8 Manfaat Luar Biasa dari Ikan Sarden

Apa itu ikan sarden? Sarden adalah ikan yang dikemas dengan sejumlah bumbu dalam kaleng dan terkenal karena aroma dan rasanya yang kuat lezat tetapi makanan laut ini layak untuk dikonsumsi semua umur karena nilai gizinya.

11 Manfaat Luar Biasa dari Sarden

1. Kaya akan nutrisi makro

Makronutrien adalah zat yang dibutuhkan manuasia dalam jumlah besar untuk dimakan. Manusia membutuhkan tiga jenis utama makronutrien, yaitu karbohidrat (gula), lipid (lemak), dan protein . Dalam hampir empat ons Sarden, kita bisa mendapatkan hampir 23 gram protein, 10,5 gram lemak, dan 1,4 gram lemak jenuh. Oleh karena itu, kita dapat mengatakan bahwa ikan sarden sangat cocok untuk orang yang sedang diet dengan niat untuk menurunkan berat badan.  Penelitian menunjukkan bahwa asam lemak Omega-3 menurunkan kolesterol tingkat yang menyehatkan yang menjadikan sarden penting bagi sistem kardiovaskular.

2. Menjaga Kadar Gula Darah

Lemak dan protein sehat dalam sarden membantu mengatur gula dalam aliran darah kita. Mengkonsumsi ikan sarden dengan makanan yang kaya karbohidrat, seperti roti, memperlambat pelepasan gula dalam aliran darah kita. Makanan yang kaya akan lemak dan protein esensial penting bagi orang yang menderita diabetes atau masalah terkait insulin lainnya.

3. Menjaga Kesehatan Psikologis

Kesehatan mental yang memadai sama pentingnya dengan kesehatan fisik yang kuat bagi seseorang untuk menjadi sehat. Karena sarden kaya akan asam lemak Omega-3, mereka mencegah gangguan mood, seperti depresi , kecemasan dan gangguan bipolar. Otak terdiri dari 60% lemak dan karenanya lemak Omega-3 dapat memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan. Banyak penelitian menyimpulkan bahwa rasio lemak yang tepat ini dapat membantu menjaga kesehatan mental kita. Penelitian menunjukkan bahwa penurunan asam lemak Omega-3 menyebabkan peningkatan depresi dan kecemasan.

4. Kaya akan Mineral dan Vitamin

kita bisa mendapatkan Vitamin B12 , vitamin D, kalsium, dan Selenium , yang merupakan beberapa nutrisi penting bagi tubuh kita, dengan mudah melalui sarden. Nutrisi ini memainkan peran besar dalam menjaga kesehatan kita secara keseluruhan.

Vitamin B12 adalah vitamin yang larut dalam air yang membantu otak dan fungsi sistem saraf kita. Membantu menjaga saraf dan sel tetap sehat dan juga mendukung proses pembuatan DNA dalam sel serta mencegah anemi  yang membuat orang lelah dan lemah. Selenium, juga dikenal sebagai “antioksidan utama”, mencegah kerusakan dari radikal bebas juga membantu mencegah berbagai jenis kanker, seperti kanker usus besar dan prostat.

5. Sarden baik untuk kesehatan Tulang

Di antara mineral lainnya, Kalsium, vitamin D, dan fosfor, sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Sarden kaya akan tiga mineral ini yang membantu mencegah kehilangan mineral pada tulang dan menyembuhkannya setelah cedera. Hampir 99% kalsium kita disimpan dalam tulang kita, yang bertindak sebagai tempat penyimpanan dan ketika dibutuhkan, kalsium dilepaskan ke dalam aliran darah. Kalsium tidak hanya penting untuk tulang kita tetapi juga penting untuk sistem saraf kita. Kalsium memainkan peran penting dalam mencegah pembekuan darah, menjaga keseimbangan hormon, mentransmisikan sinyal saraf, memastikan kontraksi otot, dan membantu tubuh mempertahankan tingkat pH yang memadai.

Vitamin D sangat penting untuk struktur tulang kita karena membantu penyerapan kalsium. Kekurangan vitamin D juga dapat menyebabkan kekurangan kalsium, yang pada gilirannya dapat menyebabkan osteoporosis dan kerusakan gigi.

6. Mengurangi Peradangan

Peradangan adalah akar dari banyak penyakit, misalnya, diketahui bahwa peradangan pada sendi menyebabkan radang sendi. Sarden mengandung asam lemak, yaitu EPA dan DHA, yang dibutuhkan tubuh untuk mengurangi peradangan.  asam lemak esensial Omega-3 yang sangat mengurangi risiko penyakit jantung. Menurut penelitian, sekitar 3 ons sarden mengandung sekitar 835 miligram lemak Omega-3. Makanan yang kaya asam lemak Omega-3 mempertahankan tubuh dari depresi, kecemasan, berbagai jenis kanker, asma, dan penyakit jantung.

7. Ikan Sarden  Menurunkan Berat Badan

Sarden kaya akan Protein; sekitar 3 ons sarden mengandung 23 gram protein bagi tubuh kita. Protein rendah kalori ini bermanfaat bagi orang yang perlu menurunkan berat badan. Karena kaya akan nutrisi dan membantu menjaga metabolisme yang sehat.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, ikan sarden kaya akan Selenium dan jika tubuh menjadi kekurangan selenium, maka itu dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh yang buruk, penyakit jantung, gangguan mood, kerusakan tiroid dan masalah reproduksi. Karena itu, mengkonsumsi sarden dapat membantu dalam menangkal berbagai penyakit tersebut

Leave a Comment