Cara atasi bibir kering pecah-pecah dengan aloe vera

Cara atasi bibir kering-Bibir merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi setiap wanita, tak ayal kenapa wanita sangat sensitif dan peduli terhadap keindahan dan kesehatan bibir.

Memiliki bibir yang indah, sehat dan merah alami memanglah merupakan keinginan dari setiap wanita.

Tapi bagaimana jika bibir indah itu tiba-tiba menjadi kering, pecah-pecah dan mengelupas hingga berdarah? Apa penyebabnya?

Dan apa yang harus di lakukan agar bibir kembali menjadi indah seperti semula?

Meskipun hal seperti ini terhitung biasa terjadi, namun kondisi seperti  ini di rasa cukup mengganggu baik dalam hal penampilan maupun kesehatan.

Sebab apabila bibir mengalami pecah-pecah apalagi hingga berdarah otomatis pada area bibir tersebut mengalami luka yang kemudian akan mengakibatkan kita kesulitan untuk berbicara….

…. dan kesulitan untuk melakukan aktivitas lain seperti makan atau lainnya karena efek rasa perih yang di timbulkan.

Mungkin jika saat kondisi bibir sedang mengalami hal seperti ini, harapan serta keinginan untuk memiliki bibir sehat dan lembab seketika lenyap dan hanya bisa menjadi angan-angan.

gambar Atasi masalah bibir kering pecah-pecah dengan aloe vera
cara atasi bibir kering *sumber : pixabay.com

Nah maka dari itu, sebelumnya kita semua wajib mengetahui apa penyebab dan bagaimana langkah untuk mengobati apabila memang sudah terlanjur mengalami hal seperti ini.

Begitu juga ada baiknya apabila kita semua tahu cara mencegah agar tidak terjadi hal semacam ini. Kira-kira apa saja langkah yang harus di lakukan agar dapat mencegah hal tesebut?

Dan apa saja penyebab serta hal lain yang mungkin bisa menimbulkan resiko bibir kering dan pecah-pecah?

Bibir kering pecah-pecah terkadang di sebabkan karena kulit bibir mengalami kondisi di mana saat terkena pengaruh cuaca buruk, kekurangan vitamin C, dehidrasi dan terlalu lama dan sering terpapar sinar matahari.

Bukan hanya itu saja, biasanya bibir pecah-pecah ini sendiri juga menandakan bahwa kelembapan bibir sedang mengalami penurunan.

Hal tersebut di sebabkan karena pada bibir tidak memiliki kelenjar minyak atau kelenjar air yang lain sehingga pada dasar kulit bibir mengalami kekeringan dan mengakibatkan kulit ari bibir mengelupas.

Terlebih apabila kita selalu anggap remeh hal tersebut dan hanya membiarkannya begitu saja.

Tindakan tersebut justru malah semakin memperburuk keadaan bibir, adapun dengan kondisi tersebut  semakin membuat berbagai hal yang memberikan resiko buruk terhadap bibir terjadi seperti malah akan membuat warna pada bibir mengalami perubahan.

Dengan terjadinya perubahan warna bibir ini menandakan bahwa kealamian bibir mengalami penurunan dan semakin memburuk. Lalu bagaimana cara mencegahnya?

Cukup mudah, untuk mencegah terjadinya bibir pecah-pecah hal yang bisa di lakukan adalah perawatan rutin pada bibir.

Meskipun berada pada area wajah, tapi justru kebanyakan orang kadang mengabaikan dan lalai untuk melakukan perawatan bibir.

Dan sebenarnya untuk merawat bibir sendiri pun bisa di bilang sangat mudah. Adapun caranya sebagai berikut:

1. Rutin melakukan scrubbing, perawatan satu ini memang di percaya sangat efektif untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Oleh sebab itu, banyak hal seperti langkah mencerahkan kulit dilakukan melalui perawatan wajah dan kulit dengan media scrub. Mengapa?

Karena pada dasarnya permukaan kulit yang kusam, kasar dan gelap sebenarnya adalah lapisan dari kulit ari yang telah mati atau yang melakukan regenerasi namun belum mampu bahkan tidak bisa melakukan langkah regenerasi sendiri.

Harus butuh bantuan, harus dengan media, dengan apa? Yang pasti tidak dengan media dengan tekstur halus. Oleh sebab itu di lakukan scrubbing,

scrub mengandung butiran-butiran yang mampu dan ampuh dalam mengangkat sel kulit mati dengan aman dan tanpa rasa sakit.

Biasanya untuk scrub bibir dilakukan dengan cara yang mudah, murah serta alami.

Kalian bisa menggunakan dengan bahan madu yang di campur dengan gula pasir yang kemudian bisa kalian gosok-gosokan secara perlahan pada permukaan bibir.

2. Rutin menggunakan lipbalm, seperti yang sudah kita bahas di atas bahwa bibir pecah mayoritas di alami dengan gejala umum yaitu mengalami penurunan pada kadar kelembapan bibir, 

hal ini bisa di atasi dengan cara mudah untuk di lakukan secara rutin. Ya, hanya dengan menggunakan lipbalm saja.

Selain di gunakan untuk menunjang penampilan, lipbalm ternyata memiliki pengaruh pada kesehatan bibir lo.

Yaitu untuk membantu menjaga kelembapan kulit bibir, bisa mengembalikan kealamian warna bibir serta bisa membuat bibir fresh dan terlihat lebih sehat.

Karena memang pada lipbalm sendiri memiliki kandungan pelembap yang bermanfaat untuk bibir. Untuk catatan saja, pilih lipbalm yang sudah mengandung tabir surya atau spf ya…

3. Dan satu lagi catatan penting untuk wanita yang tidak ingin mengalami bibir pecah-pecah, jangan terlalu sering bahkan bergonta ganti merk lipstik apalagi matte.

Karena penggunaan lipstik matte justru akan mengakibatkan bibir menjadi semakin kering. Bila tidak, gunakan lipbalm sebelum menggunakan lipstik apalagi yang bersifat matte.

Selain bisa menjadi lapisan agar bahan-bahan yang terkandung pada lipstik tidak bisa langsung menyentuh permukaan bibir,

itu juga bisa membuat bibir tetap bisa menjaga kelembapannya sekaligus bisa memberikan hasil akhir pada lipstik matte menjadi setengah glossy.

Setelah kita mengetahui apa saja penyebab dan cara mencegah bibir pecah-pecah, selanjutnya kita akan bahas nih unuk kalian yang mungkin sudah atau sedang mengalami bibir pecah-pecah. 

Cara penanganan dan pengobatan yang benar dan tepat seperti apa ya? Sebenarnya ada banyak cara untuk atasi dan mengobati bibir pecah-pecah,

namun untuk tema kali ini kita akan membahas cara pengobatannya hanya dengan menggunakan bahan-bahan alami. Penasaran? Mari simak…

Untuk bahan pertama yang bisa kalian gunakan adalah lidah buaya atau yang biasa di sebut dengan aloe vera. Selain biasa di kenal sebagai bahan ampuh untuk perawatan rambut dan tubuh, ternyata sisi lain dari aloe vera ini mengandung bahan yang mampu untuk atasi iritasi lo.

Nah kebetulan, aloe vera bagus di gunakan untuk mengobati bibir pecah-pecah dan bisa membantu melembabkan serta tidak semakin memperburuk kondisi bibir.

Madu memang sangat terkenal ampuh untuk atasi kulit kering karena memiliki kandungan yang mampu untuk melembapkan serta memiliki kadungan sebagai anti bakteri.

Dan caranya pun cukup mudah, yaitu hanya dengan mengoleskan madu pada permukaan bibir, diamkan kemudian bilas. Lakukan secara rutin sehingga tidak ada lagi bakteri yang bersarang di bawah permukaan kulit bibir.

Bahan terakhir ini adalah mentimun, menjadi salah satu bahan yang memiliki banyak kandungan air membuat mentimun masuk ke dalam list kali ini. Menggunakan mentimun sebagai masker bibir juga bisa mengatasi bibir yang dehidrasi loh,

yaitu cukup iris tipis dan kecil mentimun, kemudian gosokan secara perlahan di permukaan bibir lalu diamkan juga selama beberapa menit dan kemudian bilas dengan air bersih.

demikian beberapa cara atasi b iibir kering dan pecah-pecah semoga menjadikan bibir kalian semakin sehat dan merah merona alami

Semoga bermanfaat.