7 Cara menghemat penggunaan listrik dengan benar

Listrik merupakan salah satu energi yang paling berpengaruh di dalam kehidupan masyarakat saat ini. Karena listrik memang memiliki banyak sekali manfaat untuk memudahkan dalam melakukan segala hal. Seperti halnya dapat membantu dalam hal proses pencahayaan, mencuci baju dan mengeringkannya, namun bisa juga untuk membantu dalam proses menanak nasi, mengeringkan rambut menggunakan hair dryer bahkan membantu penyediaan fasilitas hiburan lainnya. Hal ini mengakibatkan ketergantungan masyarakat terhadap listrik cukup tinggi, apalagi semenjak kehadiran gadget yang sedang di gandrungi oleh beragai kalangan dan juga bisa membantu kita dalam memudahkan melakukan komunikasi serta mencari informasi. Padahal tanpa kita sadari, dengan semakin banyaknya penggunaan listrik juga akan mempengaruhi cadangan sumber daya pembangkit menjadi semakin menipis dan tidak menutup kemungkinan akan habis jika permintaan semakin besar dan cadangan sumber daya alam tidak ada lagi.

Maka tidak heran jika belakangan ini harga listrik cenderung mengalami kenaikan secara konsisten. Dan tentu saja jika semakin hari tagihan biaya listrik rumah tangga semakin membengkak justru akan membuat kita kelabakan dalam membagi biaya bulanan. Terlebih jika di dalam rumah kita terdapat banyak barang elektronik yang memiliki daya besar seperti kulkas, AC, mesin cuci dan lain sebagainya. Menggunakan perlengkapan elektronik yang tidak di kelola dengan baik justru akan membuat tagihan listri menumpuk banyak hingga pada akhirnya akan menjadi beban bulanan dengan alokasi dana yang lumayan besar. Nah oleh sebab itu, untuk meminimalisir bengkaknya tagihan listrik sekarang sudah banyak sekali cara serta program penghematan listrik yang bisa kita coba di rumah.

  • Menggunakan AC Dengan Bijak

Peralatan elektronik menjadi salah satu penyebab kebutuhan listrik di rumah sangat banyak. Terlebih jika kita memiliki AC di rumah. Berbeda dengan benda elektronik lainnya, penggunaan daya yang besar pada AC tentu saja akan membutuhkan aliran listrik yang besar pula. Oleh sebab itu ada baiknya jika pada saat kita membeli AC, pilihlah jenis AC yang hemat energi dengan memiliki kemampuan untuk menaikkan suhu ketika hanya ada sedikit orang atau mematikan AC secara otomatis jika tidak terdapat orang sama sekali di dalam ruangan. Dan tentunya kita juga perlu memastikan bahwa AC sudah dalam keadaan mati saat kita akan keluar rumah.

  • Menghemat Pemakaian Lampu

Lampu tentu sudah menjadi pokok kebutuhan penerangan di rumah. Meskipun lampu memiliki daya yang rendah, namun jika kita tidak bisa mensiasati bagaimana cara menggunakan lampu yang benar tentu tagihan listrik bulanan di rumah akan melonjak drastis. Sebaiknya kita hanya menggunakan lampu pada saat benar-benar membutuhkannya seperti waktu sore dan malam hari. Namun di siang hari kita bisa memanfaatkan penerangan dari sinar matahari yang notabene merupakan sumber utama penerangan kita pada pagi hingga sore hari. Kita juga perlu mengendalikan diri serta mengurangi rasa ketergantungan terhadap penggunaan harian listrik yang lain.

  • Memastikan Semua Elektronik Mati Saat Kita Akan Tidur Pada Malam Hari

Kebiasaan buruk yang sering kita lakukan dengan meninggalkan berbagai peralatan elektronik tetap dalam keadaan menyala saat sedang tidur seperti hal nya TV, lampu serta gadget yang sedang mengisi daya tentu sangat berpengaruh terhadap tagihan listrik yang akan kita bayarkan. Sebelum tidak sebaiknya biasakan diri untuk mematikan lampu yang bertujuan untuk lebih menghemat biaya listrik juga bisa berguna untuk menjaga kualitas tidur kita dengan lebih merilekskan tubuh sehingga kita terbangun dalam kondisi yang lebih fresh. Kebiasaan buruk lain yang sering di anggap remeh adalah dengan membiarkan gadget tetap mengisi daya hingga pagi hari. Selain berdampak pada pembengkakan biaya listrik, hal ini juga berpengaruh pada sistem kerja gadget itu sendiri atau bahkan bisa menimbulkan resiko lain seperti baterai yang melembung hingga mengalami kebocoran.

  • Mengganti Meteran Listrik Dengan Sistem Kerja

Saat ini pemerintah melalui Perusahaan Listrik Negara (PLN) sudah mewajibkan seluruh pelanggannya yang masih menggunakan meteran lama untuk mengganti menggunakan meteran listrik dengan sistem prabayar atau yang lebih familiar dengan sistem pulsa. Karena dengan menggunakan sistem ini kita bisa mengatur sendiri besar kecilnya kebutuhan listrik harian yang akan kita gunakan. Secara tidak langsung dengan adanya sistem ini pemerintah mengajak semua pengguna listrik untuk bisa berhemat serta lebih bijak dalam pengguaan listrik sehari-hari. Bukan kah dengan cara jitu ini kita akan jauh bisa lebih berhemat.

  • Membuat Ventilasi Udara Yang Cukup Di Rumah

Dengan memperhatikan ventilasi di rumah kita bisa lebih meminimalisir penggunaan alat elektronik seperti AC atau pun kipas angin. Hal ini di sebabkan ketika kita memiliki ventiasi yang cukup maka aliran udara segar dan cahaya akan masuk secara maksimal ke dalam rumah kita. Selain memiliki rumah yang sejuk, asri  serta memiliki cahaya alami yang cukup kita juga bisa menggunakan cara ini untuk bisa lebih menghemat penggunaan energi listrik yang tentu akan berimbas pada stabilnya tagihan biaya listrik bulanan yang akan kita bayarkan.

  • Ganti Penggunaan Komputer Dekstop Dengan Laptop

Pekerjaan yang belum terselesaikan di kantor tentu masih menjadi tanggungan saat kita sudah sampai di rumah. Tidak jarang jika kita perlu menyelesaikan pekerjaan tersebut sebelum si bos menagihnya. Tentu saja untuk melakukan hal itu kita memerlukan komputer bukan? Meskipun komputer dekstop dapat membuat kita lebih leluasa dalam bekerja, namun sayangnya menggunakan komputer atau dekstop akan memakan banyak energi listrik saat beroperasi. Lebih baik jika kita mengganti penggunaan komputer dengan laptop. Ada banyak point plus yang bisa kita ambil ketika menggunakan laptop. Contohnya kita bisa lebih fleksibel dalam menyelesaikan pekerjaan seperti kita bisa kerjaan di atas ranjang atau ruang keluarga tanpa harus duduk sepaneng di depan komputer. Selain itu ada banyak model serta merk laptop yang menarik untuk kita pilih, memiliki fungsi yang sama seperti komputer dekstop pada umumnya namun membutuhkan daya yang lebih sedikit jika di bandingkan dengan penggunaan komputer.

  • Mencaput Colokan Dari Saklar Listrik

Tips terakhir cara menghemat biaya listrik yang terakhir adalah dengan mencabut segala steker kabel elektronik yang tidak di gunakan. Tidak sedikit orang yang memiliki kebiasaan dengan membiarkan steker yang masih terhubung dengan stop kontak meskipun sedang tidak di gunakan. Salah satu yang sering kita jumpai yaitu cas gadget, kadang kita membiarkan cas gadget tetap terhubung dengan listrik selama 24 jam bahkan lebih. Kabel yang masih terhubung dengan listrik secara otomatis tetap akan mengalirkan arus listrik meski dalam keadaan off atau mati. Sehingga listrik akan terbuang sia-sia dan biaya tagihan listrik akan semakin banyak. Padahal beberapa persen dari tagihan tersebut adalah hasil dari listrik yang terbuang percuma. Daripada uang kita terbuang percuma, lebih baik jika kita mulai membiasakan untuk mencabut colokan listrik saat setelah kita menggunakan peralatan elektronik.

Semoga Bermanfaat~

Leave a Comment