Manfaat masker madu dan lemon untuk wajah

Banyak sekali bahan alami yang berkaitan untuk penyembuhan dan juga memiliki manfaat untuk kesehatan tetapi bahan alami tersebut juga memiliki efek samping. hanya dengan label alami bukan berarti itu tidak membahayakan bagi kesehatan kalian.

Madu dan lemon merupakan bahan alami yang sangat populer ditemukan di berbagai produk kecantikan dan juga produk kesehatan, lalu pertanyaannya adalah apakah kedua bahan tersebut aman digunakan untuk perawatan wajah?

Kali ini kita akan membahas manfaat atau kegunaan menggunakan madu dan lemon di wajah kalian. serta apa saja resiko yang akan kalian dapatkan dan kapan sebaiknya menggunakan bahan madu dan lemon untuk perawatan kulit wajah kalian?

Beberapa manfaat dari madu ialah sebagai antibakteri, pada sebuah penelitian menemukan bahwa madu dapat membunuh beberapa jenis bakteri. Bakteri di kulit wajah yang dapat menyebabkan jerawat, dengan menggunakan madu di wajah dapat membantu kalian mengurangi jerawat.

madu murni dan lemon

Madu juga mengandung antioksidan dan antiinflamasi, sebuah studi menunjukkan bahwa madu mengandung senyawa flavonoid dan polifenol yang bisa membantu sebagai antioksidan dan madu digunakan untuk kulit wajah terbukti mengurangi aktivitas senyawa inflamasi dan ini berarti madu dapat mengurangi kemerahan dan iritasi pada kulit karena jerawat.

Madu juga mengandung enzim alami yang dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan inilah salah satu alasan madu menjadi pilihan yang tepat untuk merawat kulit wajah alami kalian.

Ada banyak sekali madu yang bisa kalian beli di toko dan berikut ini beberapa jenis madu yang cocok untuk kalian gunakan sebagai perawatan wajah.

kita hanya merekomendasikan satu jenis madu saja yaitu madu murni, madu yang belum diproses atau belum di tambah dengan bahan lainnya madu yang memiliki tingkat gizi dan mineral yang lebih tinggi dari madu yang sudah diproses. Jangan menggunakan madu yang sudah diproses atau madu dari perusahaan tertentu karena mungkin tidak aman untuk wajah kalian dan hanya bisa dikonsumsi saja.

Sebagian besar orang biasanya ketika menggunakan masker dari bahan madu mungkin tidak akan menjadi masalah tetapi ada beberapa orang yang alergi terhadap bahan-bahan yang terbuat dari madu misalkan kulit wajah kalian alergi terhadap serbuk sari atau dari bahan-bahan madu itu sendiri,

jadi sebelum menggunakan madu untuk kulit wajah alangkah baiknya kalian menguji sensitifitas kulit wajah kalian terhadap madu, melakukan tes sedikit saja madu untuk masker wajah. jika uji tempel berikut tidak memberikan efek apa-apa terhadap kulit, maka lanjutkan menggunakan masker madu untuk wajah.

Oleskan sedikit saja madu pada kulit kalian dan tunggu selama 24 jam, setelah 24 jam, jika kalian tidak melihat tanda-tanda iritasi kemerahan dan bengkak atau gatal di kulit kalian berarti kulit wajah kalian aman untuk menggunakan masker madu

Madu memiliki sifat yang lengket, madu sangat sulit sekali dibersihkan dari kulit kalian kecuali menggunakan air jadi pastikan kalian mencuci wajah kalian menggunakan air dan sabun atau kalian juga bisa menggunakan air hangat untuk menghilangkan madu dari wajah kalian setelah digunakan untuk masker.

Sekarang kita akan membahas manfaat lemon bagi kulit wajah kalian, yang perlu dicatat adalah buah lemon ini sangat asam dan bisa mengiritasi atau membakar kulit kalian itu sebabnya banyak para ahli yang khawatir jika menggunakan lemon pada wajah,akan tetapi banyak ahli yang menyarankan menggunakan lemon karena banyak sekali keuntungannya daripada pada kekurangannya,

Manfaat dari buah lemon sebagai masker alami wajah

lemon mengandung banyak antioksidan, lemon secara alami mengandung vitamin c, antioksidan yang terkandung dalam lemon dapat mengurangi kerusakan kulit dan penuaan dini, lemon juga dapat mengurangi minyak pada kulit dan mengurangi peradangan, lemon juga mengandung anti jamur.

selain itu lemon juga bisa digunakan sebagai pencerah kulit, lemon mengandung asam yang memiliki kemampuan untuk mencerahkan kulit secara alami, menyamarkan bintik bintik penuaan dan bekas jerawat.

Lemon memiliki kandungan yang sangat asam jika kalian menggunakan lemon pada kulit maka ada kemungkinan akan mendapatkan beberapa efek samping terhadap kulit kalian.

Efek samping dari penggunaan lemon

efek samping penggunaan lemon pada wajah yang pertama adalah iritasi kulit, karena lemon sangat asam, lemon dapat menyebabkan kekeringan dan kemerahan serta kulit yang mengelupas dan ini akan sangat lebih parah jika kalian memiliki kulit yang sensitif.

Kemudian menggunakan lemon pada kulit dapat membuat kulit kalian terbakar sinar matahari pada kulit yg sensitif, para ahli menyarankan untuk tidak menggunakan lemon pada kulit wajah jika kulit sensitif.

beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengganti lemon adalah timun, yogurt, green tea, lidah buaya, tapi jika kulit kalian tidak bereaksi dengan asam nya lemon maka kalian aman untuk menggunakan buah lemon ini untuk perawatan wajah.

jadi alangkah baiknya kalian melakukan uji tes terlebih dahulu seperti kalian melakukan uji sensitivitas terhadap madu di kulit wajah kalian.

Apakah madu dan lemon aman digunakan secara bersamaan?

jika kalian sudah melakukan uji tempel kedua bahan tersebut di wajah kalian dan tidak memiliki efek samping atau wajah kalian tidak sensitif terhadap kedua bahan tersebut, maka kedua bahan tersebut aman digunakan, asalkan jangan terlalu banyak menggunakan lemon ke wajah.

Resep masker dari bahan lemon dan juga madu

Kegunaan dari resep berikut ini adalah bisa mengatasi kulit yang berminyak, membantu menyerap minyak berlebih dan mengencangkan pori-pori.

bahan yang disediakan adalah setengah sendok makan madu murni ditambah satu sendok jus lemon atau perasan lemon ditambah satu sendok putih telur.

Cara pembuatan masker lemon

campuran bahan-bahan tadi dalam mangkuk dan aduk selama 2 menit sampai semuanya tercampur dengan rata usahakan sampai berbusa kemudian ambil dengan jari kalian lalu oleskan ke wajah secara merata.

jika kulit kalian terasa mengering dan mengencang, nah waktu itu adalah waktu yang tepat untuk membilas dengan air hangat dan juga sabun kemudian basuh muka kalian dengan lap atau handuk yang lembut setelah itu bisa kalian beri pelembab untuk menjaga kelembaban kulit wajah

Oke sekian dulu penjelasan kami tentang manfaat masker lemon dan juga madu semoga bermanfaat dan jangan lupa sebelum menggunakan masker madu dan lemon kalian harus melakukan uji coba atau ditempel satu atau dua tetes madu dan lemon di wajah kalian jika dalam waktu 24 jam tidak ada efek samping atau sensitifitas berarti kalian aman menggunakan masker madu dan lemon.