Makanan penyebab timbulnya jerawat

Jerawat, apa sih sebetulnya jerawat tersebut ? Apa saja macam / jenis jerawat yang terdapat ? barangkali inilah sejumlah pertanyaaan yang terdapat di pikiran kita mengenai jerawat. Sebenarnya penyakit jerawat ini terjadi sebab pori-pori kulit anda tersumbat oleh kotoran, sampai-sampai minyak /sebum yang didapatkan oleh kelenjar dibawah kulit anda (yang biasa dinamakan dengan kelenjar sebasea) beserta dengan sel kulit mati, dan kadangkala pun disertai bakteri itu terjebak dibawah lapisan kulit luar dan tak dapat keluar secara lancar. Akibatnya terjadilah iritasi atau peradangan di lokasi tersebut.

*Sumber : Youtube.com

Pada umumnya, jerawat ini mulai hadir di umur puber dan bakal berhenti dengan sendirinya pada umur dewasa selama 25 tahun ke atas namun tidak jarang pun masih berlanjut walaupun sudah melalui usia tersebut. Masalah jerawat ini, walaupun dapat dibilang normal andai terjadi pada masa puber sebab memang sangat diprovokasi oleh masalah hormonal yang sedang melonjak, namun masalah jerawat ini dapat memberikan dampak lebih buruk pada jenis kulit yang paling berminyak, lagipula jika kulit itu tidak dipertahankan kebersihannya sampai-sampai akan semakin diperparah dengan adanya bakteri yang hinggap di jerawat tersebut.

Ada tidak sedikit sekali jenis jerawat, tetapi yang tidak jarang terjadi secara umum ialah tiga jenis jerawat inilah ini :

Jerawat Biasa.Tampilan dan format dari jerawat jenis biasa atau yang biasa dinamakan dengan jerawat klasik ini sangat gampang untuk dikenali yakni benjolan kecil dikulit yang berwarna tidak banyak kemerahan atau merah muda. Penyebab umum dari jerawat jenis ini ialah stres, hal hormonal dan udara lembab yang menjadi pemicu untuk kulit guna memproduksi minyak yang berlebihan sampai-sampai menjadi lokasi berkembangnya bakteri dibagian tersebut. Akibatnya pori-pori kulit tersumbat sebab adanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri tersebut.

Jerawat Batu.Istilah ilmiah dari jerawat jenis ini ialah : Cystic Acne. Bentuknya lumayan besar, dengan benjolan yang disertai dengan peradangan. Jerawat batu ini seringkali tersebar nyaris di semua bagian wajah, sangat bertolak belakang sekali dengan jerawat biasa yang seringkali hanya ada di di antara bagian wajah saja. Jerawat batu ini sering menciptakan orang yang menderitanya merasa kehilangan percaya diri sebab raut wajah yang terkesan paling tidak menarik. Biasanya jenis jerawat batu ini timbul karena hal genetik ataupun keturunan yang mempunyai sifat sebagai berikut:

Kelenjar minyak (kelenjar sebasea) yang bekerja terlampau aktif sampai-sampai akan ingin mebanjiri pori-pori kulit dengan minyak / sebum.
Pertumbuhan sel-sel kulit yang terlampau lambat / di bawah normal, sampai-sampai akan menyebabkan sel – sel kulit tidak dapat beregenerasi secepat orang yang memiliki kulit normal.
Kulit terlampau sensitif, sampai-sampai mempunyai respon yang berlebihan terhadap iritasi / peradangan dan akan membekas di kulit.

Jerawat dengan jenis komedo ialah jerawat yang terdiri dari dua macam, yakni :
Komedo yang terbuka, jerawat jenis ini bakal terlihat laksana pori-pori yang membesar dan menghitam (titik yang berwarna hitam tersebut ialah penyumbat pori yang berubah warna sebab teroksidasi dengan udara).

Komedo yang tertutup, jerawat jenis ini memiliki format kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sampai-sampai akan tampak seperti suatu benjolan putih kecil-kecil di bawah permukaan kulit.

Jerawat jenis komedo ini diakibatkan oleh sel-sel kulit yang mati dan kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit. Hal ini bakal terjadi bila kamu tidak rajin mencuci kulit wajah sampai-sampai sel-sel kulit yang mati bakal menumpuk di permukaan dan minyak di permukaan kulit tersebut lantas menutup sel-sel kulit sampai-sampai akan terjadi penyumbatan. Pemakaian make up dan produk perawatan / pengaturan rambut yang memiliki kandungan minyak terlalu tidak sedikit pun pun dapat memperparah situasi jerawat anda.

Leave a Comment