Cara Menyeduh Susu Formula Yang Benar Dengan Air Hangat

cara menyeduh susu formula dengan benar-Hai ibu muda, masih suka bingung bagaimana cara siapkan susu formula atau cara menyeduh susu formula untuk si kecil dengan cara yang tepat?

Jangan khawatir, karena artikel ini akan menjawab semua rasa gelisah para bunda dengan menyajikan tips sekaligus panduan yang tepat serta bisa untuk bunda tiru di rumah nih…

Semua bunda pasti menginginkan hal terbaik untuk buah hati, dan akan memberikan semua yang terbaik untuk mereka bukan?

Terutama untuk memberikan kebutuhan asi secara ekslusif kepada bayi.

Seperti yang kita semua tahu bahwa untuk anak yang masih bayi tentu sangat di anjurkan oleh pihak medis maupun orang tua agar si bunda bisa selalu memberikan asi eklusif bagi si kecil.

Pada umumnya untuk usia ideal pemberian asi secara maksimal adalah ketika usia anak memasuki 6 bulan setelah masa kelahiran.

cara menyeduh susu formula
cara menyeduh susu formula
*sumber : pixabay.com

Dengan pemberian asi secara rutin dan ekslusif bisa memberikan efek sebagai penambah kekebalan tubuh untuk bayi. Selain itu, dengan pemberian asi kepada bayi juga bisa membantu menurunkan berat badan pasca melahirkan lo bunda.

Lumayan sekali bukan? Bisa memberikan sesuatu yang terbaik untuk anak, bisa menjalin kenyamanan serta rasa lewat batin pada saat menyusui dan bonusnya bisa langsing juga.

Namun terkadang banyak juga fase dalam pemberian asi terpaksa harus di potong atau di hentikan pada saat usia anak masih di bawah 6 bulan di karenakan banyak alasan.

Contohnya seperti ketika bunda dari sang bayi harus kembali bekerja setelah melahirkan atau ibu bayi sedang mengalami kondisi kesehatan tubuh yang kurang fit seperti mengidap penyakit tertentu yang sehingga mengharuskan ibu tidak memberikan asi nya kepada buah hati.

CARA SIAPKAN SUSU FORMULA UNTUK BAYI

Nah pada saat-saat seperti ini pasti sudah tidak ada cara lain selain menyambung dengan memberikan susu formula kepada bayi agar asupan susu untuk si kecil tetap bisa terpenuhi.

Susu formula sendiri tidak lantas membuat para orang tua menjadi tidak memperhatikan secara detail tentang tata cara pemberian susu formula. Karena jika dalam pemberian susu formula yang tidak sesuai dengan aturan pemberian kepada anak usia di bawah satu tahun,

justru bisa saja akan menimbulkan masalah pada kesehatan bayi itu sendiri. Seperti hal nya bayi mengalami kembung, diare, alergi dan lain sebagainya yang di sebabkan oleh bakteri.

Tak hanya itu saja, dengan mengabaikan ke sterilan pada botol atau dot bayi yang di gunakan untuk wadah susu formula juga bisa saja menimbulkan banyak resiko bagi bayi.

Lalu seperti apa cara dan takaran yang sesuai untuk pemberian susu formula kepada bayi?

Sebelum kita membahas lebih detail mengenai cara membuatkan susu formula atau cara menyeduh susu formula untuk bayi yang tepat,

sebaiknya kita cari tahu dahulu yuk bagaimana cara menjaga ke sterilan dot yang akan di gunakan wadah susu bayi. Untuk menjaga sterilisasi dot atau botol bayi cukup mudah,

yaitu hanya dengan mencuci bagian tabung botol bayi dengan sabun dan sikat khusus yang di sediakan kemudian di bilas dengan air hangat sampai bersih.

Tetapi untuk karet atau “empeng” bayi juga wajib untuk di jaga sterilisasinya, karena jika tidak memang pada bagian ini bisa saja menjadi tempat muara bakteri berasal.

Untuk mencuci bagian empeng jangan gunakan sabun ya bunda, cukup menggosok dengan sikat khusus yang kemudian di lanjutkan dengan di rendam selama beberapa saat saja.

Perlu di ketahui, pensterilan dot pada bayi tidak di lakukan secara berkala. Setelah di lakukan awal pensterilan di pertama kali pemakaian dot,

kemudian untuk selanjutnya apabila akan memberikan susu sudah tidak perlu lagi di lakukan langkah pensterilan seperti sebelumnya.

Sudah mengerti bunda tentang pentingnya menjaga sterilnya botol susu bayi? Jika sudah, mari kita mulai bahas bagaimana cara untuk siapkan susu formula untuk si bayi dengan benar.

Langkah pertama

siapkan terlebih dahulu bahan serta alat yang akan di gunakan. Seperti susu formula bubuk, termos air dan botol susu.

Setelah semua bahan siap, masukan air panas dengan suhu 70 derajat ke dalam botol susu (jangan kurang dari suhu itu ya bunda).

Namun apabila air yang di siapkan adalah air mendidih, maka sebaiknya diamkan dulu air selama kurang lebih 30 menit agar berubah menjadi hangat sebelum di masukan ke dalam botol susu dan di campuri oleh susu bubuk agar vitamin yang terkandung di dalam susu tidak rusak karena suhu yang terlalu panas.

Setelah di rasa cukup, kemudian masukan susu formula ke dalam botol dengan takaran yang di tentukan sesuai usia bayi. Kenapa justru masukan air lebih dulu ketimbang susu bubuk?

Ini jawabannya: karena apabila kita memasukan air panas terlebih dahulu ketimbang susu bubuk, maka susu formula bubuk lebih mudah untuk larut sehingga bisa meminimalisir adanya gelembung udara di dalam botol yang bisa menyebabkan kembung bayi.

Setelah selesai, perhatikan perlu bunda perhatikan juga cara mengocok susu yang benar ya bunda.

Cara yang tepat mengocok botol susu agar susu formula bisa larut dengan baik dalam air adalah dengan meguncangkan botol susu ke arah kanan kemudian ke kiri, buat seolah seperti lingkaran.

Jangan mengocoknya ke arah atas dan bawah ya bunda, justru dengan mengguncangkan botol susu ke atas dan bawah akan menciptakan banyak gelembung udara di dalam susu.

Kapan susu yang sudah di siapkan wajib di ganti? Bunda apakah pernah alami saat sudah siapkan susu untuk si kecil namun ternyata dia malah tidur?

Nah kalau pernah, kira-kira kapan sih waktu yang tepat untuk mengganti susu yang sudah siap dengan yang baru? Ini jawabannya: susu sebaiknya di ganti apabila sudah masuk 2 jam setelah pembuatan.

Karena tubuh bayi yang rentan dan peka terhadap bakteri, maka lebih baik buang dan ganti susu yang belum terminum atau tidak habis terminum selama 2 jam setelah pembuatan.

Apabila bunda dengan tidak sengaja meminumkan kepada anak, sebaiknya segera di lakukan tindakan seperti hal nya konsultasi kepada dokter agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan kepada si kecil.

Nah yang terakhir nih, hal sepele namun kerap kali di lupakan adalah sterilkan tangan bunda sebelum menyiapkan susu untuk buah hati.

Sebelum bunda mulai siapkan susu formula untuk bayi sebaiknya pastikan bahwa tangan bunda sudah bersih dan steril. Hal ini mungkin sering kali di lupakan apalagi jika sang anak sudah nangis kehausan.

Jangan sampai usaha bunda untuk sterilkan botol susu dan empeng menjadi sia-sia dan si kecil tetap mengalami masalah kesehatan hanya karena bakteri dari tangan bunda ikutan masuk ke dalam susu anak.

Semoga bermanfaat~

Baca juga : minum susu sapi atau susu kedelai mana yang lebih bagus bagi tubuh

Leave a Comment