Manfaat Okra untuk Kesehatan dan cara mengkonsumsinya

Manfaat Okra untuk Kesehatan-Apa itu Okra?

Dikenal dengan nama ilmiahnya Abelmoschus esculentus,dikonsumsi oleh banyak orang dunia,

karena nutrisinya yang tinggi dan adanya senyawa mucilaginous (penghasil lendir) yang menawarkan serat larut dalam jumlah besar.

Buah okra dewasa berukuran antara 2-3 inci, di mana dapat dipetik dengan hati-hati (karena mereka memiliki duri kecil di luar), dan kemudian dimasak dengan cara yang Anda inginkan.

Okra adalah sayuran yang fenomenal, memiliki tingkat kelengkapan gizi yang tidak dimiliki oleh banyak sayuran lain.

maka dari itulah banyak sekali manfaat okra bagi kesehatan,

berikut ini adalah kandung dari sayuran okra.

  1. Kalori-22
  2. Total Karbohidrat-5g
  3. Serat Makanan-2.5g 10%
  4. Gula-2.5g
  5. Protein-2g 4%

1. Dapat Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol


Kemampuan Okra untuk menurunkan kolesterol disebabkan tingginya kandungan serat okra, yang memiliki sifat mengurangi cairan empedu.

Saat empedu berkurang, kolesterol perlu masuk dan menggantikan apa yang hilang.

Dan kemudian, kadar kolesterol menurun karena telah digunakan untuk tujuan lain. Ini dianggap sebagai cara yang sangat baik dan aman untuk mengurangi kadar kolesterol,

2. Dapat Membantu Mencegah Migrain


Salah satu teknik manajemen kunci untuk mengatasi migrain adalah dengan meningkatkan asupan magnesium,

satu porsi okra matang 100g mengandung sekitar 9% dari asupan magnesium yang direkomendasikan, sehingga lebih mudah memenuhi kebutuhan magnesium Anda.

Pasti ada faktor-faktor lain yang mencegah migrain, termasuk memastikan Anda cukup terhidrasi.

okra juga dapat membantu Serat pembentuk lendir menahan air, dan dapat membantu menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi sepanjang hari.

3. Cegah Sembelit


salah satu manfaat untuk kesehatan, Okra memasok banyak serat ke tubuh, yang membantu mencegah sembelit dan menjaga fases bergerak secara efisien di seluruh saluran pencernaan.

Selain itu, sifat penahan air dari serat mucilaginous okra juga sangat membantu membuat feses mudah untuk buang air dengan normal tanpa sembelit.

4. Sumber Kalsium 


Jika Anda seorang vegetarian, atau seseorang yang tidak toleran laktosa, satu porsi 100 g okra memasok sekitar 8% dari kebutuhan kalsium harian Anda,

Kalsium ini sangat penting untuk kesehatan otot dan saraf, serta dalam memperbaiki struktur tulang, dan pencegaha penyakit tulang seperti osteoporosis.

Kalsium juga berfungsi dalam membantu jantung mempertahankan pola ritmis dan kekuatan kontraksinya.

gambar Manfaat Okra untuk Kesehatan yang Luar Biasa

5. Membantu Menjaga Kesehatan Mata


Kandungan vitamin A-nya membantu memperlambat perubahan yang berkaitan dengan usia pada mata, membantu menjaga kesehatan saraf optik dan dapat meningkatkan penglihatan pada malam hari.

Vitamin A juga merupakan vitamin anti-oksidan kuat yang memainkan peran penting dalam mengurangi dampak radikal bebas dan bahkan dikaitkan dengan penangkal perkembangan katarak.

6. Mengurangi Risiko Mengembangkan Kanker Usus Besar

Kanker usus besar adalah salah satu bentuk kanker yang paling mematikan, dengan tingkat kematian yang tinggi,

jadi menambahkan okra ke dalam makanan Anda adalah hal yang wajib dilakukan..

7. Dapat Mengobati Tukak lambung


jus okra sebenarnya dapat membantu menyembuhkan tukak lambung. Ini didasarkan pada fakta bahwa jus okra melapisi permukaan bakteri H-pylori , membuat mereka tidak dapat merapat di dinding perut.

8. Okra Membantu Melindungi Hati


Radikal bebas bisa memicu kerusakan hati pada kasus yang parah. Okra dipercaya untuk mengatasi hal ini dengan menstabilkan permukaan selaput sel di hati, membuatnya tidak dapat ditembus.

Cara memasak atau mengkonsumsi okra

Okra bisa kalian gunakan sebagai tambahan sayur mayur saat memasah sayur, misalnya saja kita ingin menumis kangkung maka bisa kita tambahkan okra sebagai bahan tambahannya.

Atau jika kalian malas untuk memasaknya tingal potong saja okra kemudian masukkan kedalam satu gelas air dan masukkan kedalam kulksa maka lendir dari okra akan keluar dan bercampur dengan air,

airnya bisa kalian minum di setiap hari, paling bagus di pagi hari sebelum kita memulai untuk beraktifitas. atau okra bisa kalian gunakan sebagai infused water.