Langkah membuat ibu bahagia dengan cara sederhana

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membahagiakan ibu. Nah sebagai anak, kira-kira apa sih arti dari seorang ibu menurut kalian? Jika secara umum, seorang ibu merupakan sosok wanita pertama yang paling peduli, paling mengerti serta menjadi pelindung bagi setiap anaknya. Sosok malaikat tanpa sayap yang terdapat surga di bawah telapak kakinya.

Orang pertama yang akan berdiri di hadapan kita saat kita merasa terancam. Wanita yang sering kali di susahkan dan di repotkan oleh anaknya, namun tidak pernah ada satu keluh pun yang keluar dari bibirnya. Ibu mungkin juga bisa di sebut sebagai satu-satunya wanita yang selalu mengesampingkan kebahagiaan pribadi nya hanya demi mengutamakan kebahagiaan anak-anaknya. Kasih nya, memang benar tak terhingga sepanjang masa. Tentu kita sebagai anak mau dong melihat ibu kita bahagia? Apalagi kebahagiaan ibu kita bersumber dari kita sendiri. 
*sumber : pixabay.com
Karena tanpa kita sadari, ternyata di luar sana tidak sedikit anak yang mengalami nasib kurang beruntung. Nasib dimana mereka jauh dari kata kasih sayang seorang ibu, masa iya kita yang di beri anugerah dengan bisa merasakan kebahagiaan seperti ini lantas akan mensia-siakan begitu saja tanpa ada rasa balas budi dengan apa yang telah ibu lakukan terhadap kita?

Namun terkadang kita merasa sering mengalami kesulitan saat memikirkan bagaimana cara agar orang tua kita terutama ibu merasa bahagia dan bangga terhadap kita. 

Dan jika kita semua tahu, sebenarnya banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk membuat mereka bahagia. Bisa di mulai dengan cara sederhana hingga cara yang bisa di katakan special. Sayangnya tidak jarang juga anak yang menganggap bahwa dengan memenuhi segala kebutuhan dan permintaan orang tua akan cukup bisa membuat mereka bahagia. 
Apakah dengan anggapan seperti itu bisa di salahkan? Dan jawabannya tidak. Karena mungkin saja hal tersebut memang bisa membuat mereka bahagia karena hal tersebut di anggap sebagai bentuk bakti kita sebagai seorang anak kepada mereka (orang tua) dengan memperhatikan dan mencukupi kebutuhan mereka. Namun ada hal yang lebih sederhana tetapi bisa menciptakan kebahagiaan yang mungkin saja hanya bisa di rasakan tanpa bisa di ungkapkan oleh hati seorang ibu. 
Kira-kira hal yang seperti apa itu? Mungkin saja hal ini sering kali di abaikan karena di anggap sepele oleh sebagian orang yang terlalu memprioritaskan diri sendiri dan di sibukan oleh aktifitasnya. Sehingga, mereka tidak bisa menyadari dengan hanya melakukan hal simple ini juga bisa membahagiakan orang tua terutama untuk seorang ibu. 

Berikut merupakan beberapa cara sederhana untuk membahagiakan hati seorang ibu dengan cara yang mudah dan sederhana:

1.      Sempatkan waktu kalian untuk selalu menghubungi ibu, mendapatkan kabar dari anak juga merupakan kebahagiaan tersendiri untuk orang tua khususnya seorang ibu. Karena dengan begitu ibu tidak perlu khawatir serta di buat cemas lagi dengan keadaan anak. Mungkin saja hal kecil ini sering kali di abaikan oleh seorang anak seperti sekedar memberikan kabar kepada ibu saat akan pulang terlambat  dari jam yang di tentukan, terlebih untuk anak rantau yang jauh dengan orang tua dan jarang ada waktu untuk pulang ke rumah. Wajib hukumnya untuk memberikan kabar sekaligus menanyakan kabar dan kesehatan orang tua minimal sehari sekali atau dua hari sekali. Di sini ibu akan merasa sangat tenang dan bahagia karena merasa bahwa anaknya sangat memperhatikan kondisinya.
2.       Bicaralah dengan ibu saat kalian sedang menghadapi masalah. Terkadang kita sebagai seorang anak sering bungkam dan tidak ingin membagikan cerita  tentang masalah yang sedang di hadapi. Dengan dalih memikirkan dan tidak mau jika setelah menceritakan kepada ibu justru akan membuatnya ikut memikirkan hal tersebut. Tapi tanpa kita sadari justru dengan kita menutup-tutupi akan membuat naluri seorang ibu tersayat. Karena bisa saja ibu merasa bahwa anaknya tidak nyaman untuk berbagi cerita dengannya.
3.       Sempatkan waktu luang untuk sekedar minum teh dan ngobrol bersama dengan ibu di pagi atau sore hari. Quality time dengan ibu memang sangat penting, walau sekedar hanya berbagi cerita. Namun dengan sesekali meminta ibu untuk menceritakan kisah hidupnya di masa terdahulu dan menanyakan bagaimana gambaran perasaan yang di rasakan oleh ibu saat itu bisa saja akan membuat ibu nostalgia dan akan membuat ibu tersenyum bahagia serta malu-malu saat mengingat masa lalunya. Dan pada saat itu kalian bisa mengambil peran untuk menjadi pendengar yang baik. Dengan cara sederhana itu akan membuat ibu merasa bahagia dan menganggap dirinya tidak pernah merasa sendiri.
4.       Menemani ibu saat belanja. Rasanya belanja memang sudah menjadi hobby bagi setiap wanita yang salah satunya adalah ibu. Pertanyaan nya, seorang ibu mana yang tidak senang jika saat belanja dan bisa di temani anaknya? Dan ternyata ada banyak hal yang bisa kalian lakukan pada saat menemani ibu belanja. Nah apabila kamu merupakan anak perempuan ibu, kamu bisa ikut mengambil peran saat ibu belanja dengan memberikan saran maupun pertimbangan tentang barang yang akan di beli atau yang lainnya. Namun, jika kamu adalah anak laki-laki, kamu juga sangat berperan untuk mengantar dan membantu membawakan barang belanjaan ibu sehingga tidak semakin memberatkan pekerjaan nya.
5.       Sering meluangkan waktu untuk pulang ke rumah dan menemani aktivitas ibu. Hanya sekedar membantu dan menemani ibu melakukan aktivitas atau pekerjaan yang biasa di lakukan di rumah juga merupakan satu cara paling sederhana untuk membuat ibubahagia. Seperti membantunya dalam urusan rumah untuk memperingan pekerjaan dan membantu ibu saat di dapur untuk menyiapkan makanan atau mungkin bisa saja di lakukan dengan cara special seperti meluangkan satu hari untuk menghandle semua pekerjaan rumah dan kemudian meminta ibu untuk beristirahat. Terlepas dari kewajiban seorang anak, membahagiakan orangtua terutamanya ibu juga termasuk kewajiban yang harus di lakukan sebagai buktibakti seorang anak. 

Sebenarnya dengan membahagiakan ibu artinya sama dengan berbakti kepada beliau. Nah dan berikut tadi sudah di sampaikan pada artikel kali ini 5 cara sederhana agar membuat ibu bahagia. Dan masih banyak lagi cara lain yang bisa dilakukan. Semoga dengan ini kita bisa lebih mengerti dan memahami kondisi dan mengedepankan kebahagiaan ibu kita. Semoga bermanfaat~

Leave a Comment