6 Cara ajarkan anak belajar bahasa inggris yang benar

Apa penting nya mengajarkan anak mengenal bahasa asing khususnya yang umum di gunakan seperti hal nya bahasa inggris sejak dini? Anak-anak kita tergolong lahir menjadi anak generasi alfa, di mana pada generasi ini seagala hal sudah mengandalkan sebuah teknologi masa kini. Contoh termudah yang sering kali kita semua temui adalah gadget, banyak sekali anak-anak “Jaman Now” ini sudah mahir mengoperasikan alat komunikasi portable ini sejak usia yang masih terbilang terlalu dini. Tapi jika berbicara mengenai teknologi, sebenarnya ini adalah alasan kesekian yang untuk kita ajarkan bahasa inggris sejak mereka kecil.

gambar 6 Cara ajarkan anak belajar bahasa inggris yang benar

Saat ini tidak sedikit anak yang sudah mahir dalam berbahasa inggris, ini di karenakan penerapan bahasa di sekolah sejak masih duduk di bangku taman kanak-kanak sekarang ini sudah mulai menggunakan bahasa inggris walau masih hanya sekedar dengan kalimat sapaan ataupun ungkapan seperti “selamat pagi di ganti menjadi good morning” dan “terimakasih di ganti menjadi thankyou”.

Pentingnya mengajarkan anak berbahasa inggris sejak dini karena pada masa ini kemampuan pola berbicara anak masih belum terbentuk secara sempurna. Untuk pola pikir mereka pun juga masih terbilang lentur sehingga dapat membuat mereka lebih mudah belajar berbahasa dengan ruang penyimpanan ingatan yang masih sangat baik. Sehingga usia balita atau “Golden Old” inilah yang menjadi moment yang tepat untuk memberikan anak dorongan untuk memiliki kemampuan berbahasa.

Baca juga : Bekal sekolah anak (kreasi nasi goreng )

Namun mayoritas orang tua justru ingin sesuatu yang praktis dengan memasukan anak-anak mereka ke bimble khusus bahasa inggris. Apakah itu sudah efisien? Jawabannya tidak, karena sebenarnya penguasaan dalam berbahasa tidak hanya di lakukan melalui teori atau praktik sesaat ketika mereka berada di bimble. Mungkin saja dengan cara seperti ini anak-anak akan memahami arti dan makna dari bahasa itu sendiri namun belum tentu bisa menguasai dalam mengkomunikasikan nya. Padahal dalam penerapan ini yang harus di lakukan pihak orang tua adalah dengan cara membiasakan berinteraksi serta berkomunikasi dengan anak menggunakan bahasa tersebut.

AJARKAN ANAK CARA BELAJAR BAHASA INGGRIS YANG BENAR

Begini cara ajarkan anak bahasa inggris dengan benar:

1. Usahakan orang tua juga mempraktikan bahasa tersebut

Jika orang tua merasa masih belum begitu mahir menggunakan bahasa inggris, kita bisa mulai membiasakan anak menggunakan bahasa inggris menggunakan kalimat yang simple serta kita ketahui. Namun jika salah satu dari orang tua bisa menggunakan bahasa inggris dengan baik, itu justru menjadi nilai plus untuk membiasakan anak untuk berkomunikasi dengan menggunakan bahasa inggris. Namun jangan lupa tetap berikan pengetahuan tentang bahasa umum di indonesia ya seperti bahasa indonesia dan bahasa jawa (jika tinggal di pulau jawa). Jangan sampai dengan mengajarkan bahasa inggris kepada anak bisa menjadi alasan orang tua untuk lalai dalam memberikan pengetahuan dalam berbahasa daerah.

2. Terapkan dengan menggunakan beberapa metode

Untuk membiasakan anak dapat berkomunikasi menggunakan bahasa inggris dengan baik ada banyak cara yang bisa ayah dan bunda lakukan. Di sini kita hanya akan membahan dua dari sekian banyak cara atau metode dalam memberikan bimbingan kepada anak agar lebih mudah memahami bahasa. Yang pertama, jika salah satu dari orang tua bisa menggunakan bahasa inggris, berikan anak moment di mana dia harus berkomunikasi misal dengan ayahnya menggunakan bahasa inggris dan berkomunikasi dengan ibunya menggunakan bahasa indonesia dalam beberapa kesempatan. Kedua, beri satu hari khusus berbahasa inggris di rumah. Kita bisa memberikan satu hari untuk kita sebagai orang tua dan anak saling belajar memfasihkan dalam berbahasa inggris. Gunakan satu hari dalam satu minggu kalian semisal setiap akhir pekan untuk berbahasa inggris setiap berkomunikasi. Untuk langkah awal gunakan kalimat yang simple dan mudah di mengerti agar komunikasi dapat mengalir.

3. Manfaatkan penggunaan gadget

Kebiasaan anak dengan gadget dan permainan online bisa kita manfaatkan untuk mereka belajar berbahasa inggris nih. Bayak nya konten berbahasa inggris yang bisa mereka ambil melalui gadget akan cenderung lebih memudahkan mereka tidak hanya belajar berkomunikasi, tapi juga mereka bisa mengetahui grammar dalam bahasa inggris yang benar serta memperbanyak kosa kata bahasa yang akan mereka ketahui. Tapi untuk proses penerapan belajar yang satu ini wajib di dampingi dan dalam pengawasan orang tua ya. Karena luasnya jangkauan yang bisa kita akses hanya melalui gadget bisa saja akan di lakukan oleh anak. Oleh sebab itu penggunaan gadget ini harus selalu di kontrol agar tidak di salah gunakan ke dalam hal yang negatif.
 
4. Jangan paksa mereka

Dalam proses pembelajaran jangan pernah paksa bahkan memberi tekanan kepada anak untuk segera bisa berbahasa inggris seperti yang orang tua mau. Kita juga sebagai orang tua juga harus bisa memahami kemampuan anak dalam belajar dan memahami suatu hal yang baru. Tidak usah terburu-buru dalam mengajarkan anak, kita bisa memulai dengan satu atau dua kata kemudian perlahan bisa kita tambahkan menjadi beberapa kata. Usahakan juga anak belajar dalam situasi kondusif namun tetap menyenangkan. Upayakan agar anak bisa benar memahami makna saat belajar dan tidak hanya sekedar menghafal saja.

5. Ajari lewat lagu

Saat berusia anak-anak kita pasti senang bernyanyi bukan? Begitu juga dengan anak kita. Biasanya anak akan lebih mudah memahami dan menghafal sebuah lirik lagu. Tujuan untuk bernyanyi ini pun juga bisa saja untuk menambah kosa kata sekaligus meluweskan pengucapan anak terhadap sebuah kata. Ada beberapa lagu yang akan mudah di hafal oleh anak seperti twinkle-twingkle little star, baby shark, happy birthday dan masih banyak lagi.

Baca juga : Cara mengkondisikan si kecil saat sholat

6. Jangan biarkan anak bosan belajar

Pada saat anak melatih daya ingatnya pasti mereka akan kita arahkan untuk terus mengulang kosa kata yang sudah kita ajarkan. Namun tidak jarang anak akan merasa bosan untuk melakukan hal tersebut. Menghafal dan belajar tidak harus berada di dalam rumah, kita bisa ajak mereka untuk belajar di luar rumah sambil menikmati alam dan menghafal beberapa yang mereka lihat dengan bahasa inggris. Contoh seperti saat kita ajak mereka ke kebun binatang, kita bisa mengenalkan satu persatu nama hewan di sana dengan menggunakan bahasa inggris, atau di saat kita ajak mereka jalan-jalan ke taman dan kenalkan beberapa kata dari apa yang mereka lihat di sana seperti rumput, bunga atau kupu-kupu.

Semoga bermanfaat~

Leave a Comment