Manfaat menjadi vegetarian dan jenis vegetarian yang perlu kalian tahu

Sudah Tau Manfaat Menjadi Vegetarian?-Menjaga gaya hidup sehat memang menjadi satu pilihan yang tepat untuk menjaga kondisi badan agar tetap sehat dan bugar. Tidak sedikit cara dan metode yang bisa kita lakukan untuk menjalankan gaya hidup sehat mulai dari berbagai jenis diet yang bisa kita jadikan opsi untuk di jalankan dalam menjaga pola makan yang sehat. Salah satu cara menjaga makan yang baik adalah dengan melakukan diet daging hewani atau yang biasa di sebut sebagai pola makan vegetarian. Vegetarian sendiri adalah pola makan yang di atur untuk memenuhi kebutuhan serat dan juga protein nabati.


Biasanya seseorang yang sedang menjalankan pola ini dengan menghindari makanan apapun yang mengandung bahan dasar hewani meskipun sudah dalam bentuk kaldu bumbu. Biasanya pejuang vegetarian ini sendiri lebih di anjurkan untuk memakan sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, gandum, biji-bijian dan juga jamur. Meskipun terlihat sangat sulit untuk di jalankan, namun jika kita sudah menjalankan tahapan demi tahapan maka akan terbiasa dengan pola hidup sehat yang satu ini.

Akan tetapi tidak banyak orang yang mengetahui bahwa vegetarian sendiri terbagi menjadi 4 jenis, buat kita yang masih tergolong awam dan akan menjalankan progam ini wajib mengetahui jenis-jenis vegetarian sebelumnya. Berikut penjelasannya :

Lacto-ovo vegetarian : Vegetarian jenis menggunakan sistem menghindari makanan berbahan dasar hewani dalam bentuk daging. Akan tetapi masih di perbolehkan untuk mengkonsumsi makanan yang berbahan dasar susu dan telur. Seperti namanya yang bermakna lacto (susu) dan ovo (telur). Itu artinya jenis vegetarian ini masih memperkenankan pelakunya mengkonsumsi yoghurt, mentega, keju, es krim dan lain-lain.

Ovo vegetarian : Berbeda dengan jenis yang sebelumnya, maka jenis vegetarian ini tidak memperbolehkan pelakunya mengkonsumsi hewani seperti daging dan susu. Akan tetapi vegetarian jenis ini masih memperbolehkan untuk mengkonsumsi telur sebagai sumber protein pelaku vegetarian selain dari kacang-kacangan.

Lacto vagetarian : Berbeda lagi dengan jenis yang sebelum-sebelumnya, lacto vegetarian sedikit berbanding terbalik dari ovo vegetarian. Di sini pelaku vegetarian jenis ini tidak di perbolehkan mengkonsumsi makanan hewani seperti daging dan telur akan tetapi justru di perkenan kan untuk mengkonsumsi susu dan berbagai macam makanan olahan susu.

Vegan : Jenis vegetarian satu ini mungkin yang sering kali di ketahui sebagai satu-satunya jenis vegetarian yang bisa kita lakukan. Yaitu sistem vegetarian yang sama sekali tidak memperbolehkan pelaku yang menerapkan pola hidup ini mengkonsumsi segala jenis makanan yang mengandung unsur bahan hewani. Termasuk madu, sarang burung walet dan juga gelatin. Vegan hanya di anjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang berbahan dasar nabati saja.

Memang pola hidup ini akan sangat berat bagi mereka yang mungkin hobby mengkonsumsi segala makanan yang mengandung bahan dasar hewani seperti steak, bakso, grill, tengkleng dan masih banyak lagi. Tapi tenang saja, sebelum benar-benar melakukan pola hidup sebagai seorang vegetarian ada banyak jenis vegetarian yang bisa kita jadikan opsi untuk beradaptasi terlebih dahulu sebelum benar-benar menjalankan pola makan ala vegan yang sebenarnya. Untuk tetap konsisten terhadap pola makan ini yang mungkin terasa sangat membosankan, kalian juga bisa lebih dulu meyakinkan diri sendiri bahwa di balik perjuangan keras saat menjadi seorang vegetarian akan ada banyak manfaat yang bisa kita rasakan. Berikut ini beberapa manfaat jika kita menjadi atau menerapkan pola hidup vegetarian :

Tubuh lebih vit dan sehat
Kesehatan memang merupakan kunci utama dalam kehidupan. Kesehatan tidak bisa tergantikan dengan apapun. Dengan menjalankan pola hidup sebagai seorang vegetarian dengan tidak mengkonsumsi makanan hewani dan memperbanyak porsi makan buah dan sayur bisa membuat tubuh kita menjadi lebih sehat dan segar. Sebab, dengan demikian otomatis kita sudah mengurangi asupan lemak dan kolesterol yang biasa kita peroleh ketika kita mengkonsumsi daging merah maupun daging putih. Sebagai gantinya, kita mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak vitamin dan juga nutrisi sehingga membuat tubuh kita menjadi lebih sehat dan terhindar dari segala jenis penyakit.

Berat badan tetap ideal
Siapa yang tidak mau memiliki berat badan ideal? Apalagi bagi kaum wanita. Sebab bagi merak hal ini menjadi salah satu faktor penunjang penampilan mereka. Menjadi seorang vegetarian sangat berkemungkinan besar untuk menjaga berat badan atau bahkan mengurangi berat badan bagi kita yang sedang menjalankan progam diet. Banyaknya kandungan serat dan juga antioksidan pada buah dan sayur bisa membantu dalam proses pembakaran lemak di dalam tubuh sehingga berat badan ideal akan tetap terjaga.

Melancarkan proses pencernaan
Bukan menjadi rahasia lagi jika kebutuhan serat harian terpenuhi maka bisa membantu dalam melancarkan proses pencernaan kita. Banyak mengkonsumsi buah dan sayur nyatanya bisa membantu kerja usus dan juga lambung lebih ringan dalam mengolah sisa makanan. Sehingga dengan menjadi seorang vegetarian kita akan terhindar dari masalah pencernaan ringan hingga yang berat. Seperti hal nya penyakit sembelit, wasir hingga kanker usus.

Mengurangi resiko terjadinya kanker
Kandungan yang terdapat dalam buah dan sayur memang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita seperti kandungan antioksidan, serat, vitamin dan mineral. Dengan cukup mengkonsumsi buah dan sayur bisa menjadi salah satu alat untuk mencegah berbagai macam kanker seperti kanker usus, kanker payudara, kanker perut, kanker pankreas, kanker ovarium dan kanker rahim.

Terhindar dari racun hewani
Banyak dari kita yang tidak tahu bagaimana proses penanganan serta pemeliharaan hewan-hewan yang dagingnya di jual bebas di pasaran. Kita juga tidak tahu kebersihan pangan dan juga riwayat penyakit yang di derita oleh si hewan sebelum akhirnya di sembelih untuk di jual. Ada banyak juga peternak yang bahkan menyuntikan vaksin agar produksi daging hewan tersebut lebih banyak. Kemudian setelah hewan itu mati di sembelih dan obat tersebut masih menempel di berbagai bagian daging kemudian di konsumsi oleh manusia sehingga bisa saja menimbulkan berbagai jenis penyakit berbahaya.

Meningkatkan kesehatan pikiran
manfaat menjadi vegetarian selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan pikiran. Menjaga pola makan vegetarian dengan menu buah dan sayur, selain mampu menjaga kesehatan tubuh juga bisa menjaga kesehatan pikiran. Dengan mengonsumsi makanan sehat nyata nya berpengaruh terhadap psikologis seseorang. Saat seseorang mengkonsumsi buah dan sayur energi yang di hasilkan akan jauh lebih banyak, perasaan menjadi lebih tenang dan bahagia sehingga mampu memberikan pengaruh positif terhadap suasana hati.

Nah itu tadi beberapa jenis serta manfaat menjadi vegetarian, meskipun pola makan sehat ala vegetarian hanya sebuah pilihan kebijakan kita pribadi dalam menjaga kesehatan tapi tetap pastikan untuk selalu imbangi kebutuhan vitamin serta protein serta tetap memenuhi kebutuhan air putih. Karena kebanyakan vegan awam salah kaprah dalam menjalankan pola ini, sehingga mereka mengabaikan kebutuhan lain yang mengakibatkan kekurangan zat besi, kalsium, vitamin D, vitamin B12, protein serta lemak omega-3.

Semoga bermanfaat~

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *