5 Cara alami atasi mata merah karena iritasi

Memiliki masalah mata merah akibat iritasi mata pasti terasa terganggu saat melaksanakan aktivitas sehari-hari bukan? Apalagi jika iritasi ini di barengi dengan timbulnya rasa gatal pada area mata. Yang jika kita gosok justru akan semakin memperparah iritasi tapi jika tidak akan terasa sangat gatal. Oleh sebab itu kita semua perlu untuk mengetahui sebab serta langkah untuk mengobati iritasi mata tersebut dengan bahan-bahan yang tentunya aman dan alami.
Ada banyak sekali faktor penyebab terjadinya iritasi pada mata, salah satu yang sering menjadi penyebab ini adalah penularan dari satu penderita kepada orang lain sehingga orang lain tersebut pada akhirnya juga menderita iritasi pada mata mereka. Pernah mendengar sebuah mitos di mana orang-orang pada jaman dahulu mengatakan “jangan lihat mata orang yang sedang sakit mata (iritasi) nanti ketularan” ternyata memang benar adanya. Serta beberapa penyebab lain yang bisa menimbulkan iritasi mata seperti saat kita mengalami alaergi, terlalu lama dan terlalu sering terpapar asap rokok, karena pasir, debu, serpihan kayu hingga terinfeksi oleh kuman bakteri.
gambar 5 Cara alami atasi mata merah karena iritasi
Iritasi mata ini sendiri sering kali di tandai dengan berubahnya warna beberapa bagian dalam mata menjadi merah atau pink. Gejala awal yang umum terjadi ini biasanya di sebabkan oleh adanya virus atau bakteri yang menjadi penyebab iritasi mata. Dari berbagai penyebab terjadinya iritasi mata tersebut untung saja juga ada banyak cara untuk meredakan hingga menyembuhkan mata yang merah hingga membengkak akibat iritasi. Saat mata sedang mengalami iritasi, maka saat itu kondisi mata akan lebih cenderung kering sehingga akan lebih mudah terjadi masalah lain seperti mengalami cidera okular atau masuknya benda asing yang menyebabkan mata menjadi merah. Sehingga untuk mengatasi permasalahan ini pun perlu penanganan yang lebih ekstra atau jika perlu bisa sesegera mungkin meminta pertolongan medis.
CARA ALAMI ATASI MATA MERAH KARENA IRITASI
Namun, pada artikel ini akan kami bahas mengenai cara penanganan permasalahan iritasi mata dengan cara tradisional serta bahan-bahan alami sehingga kalian sudah bisa mengobati jika sekiranya sudah mulai timbul beberapa gejala iritasi pada mata. Berikut penjelasannya:
1. Daun Sirih 
Sebagai salah satu tumbuhan yang memiliki sifat sebagai anti bakteri sehingga di percaya mampu menghilangkan bakteri serta kuman penyebab iritasi mata ternyata daun sirih ini juga efektif untuk obat mata merah yang bisa kalian lakukan sendiri di rumah. Pengobatan dengan daun sirih ini bisa terbilang cukup mudah karena ada banyak sekali tanaman ini tumbuh sehingga mudah untuk kalian jumpai. Cara pengolahannya cukup dengan memetik daun sirih sebanyak 2-3 lembar saja, kemudian masukan ke dalam wadah dan seduh dengan air panas. Setelah beberapa lembar daun sirih tersebut sudah terendam, diamkan beberapa saat hingga air menjadi suhu normal. Jika di rasa air sudah pada suhu normal kalian bisa gunakan air seduhan daun sirih tersebut untuk mencuci mata yang sedang iritasi atau menggunakannya sebagai obat tetes alami. Gunakan secara rutin hingga mata sudah tidak lagi mengalami iritasi.
2. Bawang Putih 
Bahan alami lainnya yang bisa kalian gunakan sebagai obat mata yang iritasi adalah bawang putih. Pasti akan ada pertanyaan bukannya bawang putih peda untuk mata? Justru itu adalah manfaat sebagai mengatasi iritasi pada mata. Caranya cukup mudah kok, cukup ambil satu siung bawang putih kemudian kalian bisa kupas kulit serta mencuci bawang putih hingga bersih, kemudian kalian bisa menggosokan bawang putih secara perlahan ke area mata hingga mata kalian berair. Dengan begitu semua kotoran serta bakteri yang berada di dalam mata bisa ikut keluar bersama air mata yang di sebabkan oleh bawang putih tersebut hingga akhirnya akan mengurangi masalah iritasi mata yang kalian derita.
3. Kentang
Ternyata bahan makanan alami yang di kenal memiliki banyak sekali karbohidrat ini yang sering di gunakan sebagai pengganti nasi ternyata kentang juga bisa di gunakan sebagai bahan untuk mengatasi masalah iritasi mata. Untuk cara pengobatan dengan bahan ini pun sangat mudah, cukup kupas lalu cuci bersih kentang kemudian iris tipis. Setelah itu kalian bisa tempelkan irisan kentang tersebut ke mata, di sini manfaat kentang selain bisa mengurangi iritasi juga bisa mengatasi bengkak akibat iritasi.
4. Kunyit
Selanjutnya bahan satu ini memang sudah sering di jadikan sebagai obat berbagai penyakit secara alami, yaitu Kunyit. Kandungan anti inflamasi pada kunyit berfungsi untuk mengusir bakteri jahat serta kuman yang menjadi penyebab mata merah. Cara pengobatan ini pun juga sangat mudah dan bisa kalian lakukan sendiri di rumah. Caranya cukup dengan memotong kunyit menjadi bagian kecil-kecil kemudian rendam kunyit di dalam air selama beberapa menit. Setelah di rasa cukup, maka air hasil dari rendaman kunyit tersebut bisa kalian gunakan sebagai obat tetes mata alami. Lakukan pengobatan ini secara rutin agar mata merah akibat iritasi bisa kembali reda.
5. Air Mawar
Bahan alami lainnya yang terakhir ini adalah Air Mawar, air mawar yang memiliki fungsi dapat menghilangkan segala jenis bakteri yang menyebabkan mata iritasi. Untuk air mawar sendiri bisa kalian racik sendiri dengan merendamkan putik bunga mawar ke dalam air secukupnya, rendaman ini memang di perlukan agak lama kurang lebih satu hari satu malam. Tapi pastikan jika rendaman mawar ini kalian letakan di tempat yang higienis ya. Setelah di rendam dalam waktu yang cukup, kalian sudah bisa menggunakan air mawar tersebut dengan cara meneteskan secara rutin air mawar sebanyak 3 kali sehari sampai keluhan mata merah akibat iritasi tersebut menghilang. Air mawar ini selain membantu mengurangi masalah mata merah akibat iritasi juga bisa memberikan sensasi rasa sejuk pada mata dan penglihatan kalian akan bisa jauh lebih cerah.
Oiya, selain beberapa bahan alami yang sudah kita jelaskan di atas ada juga cara yang bisa kalian lakukan agar tidak semakin memperburuk keadaan mata merah yang sedang kalian alami. Yaitu dengan tidak berlama-lama di depan layar seperti layar handphone, layar televisi maupun layar laptop justru akan menyebabkan memperparah kondisi mata merah serta pembengkakan pada area mata yang mengalami iritasi. Padahal dengan mata merah bisa jadi akan merusak penampilan di segala moment kalian loh… 
Semoga bermanfaat~

Leave a Comment