Cara alami mengatasi kulit kering dan bersisik pada tangan dan kaki

Memiliki tubuh indah dengan kulit putih bersih dan sehat merupakan salah satu impian setiap wanita. Dan mayoritas yang mendambakan hal tersebut adalah kaum wanita Indonesia. Mengapa?

Karena faktor iklim ini sendiri yang tidak menentu, dan memang faktor ini merupakan salah satu penyebab dari terjadinya kulit yang kering sehingga memaksa kita sebagai wanita asia terutama indonesia untuk lebih ekstra dalam merawat kulit.

Karena cuaca yang terkadang hujan, terkadang panas yang sangat terik kemudian kadang juga berangin  bisa membuat kulit kita menjadi kering dan kusam.

Bukankah hal seperti ini akan membuat kebanyakan wanita stres bukan main bahkan ada yang sampai merasa percaya diri menjadi menurun dalam seketika.

Dan masih banyak lagi permasalahan kulit lain apabila kita lalai bahkan sama sekali tidak merawat kulit kita secara rutin.

Memang efek seperti ini tidak kemudian akan di rasakan langsung oleh semua wanita dalam jangka waktu yang singkat.

Karena memang di dalam sel kulit kita masih terdapat kelenjar minyak yang bisa saja menciptakan minyak alami untuk tetap menjaga kelembapan pada kulit tubuh,

namun jika hal ini terus di abaikan bisa jadi kelenjar minyak beserta collagen akan berkurang produktivitasnya sehingga terjadilah permasalahan kulit yang sebenarnya seperti halnya mengalami kulit kering dan kusam seperti yang akan kita bahas kali ini.

*sumber :instagram.com/reistraputri

CARA AMPUH ATASI KULIT KERING DAN KUSAM

Pernah tidak kalian menemui atau bahkan mengalami sendiri fase dimana kulit terlihat  kusam dan bersisik?

Seperti hal nya pada saat keadaan kulit yang apabila terkena goresan ringan atau bahkan hanya mengalami gesekan lalu menimbulkan bekas goresan berupa garis putih?

Atau kalau orang jawa lebih familiar dengan kata “Busik”. Bukankah hal seperti ini begitu memalukan?

Jangan salah kira ya, hal seperti itu bukan di akibatkan oleh daki yang ada di kulit, justru itu di sebabkan oleh hal yang lebih buruk daripada sekedar daki.

Hal seperti itu menandakan bahwa kulit kalian sedang mengalami kekeringan atau dehidrasi. Jangan di kira yang bisa haus atau lapar cuman perut aja nih guys, kulit juga bisa loh hehe

Nah pas banget nih, di sini kita akan mengupas tuntas mengenai rahasia perawatan agar memiliki kulit tubuh yang sehat dan lembab di wilayah tropis seperti cuaca yang kita rasakan karena kita hidup di benua asia.

Kira-kira apa saja ya yang perlu routine kita lakukan agar kulit kita tetap lembab, sehat dan tidak kering bahkan sampai cracky?

Tapi sebelum kita membahas banyak mengenai cara mengatasinya, lebih baik kita cari dulu nih apa saja faktor-faktor penyebab kulit kering selain cuaca?

Kan siapa tahu kalau kita sudah mengetahui penyebabnya bisa menghindari dan menjaga agar tidak terjadi hal serupa bukan?

Karena penyebab terjadinya kulit kering dan kusam bukan karena faktor eksternal saja ya, melainkan faktor internal juga ikut berperan nih di sini.

Cara mengatasi kulit kering dan bersisik secara tradisional

Kita mulai dari faktor Eksternal dulu ya, apa saja sih kira-kira penyebabnya?

  1. Terlalu sering mandi menggunakan air terlalu panas ternyata bisa bikin kulit kita kering loh. Karena jika kita sering mandi menggunakan air dengan temperatur terlalu tinggi maka kelembaban alami yang di miliki oleh tubuh kita akan hilang.
  2. Terlalu sering menggosok tubuh (Scrubbing) justru akan membuat kulit kita kering. Maka sangat di sarankan untuk melakukan perawatan tubuh dengan cara scrubbing dengan jangka waktu 2 kali dalam seminggu saja
  3. Penggunaan sabun secara berlebihan. Tahukah kamu jika menggunakan sabun dengan berlebihan dan menggunakan sabun yang terlalu banyak menciptakan gelembung juga malah akan menyebabkan kulit akan kehilangan kelembaban alami kulit karena tidak seimbangnya Ph pada kulit yang di sebabkan oleh zat yang terkandung dari sabun tersebut.

Kemudian kita akan membahas mengenai faktor internalnya :

  1. Faktor genetik merupakan faktor paten yang di bawa dari gen keluarga. Biasanya hal ini di pengaruhi oleh komposisi dan struktur kulit yang berbeda dengan kebanyakan orang pada umumnya. Dan biasanya hal ini bisa mengakibatkan terjadinya kulit kering dan beberapa jenis masalah kulit lainnya.
  2. Penyakit yang menyerang area kulit seperti gangguan tiroid maupun diabetes. Apabila kalian mengalami hal ini sebaiknya melakukan konsultasi kepada dokter agar tidak terjadi masalah lain yang lebih serius.

Nah dari 3 faktor eksternal yang kita bahas ini sangat sering kita lakukan bukan? Namun kita belum terlalu menyadari apa dampak dan akibat dari itu semua.

Dan penjelasan 2 faktor internal tersebut juga memegang peran lo, jadi kenapa terkadang kulit setiap orang selalu berbeda jenis dan permasalahannya.

Setelah kita mengetahui apa saja penyebab dari masalah kulit kering dan kusam, kita akan mengupas lebih dalam nih tentang bagaimana cara mengatasinya.

cara mengatasi kulit kering dan kasar

Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang terbukti mampu mengatasi masalah kulit kering dan kusam, antara lain :

  1. Rutin menggunakan beberapa jenis oil sesuai selera seperti olive oil, zaitun oil ataupun coconut oil setelah saat mandi atau sebelum tidur bisa membantu menciptakan kelembapan pada kulit.
  2. Menggunakan madu sebagai masker tubuh setiap sebelum mandi. Dengan cara melumurkan dan meratakan madu pada seluruh tubuh dan wajah kemudian diamkan selama 5-10 menit. Lakukan secara berkala minimal 3 hari dalam seminggu dan rasakan kelembapan yang akan di dapat oleh kulit.
  3. Selanjutnya dengan menggunakan susu. Selain mengandung anti peradangan dan dapat mencerahkan kulit, susu ternyata juga terbukti mampu melembapkan kulit. Lakukan perawatan ini untuk mendapatkan kelembapan kulit secara alami dengan cara mencelupkan kain bersih ke dalam susu kemudian ratakan pada wajah dan tubuh sebagai masker lalu diamkan selama 5-10 menit kemudian bilas menggunakan handuk yang sudah di rendam menggunakan air hangat. Catatan: gunakan susu murni ya, jangan susu yang sudah di olah apalagi menggunakan susu kemasan. 

Nah berikut tadi adalah beberapa bahan alami yang bisa dengan mudah kalian temukan dan kalian lakukan untuk mengatasi kulit kering dan kusam dan mendapatkan kelembapan kulit secara alami dari bahan-bahan yang alami.

Semoga bermanfaat.

Baca juga : Cara alami untuk memutihkan kulit wajah dengan bahan-bahan alami

Leave a Comment