Manfaat buah nangka yang kaya antioksidan untuk melawan penuaan dini

Nangka mengandung banyak antioksidan. Tubuh kita membutuhkan antioksidan untuk melawan tanda-tanda awal penuaan dan memperkuat pertahanan diri terhadap infeksi umum dan penyakit seperti pilek, dan flu.

Nangka adalah sumber antioksidan alami Vitamin C. Antioksidan sangat penting dalam memerangi radikal bebas yang merusak sel. 

Vitamin C larut dalam air dan tidak diproduksi dalam tubuh kita, sehingga sangat penting bagi kita untuk mengkonsumsinya melalui pola makan, dan mengkonsumsi makanan seperti nangka.

Nangka adalah penambah energi yang ideal terutama bagi mereka yang sadar akan berat badan.

Buah tersebut memiliki karbohidrat dalam jumlah besar yang dapat memberiasupan energi cepat tanpa lemak.

Nangka  mengandung sukrosa dan fruktosa yang dapat dicerna dengan mudah oleh tubuh. Orang dengan penyakit diabetes dapat menikmati makan nangka tanpa harus khawatir tentang hiperglikemia.

gambar Manfaat buah nangka yang kaya antioksidan

Kalium adalah salah satu nutrisi utama yang meningkatkan kesehatan kardiovaskular/ jantung secara baik. kekurangan kalium dapat mengganggu kontraktilitas jantung  dan fleksibilitas pembuluh darah.

Tubuh  membutuhkan kalium untuk mempertahankan tekanan darah agar selalu normal. Kalium membantu menjaga fungsi dan koordinasi otot  termasuk jantung organ berotot yang memompa darah.

Selain itu, kalium mengatur natrium dan menyeimbangkan elektrolit. Semua peran ini penting dalam menjaga kesehatan jantung yang baik.

Nangka dapat memenuhi sekitar 10% dari kebutuhan asupan harian kalium kita.

Nangka mengandung zat besi untuk mencegah anamia. Kandungan vitamin C- nya yang tinggi meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh,

karena tubuh untuk menyerap zat besi dibatasi tanpa adanya vitamin C ini. Selain itu, Nangka juga mengandung tembaga dan magnesium , keduanya mineral penting yang membantu proses pembentukan darah.

*sumber : pixabay.com

Nangka tinggi serat makanan. Kandungan serat yang tinggi meningkatkan pencernaan dan mencegah penyakit sembelit atau susah buang air besar.

Kadar serat mampu mencegah sembelit juga membantu dalam pencegahan wasir.

Selain itu, nangka bisa kita gunakan untuk membuat pencahar  yang efektif melunakkan feses sehingga kita bisa buang air besar dengan lancar.

Nangka mengandung vitamin A, dan beberapa antioksidan karotenoid yang penting untuk kesehatan mata.

Lutein adalah salah satu dari anti oksidan karotenoid ini, yang memiliki cara melindungi jumlah cahaya yang masuk ke mata, dan membantu menjaga  retina dan saraf optik.

Vitamin A juga membantu memperkuat selaput lendir pada kornea, yang bertindak sebagai penghalang alami terhadap bakteri,

Asma adalah masalah pernapasan yang memengaruhi banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Polusi udara dan serpihan debu udara dapat  memicu asma, terutama ketika kita memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Menghirup uap nangka rebus dapat membantu meringankan gejala asma,

Penuaan tidak bisa dihindari, tetapi prosesnya bisa diperlambat. Gaya hidup yang tidak sehat, polusi, dan paparan sinar UV yang berbahaya mempercepat penuaan. 

Nangka dapat mencegah efek penuaan karena antioksidan menstabilkan dan menghancurkan radikal bebas.

Nangka juga memiliki kandungan air yang tinggi, membantu menjaga kita dari kekurangan cairan sehingga kulit akan menjadi lembab.

kadar Air membuat kulit kita terasa lebih kenyal dan bersinar secara visual.

Nangka memiliki jumlah kalsium yang tinggi. Kalsium meningkatkan kepadatan tulang.

Nangka juga banyak mengandung kalium. Kalium meminimalkan hilangnya kalsium melalui ginjal. Dengan kalium dan kalsium di buah nangka kita bisa mencegah osteoporosis, dan penyakit tulang lainnya.