6 Bahaya keseringan mengkonsumsi mie instan bagi anak anak

Mengkonsumsi fast food atau sesuatu yang instan memang tidak baik untuk kesehatan tubuh terutama pada organ jantung manusia.

Apalagi jika makanan tersebut di konsumsi dalam jumlah yang banyak serta waktu yang berturut-turut.

Hal semacam ini tidak jarang di lakukan oleh seseorang karena mengalami keterbatasan waktu untuk menyiapkan makanan sehat.

Orang yang kerap kali memilih untuk mengkonsumsi makanan cepat saji atau instan adalah mereka yang setiap hari kerja di kantoran hingga anak kost.

Apalagi untuk kebanyakan anak kost yang memiliki budget mepet dan saat orang tua telat kirim uang, makanan instan yang mereka konsumsi sangat lah tidak sehat.

Bisa saja mereka menghabiskan beberapa bungkus mie instan setiap hari nya untuk sekedar mengganjal perut yang lapar. Selain memiliki harga yang tergolong murah, cara penyajian makanan satu ini juga sangatlah mudah dan cepat.

Tidak heran jika makanan ini di jadikan sebagai makanan alternatif penunda lapar.

gambar 6 Bahaya keseringan mengkonsumsi mie instan bagi anak anak
mie instan

Namun jika kebiasaan yang seperti ini apabila di biarkan secara terus menerus dan terus di lakukan, tanpa di sadari justru mereka sama dengan memasukan racun ke dalam tubuh yang siap merusak organ tubuh secara perlahan.

Dan tidak mengurangi kemungkinan akan mengalami permasalahan bagi kesehatan tubuh.

Bahaya makanan instan yang sering kali di anggap remeh serta masih sering di konsumsi kebanyakan orang sehari-hari adalah mie instan.

Bahaya dari terlalu sering mengkonsumsi mie ini memang tidak pernah di sadari oleh kebanyakan orang. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak kecil pun juga turut mengkonsumsi makanan berbahan pengawet ini tanpa pengawasan dari orang tua mereka.

Padahal jika di konsumsi oleh orang dewasa saja sudah jelas membahayakan bagaimana dengan anak-anak yang mengkonsumsinya?

Jika nanti sudah benar-benar terjadi suatu permasalahan pada kesehatan hanya karena terlalu banyak mengkonsumsi mie instan pada anak-anak justru akan ada banyak pihak yang akan di rugikan.

BAHAYA MIE INSTAN BAGI ANAK-ANAK

Maka dari itu sebagai orang tua yang lebih dewasa sebaiknya memberikan perhatian serta pengawasan lebih kepada anak saat mengkonsumsi mie instan.

Cukup mudah untuk memberikan pengawasan kepada anak agar tidak terlalu banyak serta terlalu sering mengkonsumsi mie instan tersebut.

Dan ada baiknya jika sebagai orang tua kita mengetahui secara dini dampak negatif yang bisa di timbulkan kepada anak-anak saat terlalu sering mengkonsumsi mie instan tersebut.

Oleh karena itu kita akan membahas bersama pada artikel kali ini.


1. Anak akan cenderung lebih hiperaktif

Makanan instan seperti mie ini mengandung banyak sekali mengandung bahan-bahan aditif yang berbaha. Bahan-bahan aditif pada mie ini biasanya berupa pewarna maupun pengawet yang terdapat di dalam makanan tersebut.

Terkait dengan tingkah laku anak yang hiperaktif anak yang sering kali mengkonsumsi makanan yang terdapat bahan aditif di dalamnya memang akan cenderung lebih aktif jika di bandingkan dengan anak yang tidak mengkonsumsi makanan dengan bahan aditif.

Hal ini di sebabkan karena pada makanan berbahan zat aditif akan mengurangi prevalensinya hingga 6%.

2. Memicu penyakit kolesterol

Meskipun masih berusia anak-anak, bukan tidak mungkin jika mereka memiliki penyakit kolesterol tinggi.

Karena memang pada makanan atau mie instan ini sendiri mengandung banyak sekali minyak yang mengakibatkan tingginya lemak.

Lemak sendiri memiliki fungsi sebagai pembentuk saraf serta hormon pada tubuh.

Oleh karena itu apabila kadar kolesterol atau lemak darah tinggi bisa jadi akan mempengaruhi sistem kerja jantung, sehingga bisa memicu kemungkinan mengalami keluhan pada jantung di kemudian hari.

Hal ini di karena kan jantung tidak mendapatkan aliran darah yang banyak sehingga akan mengalami kekurangan suply oksigen yang bisa saja mengakibatkan anak mengalami serangan jantung hingga stroke di usia yang masih terbilang muda.

3. Alami keluhan hypertensi dini

Bahaya lain yang di sebabkan oleh mie instan karena makanan satu ini juga memiliki kadar garam yang terbilang cukup tinggi.

Bayangkan saja berapa banyak kandungan natrium serta sodium di dalam satu bungkus mie instan?

Jika dalam jumlah tersebut sudah tergolong tinggi untuk di konsumsi orang dewasa lantas bagaimana dengan anak-anak?

Bukan kah jumlah tersebut sudah jelas sangat melebihi kadar yang di haruskan untuk di konsumsi anak-anak?

Padahal seperti yang kita tahu bahwa kerja garam adalah untuk menahan air keluar dari dalam tubuh, sedangkan jika di dalam tubuh mengalami kelebihan air justru akan menyebabkan stress pada organ ginjal, pembuluh arteri, orang jantung hingga pada otak.

Jika pembuluh arteri menegang akibat terlalu banyak mengkonsumsi garam, maka besar kemungkinan bisa saja terjadi pecahnya pembuluh darah atau terhambatnya proses mengalirnya darah.

Oleh karena itu bisa saja memicu anak mengalami hypertensi dini.

4. Mengalami gizi buruk

Seperti yang sudah kita bahas di atas, bahwa dalam mie instan mengandung garam dan lemak berlebih, bisa saja menyebabkan jika anak-anak terlalu banyak mengkonsumsi ini akan mengalami kekurangan kadar gizi yang sebenarnya sangat di butuhkan oleh tubuh.

Seperti anak akan mengalami kekurangan protein, kalsium, zat besi, vitamin A serta vitamin C.

5. Alami resiko kanker

Makanan instan memang sering di sebut sebagai makanan kanker. Hal ini bisa saja di buktikan dari beberapa merk mie instan khususnya yang beredar di jual belikan di Indonesia ini memiliki kandungan logam berat.

Dan sudah jelas jika bahan logam berat sering kali di konsumsi akan semakin besar meningkatkan kemungkinan resiko terkena kanker.


6. Alami obesitas atau kegemukan berlebih

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa makanan apa saja yang kita konsumsi sejak kecil berkemungkinan akan terus kita konsumsi hingga usia dewasa.

Sehingga jika kita sudah terbiasa mengkonsumsi mie instan sejak usia kecil, ada kemungkinan kita juga akan terus mengkonsumsi mie tersebut hingga kita berusia dewasa.

Padahal di dalam mie instan memiliki kandungan kalori tinggi, sedangkan apabila kita mengkonsumsi makanan dengan kalori tinggi dalam jumlah banyak akan meningkatkan resiko kegemukan dan obesitas.

Selain memiliki kandungan tinggi kalori, mie instan juga sangat rendah nutrisi.

Jadi lebih baik jika kita mulai biasakan memberikan makanan tinggi nutrisi kepada anak-anak, jangan biasakan mereka makan mie instan setiap hari ya…

Semoga bermanfaat~

Leave a Comment