Manfaat mengkonsumsi semangka ketika sahur dan berbuka puasa

jika seperti puasa sekarang ini maka kita akan sering menjumpai semangka sebagai makanan takjil pembuka puasa banyak sekali terkadang disajikan disaat berbuka puasa sebagai menu andalan disandingkan dengan buah kurma,

Nah berikut ini beberapa manfaat jika kita mengkonsumsi semangka diantaranya adalah sebagai penangkal radikal bebas, melancarkan  pencernaan dan dan pat digunakan sebagai diet untuk menurunkan berat badan.

Manfaat kesehatan daqri buah semangka

Semangka untuk diet penurun berat badan

gambar manfaat kesehatan jika kita mengkonsumsi semangka
manfaat kesehatan mengkonsumsi semangka *sumber : pixabay.com

Antioksidan: Vitamin C dan Lycopene


ketika kita sedang memakan semangka maka kita secara otomatis akan mendapatkan asupan antioksidan dan kita akan mendapatkan antioksidan dalan bentuk vitamin C dan likopen,

likopen dan vitamin C akan menangkal radikal bebas yang bisa menagkal kerusakan sel

Perlindungan Terhadap Diabetes


pada saat kita mengkonsumsi semangka baik itu sedikit atau banyak maka kandungan protein didalamnya akan diubah menjadi asam amino yang salah satunya adalah agrinin yang bermanfaat untuk mengatur metabolisme glukosa,

nah ini akhirnya akan melindungi kita terhadap perkembangan diabetes

L-citrulline untuk Pemulihan otot yang pegal


ketika kita sedang berolah raga maka otot kita kan merasa pegal dan kram serta merasa kecapean, dengan memakan semangkan yang mengandung L-citrulline yang akan mempercepat menghapus asam laktat pada otot kita,

sehingga proses pemulihan dari rasa pegal akan lebih cepat. dan sekaligus semangkan akan memberikan cairan tubuh yang hilang karena aktifitas olahraga karena semangka memiliki kandungan air yang tinggi, ini akan membuat cairan tubuh kita tetap terjaga.

Membantu Anda Menurunkan Berat Badan Lebih Cepat


Jika kamu mencoba menurunkan berat badan, kita semua memiliki kesukaan terhadap makanan yang manis.

Bagi banyak orang, hal itu adalah kesukaan rasa. Ini bukan hanya tentang manisnya camilan manis, tetapi juga tentang tekstur dan rasa mulut.

Tekstur semangka hampir seperti pencuci mulut yang meleleh di mulut. semangka bisa diiris dan disajikan di atas piring seperti kue atau pai.

Satu lagi alasan bahwa semangka membantu  menurunkan berat badan? Semangka sebagian besar kandungannya adalah air, dikombinasikan dengan kandungan serat.

Kombinasi ini membuat  kenyang  lebih lama daripada makanan yang sarat akan kandungan gula dan berlemak.

Kesehatan Pencernaan


Begitu banyak dari kita menjalani aktifitas sehari-hari yang tidak meluangkan waktu untuk minum air yang cukup, sehingga kita berada dalam keadaan dehidrasi ringan.

Anda mungkin tidak benar-benar memperhatikannya karena merasa tidak selalu haus, namun kamu mungkin menderita efek samping kesehatan yang ringan dan kronis seperti sakit kepala, kelelahan dan sembelit yang begitu tidak nyaman.

Sistem pencernaan  membutuhkan air untuk membantu mencerna makanan dan mendorongnya. dan juga membutuhkan serat untuk membantu proses ini.

Semangka mengandung keduanya, menjadikan pencernaan lebih baik. cobalah memasukkan air dengan potongan semangka dan mint segar kedalam gelas untuk menenangkan sistem pencernaan Anda.

nah itulah beberapa manfaat kesehatan mengkonsumsi semangka.

Sekian semoga bermanfaat…jangan lupa untuk sahur dan berbuka dengan buah semangka ya…