Cara simpel mengatasi jerawat membandel dengan merubah pola makan

Memang dengan cara mengatasi jerawat dengan merubah pola makan masih banyak harus dilakukan penelitian.

akan tetapi sudah ada hasil dari sebagian orang bahwa dengan cara mengkonsumsi makanan sehat yang banyak mengandung lemak omega-3 serta mengurangi makanan atau minuman berbahan susu serta mengurangi makanan yang berlemak seperti gorengan dapat mencegah timbulnya jerawat.

makanan sehat

jerawat hampir menyerang setiap orang di usia remaja atau pubertas di antara umur 12 sampai 24 tahun, jerawat akan mulai membuat kulit sangat berminyak dan gejalanya bervariasi dari yang ringan sampai yang parah dan tentu saja hal ini akan mempengaruhi rasa percaya diri setiap orang alias kurang pede.

banyak sekali obat untuk jerawat dari yang berbentuk tablet, gel dan krim yang dijual bebas di pasaran, akan tetapi yang kita akan bahas disini adalah perubahan gaya hidup yang bisa membantu mengurangi gejala dan pencegah jerawat, banyak orang percaya bahwa makanan yang digoreng atau berminyak dapat menimbulkan jerawat, selain itu juga dari minuman coklat, susu, soda dan minuman keras.

Lalu makanan apa saja sih yang dapat memicu atau mengurangi jerawat ?

jerawat terjadi karena pori-pori di kulit wajah tersumbat kotoran atau sel kulit mati atau bakteri, penyumbatan ini terjadi ketika kulit wajah kita mengeluarkan minyak berlebih untuk menjaga kulit agar tidak kering.

pori-pori kulit yang tersumbat akan mengakibatkan peradangan dan jerawat dan selama masa pubertas ada kelebihan hormon yang diproduksi oleh tubuh kita dan hormon ini akan meningkatkan produksi kelenjar minyak dan membuat gejala jerawat lebih parah.

nah penelitian menunjukkan ada beberapa makanan yang menyebabkan produksi hormon tersebut meningkat, jadi dengan menghindari makanan tersebut kita akan membantu mencegah jerawat,

makanan tersebut adalah produk susu dan makanan bertepung atau berkarbohidrat tinggi misalnya seperti roti dan kue dan makanan berkarbohidrat tinggi lainnya popcron juga termasuk di dalamnya.

Untuk produk susu contohnya keju, es krim, susu dan yogurt, jika kalian berjerawat coba hindari makanan tadi

makanan dengan bahan dasar coklat juga bisa memperbarui gejala jerawat di wajah, biar jadi karena kandungan gula tinggi tapi mengkonsumsi 100% coklat murni juga bisa mempengaruhi jerawat pada pria.

nah kemudian makanan apa saja yang bisa mencegah timbulnya jerawat ?

antara lain adalah makanan yang banyak mengandung asam lemak omega-3 yang bisa mengurangi peradangan jerawat contohnya adalah ikan salmon ,ikan sarden, telur, produk dari kedelai seperti tahu dan tempe, sayuran seperti bayam dan kangkung, daging sapi, kacang almond dan makanan lainnya yang kaya antioksidan dan serat juga dapat memerangi jerawat.

tambahan lain ada beberapa kiat untuk mengatasi jerawat segera cuci wajah setelah berkeringat atau setelah berolahraga minimal 2 hari sekali atau bisa saat kita berwudhu.

cuci rambut pakai shampo terutama rambut yang berminyak, gunakan kosmetik yang bebas minyak, hindari memencet menggaruk dan menyentuh jerawat, hindari sinar matahari secara terus-menerus dan yang tidak kalah penting hindari stres karena ketika kita stres tubuh kita akan banyak memproduksi hormon androgen dan ini akan membuat kulit wajah kita semakin berminyak dan memperparah jerawat di wajah.