7 Khasiat lobak putih untuk menjaga kesehatan jika dikonsumsi secara rutin

Saya orang yang kurang suka dengan yang namanya sayuran lobak ini, akan tetapi setelah mengetahui beragam manfaat yang bisa kita ambil dari lobak terutama untuk membuat tubuh kita……..

……. menjadi lebih sehat maka saya mulai mencoba untuk sering belanja lobak di pasar2 pasar tradisional untuk diolah menjadi masakan seperti di buat salad, ditumis, bisa juga di bikin sup, ada yang tahu makanan khas dari bandung?

ya tahu soto Bandung, salah satu bahan yang di pakai untuk penyajiannya juga mengunakan lobak putih.

lobak

kalo menurut saya rasa lobak putih ini hampir mirip bengkoang, eh beda sih kalo bengkoang sensasinya dingin agak ada manis-manisnya kalo labak ini manis tapi agak sedikit ada rasa pedasnya.

banyak penelitian yang telah dilakukan bahwa lobak putih ini memiliki kandungan utama serat kasar,

kemudian amilase yang mana memiliki kegunaan untuk memperlancar sistem pencernaan kita, membuat pencernaan kita menjadi semakin nyaman.

bahkan penelitian juga menyebutkan lobak bisa digunakan untuk meredakan batuk dan dahak yang terkadang sering menyerang tenggorokan kita, dan membuat tenggorokan menjadi tidak nyaman.

Khasiat dari sayuran lobak putih

banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan jika kita memasukkan lobak putih kedalam menu masakan kita ditiap harinya.

diantaranya akan kami jelaskan seperti di bawah ini

1. Meningkatkan sistim imun atau kekebalan tubuh kita

kandungan vitamin C yang ada pada lobak putih akan bermanfaat seklai untuk meningkatkan sistem imun kita,

dengan begitu maka tubuh kita tidak akan mudah terseran oleh berbagai serangan penyakit, dan cobalah juga makanan lainnya yang banyak mengandung vitamin C seperti sari lemon untuk pemesanan sari lemon bisa kalian cari di artikel sebelumnya.

2. Lobak bisa kita pakai untuk menjaga kesehatan kulit

nah untuk manfaat yang satu ini kalian bisa mengaplikasikannya dengan 2 cara yaitu dengan mengkonsumsi lobak putih dan menjadikanya sebagai masker dengan cara mengambil sarinya saja.

kandungan anti oksidan yang ada dalam lobak mampu menangkal radikal bebas yang akan merusak kulit kita. 

untuk lebih mendapatkan manfaat lobak bagi kulit maka bisa kita gunakan sebai masker diwajah untuk menghilangkan efek dari penuaan,

karen dalam lobak mengandung minyak yang bermanfaat untuk mencegah penuaan pada kulit.

3. Lobak bermanfaat untuk menghilangkan dehidrasi atau kurang cairan tubuh

dengan banyaknya kandungan air pada lobak putih sangat bermanfaat sekali bagi kalian yang sering terkena sembelit, dan membantu penyerapan nutrisi makanan didalam usus,

dengan mengkonsumsi lobak putih maka akan selau menjaga tubuh kita untuk terhidrasi

4. Lobak membantu menurunkan lemak yang ada di perut

Banyak sayuran yang rendah akan akalori dan kolesterol salah satunya ya lobak putih ini, lobak ini bisa juga kita gunakan untuk menu diet guna mengecilkan perut buncit karena banyaknya tibunan lemak,

sehingga berat badan kita akan turun dibantu dengan mengkonsumsi lobak dan olah raga secara rutin saat perut masih dalam keadaan kosong.

dengan kandung serat yang cukup lumayan pada lobak putih maka akan mejaga kondisi perut kita akan selalu kenyang,

dengan begitu maka kita akan terhindarkan dari keseringan nafsu makan yang tinggi yang terkadang membuat program diet kita gagal.

5. Membantu sistem pencernaan kita agar berjalan dengan baik

Ganguan pencernaan yang sering dialami oleh sebagian masyrakat kita ternyata bisa diperbaiki dengan mengkonsumsi lobak, kenapa?

karena didalam lobak memiliki kandungan enzim yang sama yang seperti didalam pencernaan kita. termasuk enzin emilase dan enzim esterase.

lalu apa kegguaan dari berbagai enzim ini tentunya untuk membantu memproses makanan,

seperti memecah protein menjadi asam amino dan ada juga yang merombak karbohidrat menjadi bagian yang lebih kecil guna bisa dengan mudah diserap oleh usus.

nah maka dari itu bagi kalian yang masih punya masalah dengan pencernaan yang kurang sehat bisa memasukkan menu lobak putih pada menu masakan kalian.

6. Meningkatkan kekuatan tulang

lobak merupakan sayuran yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi, didalamnya mengandung 27 mg dalam setiap 100 gramnya,

sama seperti susu dan jenis makanan lainnya yang mengandung kalsium, kalsium ini sangat erat hubungannya dengan menjaga kesehatan tulang manusia,

dengan adanya kalsium pada lobak maka usahakan untuk para lansia yang memiliki masalah dengan tulang seperti osteoporosis untuk menjadikan lobak sebagai asupan nutrisi bagi mereka.

7. Lobak bisa menjaga kesehatan penafasan kita

Seperti yang sudah saya tulis diatas tadi lobak bisa kita gunakan untuk menghilangkan batuk dan dahak yang sering menganggu pada sistem pernafasan kita,

penyebab dari kondisi tersebut adalah karena serangan bakteri atau virus yang menyebabkan batuk dan dahak, hal ini bisa kita obati salah satunya dengan mengkonsumsi lobak.

dalam lobak putih terdapat kandungan anti bakteri dan anti virus sehingga sangat efetif untuk mengobati masalah yang menyerang sistem pernafasan kita yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

Nah itulah bebrapa manfaat yang akan kita peroleh jika mengkonsumsi lobak putih yang kaya akan beragam manfaat,

penelitin lainnya lobak juga baik bagi kesehatan jantung dan menurunkan terkena serangan radang pada sendi serta efek dari anti inflamsi yang ditemukan dari seluruh bagian tanaman ini,

tidak hanya umbinya saja, mampu mengatasi peradangan yang terjadi diseluruh bagian tubuh.

Jika malas untuk mengolah lobak menjadi masakan maka kalian juga bisa mengolah lobak menjadi jus dengan ditambah buah lainnya,

seperti alpukat dll, dengan begitu kalian akan setiap hari mendapatkan manfaat dari kandungan yang terdapat didalam sayuran lobak ini.

Semoga bermanfaat bagi semua anggota keluarga indonesia.

Leave a Comment