6 Tips atasi wc mampet akibat tersumbat pembalut wanita

Apakah kalian pernah merasakan wc di rumah mampet? Pasti stres dong jika aktivitas kalian sehari-hari dengan “WC” atau kloset menjadi terganggu karena hal ini? Perlu kita semua tahu bahwa tersumbat nya wc bisa di sebabkan oleh berbagai hal seperti contoh adanya cotton bud, tisue kering, tisue basah, pembalut serta popok bayi. Salah satu penyebab yang sering sekali terjadi adalah tersumbat nya lubang perairan di dalam toilet yang di akibatkan oleh pembalut wanita. Kasus seperti ini biasa nya sering di temukan dan terjadi di toilet umum. Banyak nya pengguna jasa toilet umum yang tidak bertanggung jawab biasanya dengan sengaja membuang pembalut bekas di dalam toilet dan menyiram nya hingga “benda asing” tersebut berhasil masuk bukti tersebut, yang nantinya justru akan menyebabkan wc menjadi tersumbat karena sifat dari pembalut wanita yang sangat sulit untuk terurai di dalam air. Meskipun sudah ada himbauan agar semua pengguna toilet tidak di memasukan apapun ke dalam kloset, namun tidak sedikit orang yang masih tetap saja membenarkan membuang bekas mereka ke dalam kloset atau wc.
gambar  6 Tips atasi wc mampet akibat tersumbat pembalut wanita
Mungkin jika yang mengalami tersumbat adalah toilet umum kalian tidak akan mengalami masalah apapun. Lalu bagaimana jika yang tersumbat adalah wc di rumah kalian? Apabila sudah terjadi seperti itu, jangan khawatir dan memikirkan masalah wc yang mampet dengan berlebihan, karena pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara mengatasi wc yang tersumbat oleh benda asing. Sebenarnya benda asing lain nya yang sering kali tanpa sengaja atau pun di sengaja masuk ke dalam toilet selain pembalut adalah tisue. Barangkali hal seperti ini perlu di perhatikan agar kalian tidak perlu susah payah mengalami permasalahan dengan wc mampet. Berikut ini beberapa tips yang bisa kalian tiru untuk mengatasi masalah wa di rumah yang tersumbat :
ATASI WC MAMPET AKIBAT TERSUMBAT PEMBALUT WANITA 
1. Jangan siram berkali-kali
 Saat wc di toilet kalian sedang mampet sehingga susah untuk di siram, justru kalian jangan berusaha untuk siram berkali-kali pada kloset. Karena jika kalian terus menerus berusaha menyiram, bukan nya kotoran akan mengalir ke bawah tapi di khawatirkan akan naik ke permukaan dan akan mengotori lantai kamar mandi kalian.
2. Gunakan cairan enzim
Cairan enzim di sini merupakan sebuah cairan yang bisa membantu untuk menghancurkan sampah yang menyumbat dalam toilet kalian tanpa perlu di sedot. Biasanya cairan enzim ini bisa kalian peroleh di toko bangunan atau toko penjual pipa. Untuk penggunaan cairan enzim ini silahkan ikuti cara pemakaian seperti yang sudah di jelaskan pada kemasan produk. Untuk penggunaan bahan ini di sarankan untuk berhati-hati karena cairan enzim ini merupakan bahan kimia, maka kalian di wajibkan untuk mencuci bersih tangan setelah mengatasi kloset mampet ini agar tidak ada sisa cairan enzim yang menempel di telapak tangan kalian.
3. Periksa ketinggian air yang meluap di permukaan kloset
Jika air pada kloset kalian rasa sudah melebihi batas wajar, sudah bisa di pastikan jika kloset kalian sedang mengalami tersumbat. Untuk mengeluarkan benda asing yang masuk ke dalam leher kloset, kalian bisa menggunakan hanger baju atau benda lain yang panjang dan memiliki sebuah pengait untuk mengangkat benda asing tersebut. Perlu di ingat, pada saat kalian sedang berusaha mengambil benda yang menyumbat, pastikan kalian melakukan hal tersebut dengan hati-hati. Jangan sampai benda yang tadinya akan kalian ambil justru akan terdorong dan semakin masuk lebih dalam lagi.
4. Gunakan baking soda dan cuka
Baking soda dan cuka selain bisa di gunakan untuk membuat makanan, ternyata juga bisa berfungsi untuk membantu melonggarkan serta menghancurkan benda asing yang menyebabkan toilet kalian mampet. Kedua bahan ini seperti nya sudah menjadi Cara nya pun cukup mudah, yaitu hanya dengan menuangkan baking soda ke dalam kloset. Setelah baking soda di tuangkan ke dalam kloset, kemudian kalian bisa masukan cuka ke dalam kloset secukupnya saja. Kemudian diamkan selama beberapa menit dan siram dengan menggunakan air hangat secara perlahan hingga kloset atau wc kalian mulai di penuhi dengan busa-busa dari baking soda. Tapi ingat, cukup tuangkan air nya satu gayung saja ya. Dan diamkan selama semalaman.
5. Gunakan sabun cuci piring
Penggunaan sabun pencuci piring untuk mengatasi toilet yang mampet di sarankan menggunakan sabun yang berbentuk cair. Pengatasi dengan sabun cuci piring ini merupakan cara yang efektif untuk membantu menghancurkan benda asing yang masuk seperti tisue atau pembalut wanita dan sejenisnya. Cara nya pun juga sangat mudah di lakukan, untuk mengatasi wc tersumbat dengan cara ini cukup tuangkan kurang lebih 1 cangkir kecil sabun pencuci piring cair ke dalam lubang kloset kemudian bisa tambahkan masukan air panas ke dalam kloset kalian dan kemudian tunggu hingga beberapa menit hingga sabun mulai mengendap. Sabun cair ini membantu untuk melonggarkan sumbatan yang ada di dalam kloset, setelah di diamkan kalian bisa siram kloset kamar mandi kalian dengan menggunakan air bervolume besar agar kotoran bisa segera terurai dan kloset bisa kembali kembali normal. Jangan lupa siapkan beberapa handuk bekas yang sudah tidak di pakai untuk menyerap air wc yang mengalir ke luar kloset.
6. Gunakan garam dapur

Selain berguna sebagai bumbu dapur yang memberi cita rasa pada makanan, ternyata garam dapur juga bisa di gunakan untuk mengatasi saluran yang mampet loh. Saat wc jongkok atau wc duduk kalian di rumah mampet, begini cara mudahnya untuk melancarkan saluran tersebut hanya dengan garam. Langkah awal, kalian bisa siapkan air sebanyak 1L, kemudian kalian campuri dengan garam dapur kemudian aduk hingga garam larut dengan air. Setelah itu tuangkan air tersebut ke dalam saluran kloset, tunggu hingga kurang lebih 5 jam dan kemudian kalian bisa siram kloset secara berkala agar kotoran yang menyumbat bisa segera terdorong keluar pada lubang pembuangan. Dengan begitu, wc kalian akan kembali normal dan bisa di gunakan seperti biasanya. 
Semoga bermanfaat~

Leave a Comment