5 Cemilan lezat yang tidak bikin gemuk

Bagi sebagian orang, dengan mengkonsumsi makanan ringan pendamping yang bisa di lakukan kapan pun dan di mana pun atau yang biasa di kenal dengan istilah “nyemil” ini sudah menjadi rutinitas dalam sehari-hari.

Istilah nyemil merupakan satu kata yang di ambil dari camilan (snack) nyatanya memang berhasil menjadi candu bagi beberapa orang penikmatnya.

Tidak jarang seseorang akan merasa hampa ketika sedang melakukan aktivitas pasif seperti menulis atau membaca tanpa ada persediaan camilan. Namun ternyata terlalu banyak nyemil juga bisa memberikan dampak tidak baik bagi tubuh serta berat badan kita loh…

Bukankah memiliki body goals merupakan impian semua orang?  

Anehnya mereka yang sudah memiliki kecanduan nyemil akan terus membutuhkan sesuatu yang bisa di makan apalagi pada saat tengah malam ketika mereka sedang insomnia atau begadang.

Tidak heran jika orang yang selalu melakukan kebiasaan ini justru akan lebih sering memiliki permasalahan pada berat badan mereka.

Apalagi jika apa yang mereka makan sebagai cemilan cenderung berupa makanan yang tidak sehat dan mengandung banyak lemak, gula serta karbohidrat berlebih.

Pada situasi ini keluhan yang sering terjadi adalah jika jarum pada timbangan terus berjalan ke arah kanan atau alias berat badan yang terus bertambah.

Tapi jangan sampai kalian benar-benar mengabaikan hal seperti ini jika tidak ingin berat badan kalian tidak lagi terkontrol dan akan menjadi berlebih atau justru mengalami obesitas.  

gambar Cemilan lezat yang tidak bikin gemuk

Oleh sebab itu ada baiknya jika kalian lebih selektif dalam memilih beberapa camilan yang akan kalian konsumsi agar tidak terjadi suatu permasalahan seperti di atas.

Memilih untuk mengkonsumsi camilan sehat yang tidak menggandung tinggi lemak, gula serta kalori pada umumnya pasti tidak akan banyak di minati orang.

Banyak orang yang menganggap bahwa camilan sehat akan terasa hambar dan tidak bisa memberi rasa kenyang dalam waktu lama.

Karena hal ini pun sudah menjadi jaminan jika penjualan camilan sehat ini akan kalah saing dengan camilan-camilan yang pada umumnya mempunyai daya tarik bagi sebagian orang meskipun akan memberikan dampak yang kurang baik bagi tubuh.

Hingga pada akhirnya sekarang-sekarang ini sangat sedikit kita menjumpai pedagang makanan dengan menggunakan menu-menu sehat.  

Padahal dengan mengonsumsi camilan sehat bisa meningkatkan energi dan menjaga nafsu makan loh…

Sehingga kalian bisa mengontrol porsi makan saat jam makan tiba dengan tidak makan dalam porsi berlebih. Beberapa jenis camilan sehat memang ada yang mengandung rasa sulit untuk di terima oleh lidah kita.

Tapi jika kalian peduli terhadap kesehatan diri kalian, untuk itu kalian bisa memulai menghindari camilan tidak sehat seperti makanan cepat saji, terlalu banyak lemak, gula serta kalori dan berbagai minuman bersoda.

Kalian tidak perlu terburu-buru untuk membiasakan lidah untuk beradaptasi dengan camilan sehat seperti buah-buahan, sayur mayur serta makanan yang mengandung tinggi protein dan kalium.

Memang semua membutuhkan proses dan progres, pelan tapi pasti hingga lidah kalian tidak lagi mencari menu lama kalian.

Sebelum kita membahas apa saja menu camilan sehat pada artikel ini, ada baiknya jika kalian lebih dulu mengetahui apa saja manfaat “Nyemil Sehat”.

Berikut beberapa penjelasannya :  

Manfaat mengkonsumsi camilan sehat

  • Buah-buahan dan sayur tidak mengandung gula buatan atau gula berlebih yang bisa membuat kalian terhindar dari jerawat dan tidak mudah merasa lelah.
  • Buah-buahan dan sayur tidak mengandung lemak jenuh sehingga bisa menjadikan tubuh kalian lebih sehat.
  • Buah-buahan dan sayur tidak mengandung karbo berlebih sehingga bisa membuat tubuh kalian bugar.
  • Dengan mengkonsumsi camilan sehat kalian bisa kontrol pola makan sehingga dapat menjaga berat badan kalian pada angka ideal.
  • Buah dan sayur banyak mengandung vitamin serta gizi yang di butuhkan oleh tubuh sehingga kalian bisa memperoleh kulit yang bersih dan berseri.

Bagaimana, apakah kalian sudah berfikir untuk beralih kepada menu yang lebih sehat?

CEMILAN LEZAT YANG TIDAK BIKIN GEMUK

Jika kalian masih bingung menentukan menu sehat untuk sehari-hari, berikut ini ada beberapa menu camilan pilihan yang lezat namun tetap dong makan banyak tidak takut gendut hehe  

1. Dark Chocolate atau coklat hitam

Deretan menu sehat dan lezat ini wajib sekali untuk kalian konsumsi. Jangan salah, coklat yang satu ini berbeda dengan kebanyakan coklat yang di perjual  belikan di pasaran yang sudah mengandung pemanis buatan.

Dark coklat ini ternyata memiliki kandungan anti oksidan, flavonoid dan phytochemical fenolik tinggi. Sehingga coklat hitam ini masih memiliki rasa khas coklat dengan sedikit pahit.

Tapi meskipun coklat ini sehat bukan berarti kalian bisa makan setiap hari ya, kalian bisa makan dalam sesekali waktu saja.  

2. Pisang  

Salah satu buah yang dominan di gunakan oleh orang yang sedang berdiet. Selain mudah di jumpai dan memiliki rasa enak ternyata alasan lain orang kerap mengkonsumsi buah ini karena memiliki kandungan sebagai sumber potasium.

Sumber potasium ini sendiri bisa bekerja untuk mengurangi resiko seseorang terkena tekanan darah tinggi hingga stroke loh.

Jadi nggak ada salah nya kalian konsumsi buah ini dalam jumlah lebih dari satu dalam sehari.  

3. Brokoli  

Brokoli terkadang menjadi momok bagi orang yang anti vegetariant, selain bentuknya yang mungkin kurang menarik dan ukurannya yang cukup besar membuat orang yang akan makan jadi ogah ogahan terlebih dulu.

Tapi siapa sangka jika rahasia di balik brokoli ini sendiri ternyata salah satu jenis sayuran yang bisa memberantas kanker.

Karena kandungan sulfur di dalam brokoli ini sehingga bisa membantu kalian yang mengkonsumsi sayuran ini terhindar dari penyakit kanker tersebut.  

4. Tempe 

Siapa yang tidak pernah makanan yang satu ini? Makanan ini masuk ke dalam daftar makanan empat sehat lima sempurna karena memiliki kandungan protein nabati yang baik.

Sehingga sudah sangat jelas baik jika kalian mengkonsumsi tempe setiap hari. Selain sehat dan lezat,

tempe juga baik untuk kalian yang sedang menjaga bentuk tubuh ideal karena di jamin tidak akan bikin gemuk.  

5. Wortel

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak menyimpan manfaat bagi tubuh kita. Mungkin manfaat yang identik dengan wortel ini adalah mengandung vitamin A tinggi sehingga baik untuk kesehatan mata,

namun manfaat lain yang bisa kalian rasakan saat mengkonsumsi wortel ini dengan rutin kalian akan merasakan badan yang lebih sehat, segar dan bugar.  

Berikut tadi sedikit penjelasan dari beberapa menu camilan sehat yang bisa kalian jadikan referensi.

Apalah arti makanan lezat jika pada akhirnya justru akan membawa penyakit jangka panjang bagi penikmatnya.

Semoga bermanfaat~

Leave a Comment