Bagaimana merencanakan hutang dengan hati hati cermat dalam meminjam

 
Hati hati untuk para ibu jika ingin berhutang. Berhutang jika kita tidak teliti maka itu akan bisa menjerumuskan kita untuk terus menerus berhutang istilahnya ketagihan. Gali lubang dan akhirnya untuk menutup lubang. Jadi jika kita terpaksa untuk berhutang maka pikirkanlah hal hal yang saya tulis dibawah ini terlebih dahulu.
 
*sumber : pixabay.com
 
Yang pertama.. coba tanya dalam diri sendiri untuk apa kita berhutang.?sebaiknya berhutang itu untuk memenuhi kebutuhan hidup dan bukan keinginan atau untuk kegiatan yang produktif seperti untuk usaha yang menghasilkan.
 
Yang kedua tanya pada diri sendiri apakah ada cara lain yang bisa kita lakukan sebelum berhutang. Misalnya kita bisa mengunakan tabungan terlebih dahulu atau aset yang kita miliki.
 
Yang ketiga tentukan jumlah atau besaran berapa kita harus meminjam. Ingat sesuaikan pinjaman dengan kemampuan kita untuk bisa membayarnya. Harus dihitung dengan jumlah pendapatan kita.
 
Yang keempat pikirkan bagaimana kita bisa melunasi pinjaman hutang tersebut. Jadi kita harus bisa menyesuaikan pinjaman waktu untuk mengembalikan dengan pola uang pendapatan kita. Apakah itu gaji tetap,musiman atau bagaimana.
 
Yang seterusnya tentukan kemanakah kita harus meminjam. Coba sebelum melakukan pinjaman kamu harus membandingkan tempat tempat untuk meminjam pastikan pilih tempat pinjaman yang pengembaliannya paling murah.
 
Semoga bermanfaat untuk para ibu semuanya. Yang perlu kita ingat adalah hutang itu wajib untuk kita bayar.

 

https://www.youtube.com/watch?v=JuFFcur4Bnw

Leave a Comment