Cara membuat susu formula yang benar dengan air hangat 70 C

cara membuat susu formula– bagi pasangan suami istri yang baru saja dikaruniai keturunan tentu hal ini menjadi sangat penting untuk dipelajari apa ASI ibu tidak lancar maka mau tidak mau baby harus mengkonsumsi susu formula untuk kebutuhan nutrisinya, nah Jangan sampai kita salah dalam membuat susu formula mulai dari kebersihan dan keamanannya bagi bayi kita sedikit saja dalam membuat susu formula maka susu formula bisa terkontaminasi bakteri dan pasti akan membuat penyakit pada sikecil.

Jadi bagi kedua orangtua atau bagi pengasuhnya sebaiknya untuk memberikan susu formula dalam kondisi yang higienis. Ini beberapa tips atau cara membuat susu formula menurut dokter spesialis anak.

Jangan lupa cuci kedua tangan dengan air sabun dan air mengalir sebelum kita membuat susu formula untuk si kecil.

Sterilkan peralatan yang akan digunakan Pastikan semuanya dalam keadaan bersih.

Baca petunjuk cara penyajian pembuatan susu formula pada kemasan susu.

Gunakan dengan suhu 70 derajat Celcius. Nah untuk mendapatkan suhu kisaran 70 derajat Celcius jangan dicampur air dingin tapi diamkan saja air yang sudah mendidih selama kurang lebih 10 menit, nah kemudian campur dengan susu formula, sesuaikan takaran pada kemasan susu.

Jika dirasa masih terlalu panas maka turunkan suhunya dengan cara rendam susu pada air dingin, suhu sudah tidak terlalu panas bisa langsung kita berikan ke dedek bayi. Dan Ingat jangan sampai mencampur susu dengan air dingin untuk menurunkan suhunya.

Sebelum memberikan ke bayi, kuncang kan saja ke kiri dan ke kanan, sampai dikocok terlalu keras ke atas dan ke bawah.

Segera berikan susu yang sudah dibuat, jangan sampai lebih dari 2 jam. Jika sudah lewat dari 2 jam sebaiknya dibuang saja sisanya.

Nah jika tidak langsung diberikan kemudian susu tetap awet maka simpan dalam wadah yang tertutup, kemudian masukkan ke dalam kulkas dan ingat ya Bun…. Menyimpannya hanya boleh selama sehari saja atau selama 24 jam, jika sudah lebih dari waktu diatas maka di kemudian buat susu formula yang baru lagi.

Baca juga : Cara Menyeduh Susu Formula Yang Benar Dengan Air Hangat

Leave a Comment