7 Cara memilih mesin cuci yang akan dibeli

Berada di jaman milenial membuat kita merasa sangat di manjakan oleh berbagai teknologi masa kini untuk menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. Banyak sekali teknologi canggih yang mulai bermunculan pada era ini, salah satu nya adalah mesin cuci. Sebuah mesin yang berfungsi untuk membantu meringankan pekerjaan mencuci baju kita yang di lengkapi dengan pengering yang bisa membuat baju yang setelah kita cuci bisa kering dalam waktu jauh lebih cepat. Di pasaran memang untuk penjualan mesin cuci sedang berkembang sangat pesat.
Namun salah satu yang perlu kita pertimbangkan saat akan membeli mesin cuci adalah tentang daya keawetan nya. Tentu saja saat kita sudah keluar uang untuk membeli mesin cuci pasti rasanya tidak mungkin kita mau menjadi konsumen yang rugi karena tidak mendapat apa-apa saat setelah kita membeli mesin cuci. Meskipun setiap pembelian mesin cuci selalu di cantum kan kartu garansi, akan tetapi jika keawetan mesin cuci jauh dari rasa standart yang bisa saja mengakibatkan daya keawetan mesin cuci menurut. Enaknya, dalam satu garansi komponen mesin cuci. Bisa jadi jika sudah seperti ini mesin cuci yang sudah kalian beli hanya akan bertahan dua hingga tiga tahun saja.
gambar 7 Cara memilih mesin cuci yang akan di beli
Saat kita masih terlalu awam untuk mengetahui spesifikasi mesin cuci yang akan kita beli. Jangan khawatir, karena pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa tips yang bisa kalian tiru saat akan membeli mesin cuci agar tidak mudah rusak. Pastikan bahwa kalian sudah cek semua cara berikut pada saat akan membeli mesin cuci:
BEGINI BEBERAPA CARA MEMILIH MESIN CUCI YANG AKAN DI BELI 
1. Cek kapasitas mesin cuci

Saat kita akan memilih dan membeli sebuah mesin cuci ada baiknya jika kita kenali terlebih dahulu spesifikasi serta komponen mesin cuci itu sendiri. Pada saat kita akan membeli sebuah mesin cuci pastikan bahwa mesin cuci yang akan kita beli memiliki kapasitas atau daya tampung yang besar, sehingga kita bisa memasukan dan mencuci baju kita dengan jumlah lebih banyak sekaligus. Dengan begitu justru menjadi lebih memudahkan kita sehingga tidak perlu lagi untuk mencuci secara sering dan akhirnya kita jadi akan hemat listrik dong…
2. Cek untuk kecepatan berputar pada mesin cuci
Pastikan spin yang berada di dalam mesin cuci memiliki kecepatan berputar hingga 1.200 kali di setiap menitnya. karena pada pemakaian ini bisa mempengaruh proses mencucian serta pengeringan yang lebih cepat. Namun tetap pada aturan saat kalian akan mengatur spin speed yang ada pada mesin cuci tersebut. Sebab untuk mencuci handuk kalian bisa mengatur spin speed hingga kecepatan 160rpm, sedangkan jika kalian mencuci baju di maka di sarankan untuk menggunakan spin speed rendah di karenakan bahan baju yang cukup rentan.
3. Cek penggunaan daya listrik
Tentu saja kalian wajib memilih mesin cuci yang akan di beli yang memakan daya listrik rendah, sehingga kalian bisa mencuci dengan mudah namun tetap bisa menghemat untuk pengeluaran listrik jangka panjang. Selain itu juga menggunakan elektronik yang tidak melebihi jumlah daya yang ada di rumah ternyata bisa mempengaruhi ke awetan mesin cuci itu sendiri loh. Hal ini di karenakan semakin rendah nya kemungkinan terjadinya listrik anjlok di rumah kalian.
4. Pilihlah mesin cuci yang memiliki berbagai program

Keuntungan memiliki mesin cuci quick wash sangat berguna jika di gunakan untuk mencuci pakaian yang sedikit dan tidak terlalu banyak memiliki noda dengan waktu yang cepat. Selain quick wash, mesin cuci yang di lengkapi dengan program anti stain juga bisa sangat berguna apabila di gunakan untuk mencuci pakaian yang terkena noda parah dan sulit hilang. Tidak hanya itu saja, mesin cuci dengan program allergy juga cukup berguna jika di gunakan untuk mencuci pakaian kalian yang terkena allergy.
5. Perhatikan efisiensi air pada mesin cuci
Jika kalian akan membeli sebuah mesin cuci, alangkah baiknya jika kalian membeli mesin cuci dengan daya front-load. Mesin cuci front load mampu mencuci pakaian hanya dengan menggunakan sedikit air, yang sehingga bisa membantu kalian mengatur efisiensi jumlah air yang kalian gunakan. Sebaliknya, jika kalian membeli mesin cuci dengan daya top-load akan membutuhkan banyak air yang akan kalian gunakan untuk mencuci pakaian. Jadi jangan sampai salah memilih.
6. Perhatikan siklus penggunaan deterjen pada mesin cuci
Ternyata untuk beberapa jenis mesin cuci juga berpengaruh dengan jumlah deterjen yang akan di gunakan loh. Padahal semakin banyak kita menggunakan deterjen akan semakin membuat baju yang akan kita cuci menjadi berubah warna dan baju menjadi cenderung lebih kaku. Biasanya jenis mesin cuci yang memiliki pintu depan akan cenderung lebih banyak membutuhkan deterjen pada siklus pencucian pakaian, sebaliknya dengan jenis mesin cuci yang memiliki pintu pada bagian atas yang lebih sedikit membutuhkan deterjen pada saat mencuci.
7. Pilihlah brand yang tepat

Saat akan membeli sebuah mesin cuci ada baiknya jika kalian melakukan survey terlebih dahulu untuk mengetahui brand apa yang memiliki kinerja, performa  serta keawetan mesin cuci yang baik. Meskipun tidak ada brand mesin cuci yang bisa memberikan sebuah jaminan ketahanan lebih dari lima tahun, namun ada baiknya jika kalian membeli mesin cuci yang berkualitas baik serta memiliki kemungkinan kecil mengalami kerusakan dalam kurun waktu singkat. 
Berikut ulasan singkat mengenai fitur mesin cuci yang bisa tahan lama:
  1. Tabung mesin cuci terbuat dari bahan stainless steel dan bukan dari plastik atau pun enamel. Bahan stainless steel memang merupakan pilihan bahan yang paling baik serta paling awet jika di bandingkan dengan tabung yang di produksi menggunakan bahan plastik atau enamel. Selain itu, tabung mesin cuci yang menggunakan bahan stainless steel juga dapat bertahan dengan putaran mesin berkecepatan tinggi.
  2. Cek fitur code error pada mesin cuci kalian. Apakah mesin cuci kalian sudah di lengkapi dengan fitur ini atau belum? Kegunaan fitur ini adalah ketika mesin cuci kalian rusak maka dengan otomatis fitur ini akan menampilkan kode pada layar digital sehingga kalian bisa mengetahui jenis kerusakan apa yang terjadi pada mesin cuci kalian. Misalnya kerusakan pada pintu mesin cuci atau kerusakan pada pengering dan sebagainya. 

Semoga bermanfaat~

Leave a Comment