Ciri-ciri orang vegetarian

Vegetarian adalah

apakah anda pernah mendengar istilah vegetarian saya rasa tidak karena istilah pencaharian sudah sering sekali kita dengar….

ya vegetarian adalah salah satu pola makan yang hanya memakan makanan dari bahan pangan berbasis dari tumbuhan saja tidak memakan bahan makanan yang berasal dari hewan contoh seperti sayuran, biji-bijian jamur kacang-kacangan.

Dalam ajaran Hindu dan Budha juga ada larangan untuk membunuh binatang ini juga merupakan salah satu alasan orang menjadi vegetarian.

5 manfaat menjadi vegetarian

ciri ciri orang vegetarian
kebab vegetaraian tanpa daging

Ada beberapa manfaat jika  kita memutuskan menjadi vegetarian yang berdampak pada kondisi tubuh seseorang.

1. Kita tak perlu melakukan penurunan badan

walaupun kita hanya makan sumber karbohidrat dari bahan nabati seperti nasi dan roti,

untuk mendapatkan manfaat tubuh yang kurus harus selalu diimbangi dengan konsumsi serat tinggi yang terkandung dalam semua jenis sayuran dan kacang-kacangan atau biji-bijian.

2. Membuat kulit menjadi lebih cerah

ketika kita menjadi vegetarian maka akan banyak sekali buah dan sayuran yang beraneka ragam yang kita konsumsi dan dari buah dan sayuran tersebut banyak sekali mengandung vitamin C dan air.

Kandungan vitamin C yang banyak dalam buah dan sayur akan meningkatkan kadar kolagen dan kulit menjadi lebih elastis.

3. Menjaga metabolisme tubuh

Dengan diet ala vegetarian maka metabolisme tubuh kita akan selalu terjaga. Sering olahraga dan kurangi asupan makanan yang berbahan tepung dan gorengan.

4. Meningkatkan kalori

Dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayuran maka tubuh akan lebih banyak cairan atau selanya terhidrasi dan begitu maka kebutuhan kalori juga akan semakin meningkat.

Energi bagi para vegetarian didapatkan dari protein nabati dan juga biji-bijian. Ada juga dari karbohidrat seperti nasi roti dan gandum.

5. Rambut akan lebih bercahaya

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi buah dan sayur maka akan membuat rambut lebih berkilau dan bercahaya.

Tetapi efeknya tidak terlalu besar.

Beberapa jenis vegetarian

Nah sebelum kita memutuskan untuk menjadi seorang vegetarian yang hanya memakan sayuran dan buah tanpa memakan daging kalian juga harus mengetahui beberapa jenis vegetarian.

Ada banyak jenis sekali vegetarian yang mana semuanya tergantung pada apa yang mereka makan berikut ini beberapa penjelasan jenis-jenis dari vegetarian.

1. Vegan

Vegetarian jenis ini adalah vegetarian bisa dibilang vegetarian garis lurus. Karena hanya memakan makanan yang bersumber dari tumbuhan atau nabati seperti sayuran buah-buahan dan biji-bijian.

Vegetarian jenis vegan ini menghindari semua makanan yang berbahan dari hewan termasuk telur, susu, minuman apa pun yang mengandung susu mereka hindari termasuk kue-kue yang didalamnya ada telur juga mereka hindari bahkan madu yang dihasilkan oleh lebah dari hewan termasuk ke menu daftar yang tidak boleh dikonsumsi oleh mereka karena menurut mereka madu juga merupakan produk yang dihasilkan dari hewan yaitu lebah.

Dan para vegan ini tidak hanya menghindari produk-produk hewani yang berbahan dari hewan-hewan sebagai makanan saja tetapi juga menghindari untuk semua kegiatan di kehidupannya.

Misalnya seperti mereka menghindari menggunakan barang-barang yang terbuat dari hewani seperti kain wol untuk baju kemudian kain dari sutra yang terbuat dari hewan ulat sutra kemudian sabun yang berbahan lemak hewani dan produk lainnya yang kesemuanya ada unsur-unsur hewani mereka hindari.

kalau menurut kami jenis vegan seperti ini agak ribet ya karena susah sekali menghindari berbagai macam makanan yang terdapat unsur hewannya.

2. Semi vegetarian

Untuk vegetarian jenis ini mereka hanya menghindari memakan daging yang berwarna merah contoh daging adalah daging sapi, daging kerbau, daging kambing pokoknya jenis daging yang berwarna merah dan mereka masih memakan jenis makanan seperti ikan dan unggas maka vegetarian kelompok jenis ini termasuk dalam golongan semi vegetarian atau biasa disebut dengan flexitarian.

flexitarian ini pada umumnya menghindari jenis makan makanan yang dihasilkan oleh hewan yang menyusui dan mereka masih memakan makanan dari hewan yang bertelur.

jika kita ingin masuk dalam golongan flexitarian ini maka kita diharuskan untuk mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung nutrisi, vitamin dan juga mineral.

Sangat dianjurkan untuk menghindari makanan yang tinggi akan kandungan lemak.

3. Vegetarian lacto ovo

Vegetarian jenis ini adalah menghindari semua produk daging akan tetapi mereka masih mengkonsumsi produk-produk yang berbasis dari hewani contohnya seperti susu, telur, keju dan lain-lain.

Vegetarian jenis ini yang paling banyak kita temui di Indonesia mereka tidak makan daging merah seperti daging sapi, kambing serta mereka juga tidak makan makanan yang diperoleh dari laut seperti ikan, cumi-cumi, udang dan sebagainya tapi mereka masih makan dengan bahan hewani seperti telur dan produk susu.

4. Lacto vegetarian

lacto vegetarian adalah mereka-mereka yang menghindari semua daging dan telur tapi hanya mengkonsumsi produk susu, mereka yang termasuk dalam lacto vegetarian tidak akan mengkonsumsi daging yang berwarna merah daging yang berwarna putih, telur, unggas, ikan tetapi lacto vegetarian masih mengkonsumsi atau memakan makanan yang berbahan dari susu seperti yogurt, keju, susu dan makanan lain yang berbahan dari susu

5. ovo vegetarian

vegetarian jenis ini adalah mereka yang masih mengkonsumsi bahan makanan yang berbahan dari telur ayam, nah jika kalian masih mengkonsumsi telur ayam maka kalian termasuk dalam jenis vegetarian ovo.

dan mereka sama sekali tidak mengkonsumsi daging daging baik itu daging putih seperti daging dari hewan unggas, seperti ayam, daging bebek, itik, daging ikan dan juga daging merah dan daging sapi dan daging kambing.

6. pesco vegetarian

Vegetarian jenis ini adalah vegetarian yang masih mengkonsumsi bahan makanan yang berasal dari ikan laut. vegetarian jenis ini tidak akan memakan jenis makanan hewani selain dari ikan baik itu ikan laut atau ikan air tawar.

mereka tidak akan mengkonsumsi daging merah daging putih termasuk susu dan semua makanan yang berbahan susu mereka hindari jika kalian termasuk dalam vegetarian jenis ini maka bisa disebut dengan pesco vegetarian.

Mengapa banyak orang memilih untuk melakukan diet vegetarian

banyak alasan yang mendasari mereka untuk melakukan diet vegetarian termasuk masalah kesehatan atau orang-orang yang tidak suka dengan daging dan makanan dan hewan lainnya atau mereka yang percaya bahwa diet vegetarian itu menyehatkan.

dan ada lagi alasan lain orang-orang menjadi vegetarian misalnya saja mereka menghindari memakan daging karena mereka tidak ingin banyak hewan dibunuh dan dilukai. dan ada sebagian orang yang keberatan dengan perlakuan terhadap hewan yang dipelihara di industri peternakan.

Keuntungan menyehatkan bagi yang beralih ke diet vegetarian

banyak orang yang beralih ke diet vegetarian karena manfaat yang diperoleh bagi kesehatan, pola makan para vegetarian sangat erat hubungannya dengan kesehatan termasuk tingkat obesitas yang lebih rendah, penurunan risiko penyakit jantung dan tekanan darah yang lebih rendah vegetarian cenderung mengkonsumsi jumlah kalori yang lebih rendah dari lemak dan sedikit kalori pada makanan yang mereka makan dan yang paling penting adalah para vegetarian lebih banyak mengkonsumsi serat, kalium dan vitamin C daripada yang mereka tidak suka dengan makan makanan yang berasal dari tumbuhan.

alasan kenapa banyak orang menjadi vegetarian

menjadi vegetarian karena suka dengan binatang

ada sebagian orang yang benci ketika melihat hewan disembelih dan merasa bahwa mereka itu menderita dan mereka merasa bahwa makhluk hidup seperti hewan itu adalah bukan sebagai makanan.

planet bumi akan menjadi lebih sehat

salah satu manfaat menjadi vegetarian atau vegan adalah akan membuat bumi atau planet kita menjadi lebih baik karena tidak ada pencemaran yang ditimbulkan oleh peternakan ,peternakan hewan atau industri peternakan hewan.

konsumsi daging hewan di seluruh dunia melalui industri peternakan merupakan salah satu faktor yang membuat degradasi lingkungan di seluruh dunia, mereka berdampak pada kualitas udara, lahan, perubahan iklim. peternakan juga merupakan sumber gas rumah kaca yang besar.

Efek negatif menjadi seorang vegetarian

darisekian banyak manfaat yang diperoleh dari menjadi seorang vegetarian ada juga efek negatifnya karena ada beberapa vitamin dan mineral serta nutrisi lainnya yang tidak diperoleh dari tumbuhan.

contohnya adalah nutrisi seperti omega-3 dan zat besi nutrisi-nutrisi jenis ini tidak akan bisa diperoleh dari makanan yang berbahan dari nabati atau tumbuhan.

nah berikut ini adalah beberapa efek negatif ketika seseorang menjadi vegetarian dan bisa jadi ini akan berbahaya bagi kesehatan tubuh

1. kandungan kolesterol dalam tubuh

walaupun terkadang kolesterol itu identik dengan penyakit jantung akan tetapi jika kekurangan kolesterol dalam tubuh juga akan menyebabkan penyakit-penyakit yang lainnya kelebihan tidak baik bagi kesehatan namun kekurangan juga belum tentu baik bagi kesehatan kita semua. jika kadar kolesterol dalam tubuh terlalu rendah maka hal ini bisa menyebabkan kematian pada seseorang maka dari itu jumlah kolesterol dalam darah itu harus seimbang tidak boleh berlebih dan tidak boleh terlalu kekurangan juga.

2. kepadatan tulang akan menurun

bisa jadi orang-orang yang melakukan vegetarian sepenuhnya tidak mengkonsumsi susu dan tidak mengkonsumsi makanan yang berbahan hewan mereka kekurangan kadar kalsium dalam asupan makanan mereka dan ini yang menyebabkan tulang mereka menjadi kepadatannya menurun.

3. kekurangan vitamin b12

manfaat dari vitamin b12 adalah untuk membantu proses metabolisme dalam tubuh setiap orang ada orang-orang yang melakukan diet vegetarian mereka akan kekurangan vitamin b12 karena kebanyakan vitamin b12 itu ditemukan pada makanan-makanan yang berbasis pada produk hewani. memang dalam buah dan sayur ada beberapa kandungan vitamin b12 tapi jumlahnya hanya sedikit saja lebih besar ketika kita mengkonsumsi makanan dari hewani.

jika metabolisme tubuh kita terganggu maka kita akan mengalami kelainan pada organ organ tubuh seperti pankreas hati dan organ-organ lainnya.

4. kekurangan lemak omega 3

lemak omega-3 sangat erat kandungannya dengan kesehatan jantung nah orang-orang yang memakan makanan dari tumbuhan saja mereka tidak akan mendapat kandungan nutrisi dari lemak omega-3 bisa dipastikan mereka akan mengalami permasalahan terhadap kerja jantung.

5. kekurangan kadar zat besi dalam tubuh

pada daging dan ikan bisa ditemukan kandungan nutrisi berbasis besi dalam jumlah yang banyak akan tetapi ini tidak akan mungkin terdapat pada makanan yang berbasis dari hewani maka dari itu mereka yang sering ing melakukan diet vegetarian akan mengalami anemia karena makanan yang mereka makan sangat kekurangan kandungan nutrisi zat besi zat besi ini sangat penting sekali dan sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.