Keuntungan dan kerugian mengkonsumsi sayuran dimasak dan sayuran mentah sebagai lalapan atau jus

Keuntungan dan kerugian dari sayuran yang dimasak dan sayuran mentah. Sayuran rendah kalori dan kaya nutrisi adalah makanan penting untuk perawatan kecantikan dan kesehatan. Nutrisi yang dapat kita konsumsi sangat bervariasi tergantung cara kita memasak sayuran. Makanan segar tidak selalu memberi kita banyak nutrisi, tetapi beberapa sayuran dapat diolah dengan merebus atau menggorengnya dengan minyak. Ada berbagai jenis sayuran yang lebih baik dimakan mentah, dan sayuran yang lebih baik dimakan melalui pemasakan, jadi pastikan untuk mengetahui karakteristik masing-masing dan memakannya secara mentah atau di olah terlebih dahulu.

gambar Keuntungan dan kerugian mengkonsumsi sayuran dimasak dan sayuran mentah sebagai lalapan atau jus

Keuntungan dan kerugian dari sayuran yang diolah.

Kelebihan terbesar dari sayuran matang yang kita makan dengan memasak sayuran, Sayuran menjadi lebih lunak ketika di masak, dan rasa dan aroma yang melekat pada sayuran lebih enak. Sangat mudah untuk mencerna dan menghangatkan badan serta untuk meningkatkan sirkulasi darah, sehingga sangat efektif untuk menu makan ketika kita lelah atau terkena flu.

Kerugian dari sayuran matang adalah vitamin dan mineral akan hilang karena proses pemanasan saat dimasak. Tentu saja, tidak semuanya akan hilang, tetapi kita bisa meminumnya tanpa kehilangan nutrisi jika kita membuatnya menjadi sup sayur atau merebusnya menggunakan oven microwave. Menambahkan sedikit cuka saat digoreng juga dapat mengurangi kerusakan vitamin C pada kandungan sayur.

Beberapa sayuran dapat meningkatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh dengan mengolahnya terlebih dahulu. Misalnya, ketika wortel dimakan mentah, tingkat penyerapan karoten adalah 10%, sedangkan ketika direbus dengan garam, tingkat penyerapan naik menjadi 47%, dan ketika digoreng dalam minyak, tingkat penyerapan meningkat menjadi 80%.

Keuntungan dan kerugian sayuran mentah

Sayuran mentah warna-warnanya yang segar memiliki keuntungan karena kita dapat mengonsumsi vitamin dan serat makanan yang berlimpah. Secara khusus, enzim makanan yang sangat diperlukan untuk menjaga kondisi fisik, metabolisme, dan pencegahan penuaan akan mati jika kita terus memasaknya dengan panas sekitar 70 derajat atau lebih, jadi jika kita sedang menjalankan program dien konsumsilah sayuran dalam kondisi mentah.

tetapi akan banyak orang yang tidak suka makan sayuran mentah, tetapi kita bisa memakannya secara efisien dengan di blender dan bisa di campur denagan buah-buahan untuk membuatnya menjadi smoothie. Dengan membuat jus sayuran mentah, tidak hanya meringankan beban pada saluran pencernaan, tetapi juga dapat meningkatkan jumlah enzim makanan 2 hingga 3 kali dibandingkan dengan memakannya secara langsung.

Tomat, mentimun, dan semangka yang mengandung banyak air dan kalium,  sayuran mentah cenderung membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan diserap daripada sayuran matang, jadi jika kita makan terlalu banyak saat saluran pencernaan kita lemah, kita perlu berhati-hati dan waspada, karena terlalu banyak mengkonsumsi sayuran mentah juga kurang bagus bagi pencernaan. apapun itu jika berlebihan pasti akan kurang bagus.

Sayuran dikonsumsi oleh orang dewasa lebih dari 350 gram per hari. jika kita menggabungkan sayuran mentah dan sayuran matang dengan baik, kita akan bisa mendapatkan jumlah yang diperlukan tanpa mengalami gangguan pencernaan, dan nutrisi yang tidak dapat kita makan dengan sayuran mentah saja Dapat ditambah dengan sayuran matang. Selain itu, karena sayuran mentah dan sayuran matang memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, penting untuk mengubah cara kita makan tergantung pada kondisi fisik kita.

Leave a Comment