat dan sehat kita membutuhkan lebih dari sekadar kalsium.

Pisang mengandung vitamin C, Vitamin B6 dan Kalium, nutrisi ini sangat penting untuk tulang yang kuat.

8. Melawan Kanker

Menurut sebuah penelitian di Jepang, pisang yang  matang dengan bintik-bintik hitam di atasnya memiliki nutrisi khusus yang dapat melawan kanker.

Mereka menyebut zat TNF (Tumor Necrosis Factor). Studi lain juga menunjukkan bahwa mengonsumsi pisang dan buah segar lainnya dapat menjaga kesehatan ginjal dan kanker ginjal.

9. Meningkatkan Kekebalan atau imun

Pisang banyak akan  berbagai mineral dan nutrisi. Diantaranya adalah zat besi , seng , vitamin A , vitamin B6 , vitamin C , selenium dan protein .

Semua zat ini memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan.

10. Mencegah Anemia

Pisang mengandung banyak nutrisi, di antaranya adalah zat besi, asam folat dan B12.

Inilah yang dibutuhkan tubuh kita untuk melawan anemia. tambahkan madu di atas pisang, karena dapat membantu penyerapan zat besi, melalui kandungan tembaga yang baik untuk kesehatan.

nah itulah 10 manfaat pisang bagi kesehatan. Pisang memang luar biasa! pisang membantu kita menurunkan berat badan dan menjaga sistem pencernaan dan kardiovaskular kita tetap terkendali.

Mereka tidak hanya baik untuk kesehatan fisik kita tetapi juga membantu kita menjaga kesehatan mental kita.

Jika kita ingin menjalani hidup sehat dan bahagia, makanlah pisang disetiap hari sebagai bekal sarapan kita.

Leave a Comment