Bagaimana cara untuk mengembangkan dan menilai kelayakan usaha

sebelum membuka usaha apa yang akan kita jalankan maka kita harus mencari ide usaha apa yang bisa menjadi sumberpendapatan kita.pilihlah jenis usaha yang mengunakan bahan dari hasil alam yang sesuai dengan kondisi yang ada dilingkungan anda serta sesuaikan denganketrampilan yang dimiliki.

Nah setelah memiliki ide usaha maka langkah selanjutnya adalah kita kembangkan dan rencanakan dengan matang sebelum kita memulainya.

*sumber : pixabay.com

Coba tuliskan usaha apa yang anda ingin jalankan misalnya karena dekat dengan pantai maka saya akan berjualan ikan  segar.

Kemudian tuliskan siapa target market atau siapa pembelinya? Pembelinya adalah para ibu yang berbelanja dipasar tradisional.

Lalu selanjutnya bagaimana keyntungan bisa didapatkan? Misalnya ikan dibeli di nelayan dan dibawa kepasar dengan harga yang lebih tinggi untuk mendaoatkan untung.

Selanjutnya tanya pada pengalaman sendiri jika anda pernah melakukan usaha dan gagal,apakah kira kira penyebabnya? Misalnya saja ikan  yang kita jual tidak bisa bersaing dengan ikan dari penjual lainnya.

Yang diatas itu adalah contoh kita untuk mengumpulkan informasi. Usahakan untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang ide usaha kita. Termasuk usaha sejenis yang sudah ada di pasaran. Dengan mengamati kondisi pasar maka lakukan pengamatan. Anda bisa bertanya kepada calon penbeli. Mencari tahu harga yang berlaku sekarang dengan mendengarkan berita dari televisi atau radio tentang harga barang yang ingin dijual.

Nah setelah itu maka dari informasi yang kita kumpulkan kita akan bisa mengetahui apa saja kekuatan,peluang,kelemahan,dan ancaman bagi ide usaha yang akan kita jalani.

Yang mendorong kemjuan usaha

Misalnya kekuatan usaha. Tulis apa saja kelebihan usaha kita dibanding denga usaha lainnya yang sejenis.? Misal kita memiliki keterampilan dalam bidang memasak ikan. Ikan bisa kita olah sendiri.

Peluang daru ide usaha kita. Tulis apa saja uang afa diluar usaha kita tapi bisa memberikan pengaruh yang positif bagi usaha kita. Misalnya belum banyak penjual yang berjualan ikan  dalam kondisi masak. Dan juga kita bisa menjualnya dengan harga yang lebih murah karena bahan baku yang kita beli pada sore hari lebih murah.

Nah tuliskan juga apa saja yang menghambat kemajuan ide usaha kita

Kelemahan usaha ini tuliskan apa saja kekurangan usaha kita dibandikan  dengan usaha lain yang sejenis. Misalnya tidak banyak variasi makanan yang dijual

Ancaman apa terhadap ide usaha kita. Tuliskan apa saja uang ada diluar usaha kita yang memberikan pengaruh negatif terhadap usaha yang nanti dijalankan. Misal pasokan ikan berkurang karena cuaca extrim. Lalu harga ikan mulai meningkat karena keterbatasan ikan.

Anda harus memikirkan solusi untuk mengatasi ancaman dan kelemahan sebelum benar-benar menjalankan ide usaha tersebut.

Semoga bermanfaat ya bun…

Leave a Comment