Cara Merawat Mesin Cuci Supaya Lebih Awet dan tahan lama tidak rusak

Menjadi seorang ibu rumah tangga tentu saja sangat akrab dengan berbagai pekerjaan rumah seperti menyapu dan mengepel lantai, membersihkan sarang laba-laba hingga masalah cuci mencuci. Banyaknya pekerjaan itu lah yang membuat kalian selaku ibu rumah tangga tentu membutuhkan bantuan untuk meringankan beban kerja sehingga tetap bisa melakukan pekerjaan lain secara bersamaan. Seperti salah satu contohnya adalah ketika mencuci pakaian, jika kalian mencucinya secara manual pasti kalian akan sangat kerepotan apabila harus melakukan pekerjaan lain bukan? Oleh sebab itu, pentingnya fungsi kerja mesin cuci di sini adalah bisa membantu meringankan tugas mencuci kalian dalam pakaian kalian beserta dengan keluarga, lebih efisien waktu plus kalian bisa melakukan pekerjaan lain dalam waktu bersamaan entah itu menyapu atau mengepel lantai, setrika, memasakatau lain sebagainya. Apalagi untuk kalian para istri maupun ibu yang bekerja sebagai wanita karirdan memiliki waktu terbatas untuk melakukan pekerjaan rumah dan tidak memiliki asisten rumah tangga tentu saja akan merasa sangat terbantu saat akan mencuci pakaian kotor.

Cara Merawat Mesin Cuci


Dengan bantuan mesin cuci juga dapat membuat pakaian kotor menjadi bersih dan pakaian basah menjadi setengah kering dengan cepat. Sehingga kalian tidak perlu lagi menjemur pakaian di bawah terik matahari terlalu lama sehingga warna pakaian tidak cepat pudar dan aroma wangi dari deterjen maupun pewangi pada saat mencuci tidak hilang. Namun kebanyakan ibu-ibu rumah tangga hanya tau cara menggunakannya tanpa tahu bagaimana cara merawat mesin cuci agar bisa awet dalam jangka waktu yang lama. Tentu saja untuk pemakaian sebuah alat elektronik tidak bisa sembarangan seperti ketika sedang menggunakan barang non-elektronik. Nggak pengen dong jika kalian sedang mencuci kemudian mesin tiba-tiba “ngambek” atau mati secara mendadak? Nah agar aktivitas mencuci kalian selalu lancar, berikut ini kita sediakan berbagai tips mudah cara merawat mesin cuci yang bisa kalian lakukan secara berkala agar tetap awet :

Meletakkan Mesin Cuci Di Area Yang Tepat

Ternyata posisi saat kalian meletakkan mesin cuci juga dapat berpengaruh dengan kinerja mesin loh. Jadi setelah kalian membaca artikel ini, ada baiknya apabila wajib memastikan terlebih dahulu kelayakan tempat sebelum kalian memasang mesin cuci di sana. Yang menjadi catatan adalah :

Kalian jangan meletakkan mesin cuci di tempat yang lembab
Pastikan untuk meletakan bagian bawah mesin cuci di lantai yang datar
Pastikan terdapat sedikit ruang untuk membatasi bagian belakang mesin dengan dinding
Jangan meletakkan mesin cuci di bawah sinar matahari secara langsung
Pastikan suhu mesin cuci tetap stabil pada saat mencuci dengan tidak menutu ventilasinya

Memperhatikan Aturan Saat Menggunakan Mesin Cuci

Jika kalian ingin memiliki mesin cuci yang awet, ada baiknya jika kalian selalu memperhatikan tata cara yang di anjurkan pada saat akan menggunakan mesin cuci. Biasanya aturan-aturan tersebut memang di buat saat uji kelayakan mesin tersebut serta sudah di lengkapi cara perawatannya juga. Kalian bisa mempelajarinya di buku panduan yang sudah tersedia saat kalian setelah membeli mesin cuci. Berikut beberapa hal yang perlu kalian perhatikan saat menggunakan mesin cuci :


Jangan mencuci pakaian dengan jumlah yang berlebihan. Saat cucian menggunung jangan langsung terburu-buru memasukan semua pakaian kotor ke dalam tabung mesin cuci, karena mesin juga memiliki kapasitas maksimal yang perlu kalian perhatikan jika tidak ingin terjadi hal yang fatal terhadap mesin cuci kesayangan kalian.


Pastikan jumlah air yang di butuhkan pada saat mencuci sesuai dengan petunjuk penggunaan. Hal ini bisa jadi di bilang fatal jika mencuci dengan menggunaan air yang terlalu sedikit. Selain dapat merusak serat kain pada pakaian, kekurangan air pada saat mencuci menggunakan mesin cuci ternyata juga bisa bedampak pada kinerja mesin itu sendiri.


Jangan membuka pintu atau tutup tabung pada saat mesin sedang bekerja
Pastikan bahwa saat kalian memasukan air ke dalam mesin cuci tidak sampai mengenai kontrol panel pada mesin

Jangan Terlalu Lama Simpan Baju Di Dalam Mesin Cuci

Memiliki kebiasaan buruk lupa saat kalian sedang mencuci pakaian menggunakan mesin cuci terkadang membuat baju terlalu lama di simpan di dalam tabung mesin cuci. Menyimpan pakaian dalam kondisi basah maupun kering di dalam mesin cuci, selain akan menimbulkan bau yang tidak sedap juga akan membuat suhu pada mesin cuci tidak stabil saat di gunakan nantinya. Oleh sebabnya kalian lakukan hal ini :

Pastikan untuk tidak menimbun pakaian kotor di dalam mesin cuci, alangkah lebih baik gunakan keranjang pakaian untuk menyimpan pakaian kotor sebelum akan di cuci

Pastikan kalian jeli terhadap putaran mesin cuci sehingga tau jika sewaktu-waktu mesin sudah berhenti bekerja

Setelah membilas kemudian mengeringkan pakaian, pastikan jika kalian bisa sesegera mungkin untuk menjemurnya sehingga tidak sampai menimbulkan bau apek yang bisa saja menyebar ke seluruh pakaian yang lain dan mengharuskan kalian untuk mencuci ulang seluruh pakaian tersebut

Rutin Membersihkan Mesin Cuci

Kebersihan mesin cuci memang harus tetap di jaga sehingga tidak ada bagian mesin yang menimbulkan karat. Karat memang salah satu hal yang di timbulkan akibat sang pemilik tidak perduli terhadap kebersihan mesin cuci. Untuk menjaga kebersihan mesin cuci kesayangan, berikut yang harus kalian lakukan :

Rutin membersihkan tabung dan filter mesin cuci, bagian tabung dan juga filter pada mesin cuci sering kali di gunakan untuk berkumpulnya bakteri dan juga kotoran seperti lumut, kerak hingga noda yang mengendap bekas pencucian. Ada baiknya jika kalian membersihkannya setiap dua minggu sekali

Rutin bersihkan kotak deterjen, dalam kotak deterjen atau pelembut pakaian selalu ada sisa bekas deterjen yang masih tersisa dan menggumpal di dalamnya. Ada baiknya jika kalian rutin untuk membersihkan secara teratur agar tidak mengalami penyumbatan dan tetap bisa berfungsi dengan baik. Kalian cukup buka bagian tersebut dan bersihkan dengan air hingga bersih.


Bersihkan dengan air hangat, bukan air panas. Untuk meringankan kerja mesin cuci ada baiknya jika kalian membersihkan sisa deterjen agar tidak menjadi tempat bersarangnya jamur. Membersihkan bagian tersebut menggunakan air hangat sudah cukup maksimal dalam membersihkan kotoran sekaligus mematikan kuman. Justru apabila kalian membersihkan kotoran dengan air panas justru akan merusak sistem pada mesin cuci

Cabut Colokan Mesin Cuci Saat Setelah DiGunakan


Tidak jarang orang keluapaan untuk mencabut colokan mesin cuci dan membiarkan nya tetap terhubung dengan listrik. Padahal selain voltase mesin cuci yang besar yang bisa saja mengakibatkan konsleting arus listrik jika terjadi pemadaman arus listrik. Selain itu, hal ini juga bisa berdampak buruk bagi alat elektronik itu sendiri. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya kalian bisa langsung mencabut colokan listrik setiap setelah di gunakan. nah demikian cara merawat mesin cuci Semoga Bermanfaat~

Leave a Comment