Makanan tinggi serat yang harus kita konsumsi untuk kesehatan pencernaan dan penurun berat badan

Ada serat tidak larut, yang merupakan jenis serat yang transit melalui tubuh  bertindak sebagai serat untuk mencegah sembelit dan membantu menjaga keseimbangan pencernaan, dan kemudian ada serat larut, yang digunakan bakteri baik yang berada di usus kita gunakan sebagai sumber bahan bakar untuk mempertahankan fungsinya.

Alpukat

Alpukat lebih unggul dan berbeda dengan banyak buah karena faktanya alpukat tersusun hampir seluruhnya dari lemak, sedangkan sebagian besar buah-buahan tinggi kandungan karbohidrat. Namun, selain alpukat ini juga sangat kaya serat, Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa alpukat mengandung serat, karena tidak segera terlihat. Sebagian besar serat yang terkandung dalam alpukat adalah serat yang larut.

Brokoli


brokoli dapat dianggap sebagai salah satu sayuran yang paling kaya nutrisi, karena tingkat vitamin C yang tinggi, vitamin K, sejumlah besar vitamin B, mangan dan besi. sayuran  ini juga dapat membantu mencegah konversi testosteron menjadi estrogen, setiap cangkir brokoli memasok sekitar 2,5 g serat tidak larut, yang sangat membantu kita memenuhi kebutuhan serat harian kita.

gandum

1 cangkir gandum mentah mengandung sekitar 16 g serat, baik yang larut maupun yang tidak larut, dengan kehadiran serat larut langka yang dikenal sebagai Beta glucan yang membantu mengendalikan kolesterol dan kadar gula darah yang sangat baik dalam prosesnya.

Raspberry

Raspberry memiliki rasa manis seperti tart, menjadikannya buah yang sempurna untuk dimasukkan dalam makanan yang dipanggang atau dengan yogurt untuk nilai gizi tambahan. Secangkir raspberry segar mengandung sekitar 8 g serat, sebagian besar serat yang tidak larut, membantu pencernaan kita tetap sehat dan juga memasok vitamin C dalam jumlah besar dan bioflavonoid.

buah pir

buah pir mengandung banyak vitamin C , vitamin K, dan potasium, pir berair ini juga memasok 10 g serat dalam setiap pir ukuran sedang, baik jenis yang larut maupun yang tidak larut. jadi sediakan buah pir di kulkas untuk konsumsi kita setiap harinya

Okra

Juga dikenal sebagai Ochro di beberapa bagian dunia, sayuran yang berasal dari Ethiopia ini terkenal akan vitamin B dalam jumlah tinggi, zat besi, seng, fosfor selain vitamin A dan C. Okra juga secara alami mengandung senyawa mucilaginous  dan memasok 4 g serat tidak larut per cangkir setiap sajian

Pisang

Pisang tidak terkenal karena memiliki serat, meskipun mereka mengandung 3g serat dalam setiap buah ukuran sedang, terutama serat larut. pisang juga sarat dengan nutrisi lain seperti kalium, vitamin C dan vitamin B.

 Wortel

Wortel adalah sayuran akar yang terkenal dengan kandungan vitamin A yang tinggi, meskipun mereka juga mengandung banyak vitamin K, magnesium dan vitamin B tertentu, selain jumlah serat yang bagus dan rendah kalori, wortel merupakan serat padat nutrisi, memasok 3,5 g per cangkir yang dikonsumsi.

kacang merah

setiap cangkir kacang yang dimasak mengandung lebih dari 11 g serat. Kacang merah juga merupakan sumber vitamin B yang kaya dan dapat membantu tubuh memenuhi kebutuhan protein setiap hari.

kacang Almond

Kacang almond sering dikonsumsi karena mengandung protein dalam jumlah tinggi tetapi juga sumber vitamin D, magnesium, dan lemak omega-3 nabati.Mereka juga sumber serat yang bagus, memasok 12 g per 100 g porsi.

Biji rami

Biji rami adalah sumber lemak omega-3 nabati yang baik, Biji rami mengndung hanya 3g serat per sendok makan (10 g sajian), menjadikannya makanan ringan yang sangat baik di sela waktu makan.

Leave a Comment