Manfaat sarapan pagi menurut para ahli

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa sarapan  meningkatkan tingkat energi kita memungkinkan kita untuk melakukan tugas atau kegiatan sepanjang hari. Sarapan menjaga kesehatan kita secara keseluruhan dan bahkan dapat membantu kita menurunkan berat badan.lha kok bisa …simak penjelasannya di bawah ini.. akan tetapi itu semua tidak akan terjadi jika kita memilih menu sarapan yang banyak akan mengandung karbohidrat dan kalori,  mengonsumsi makanan yang sarat dengan vitamin , protein , mineral,serat makanan, dan asam lemak dapat melakukan keajaiban bagi sistem tubuh kita. Ahli gizi merekomendasikan untuk memasukkan telur rebus, gandum , buah-buahan segar, dan kacang-kacangan ke dalam makanan sarapan kita di pagi hari dan akan menunjang kesehatan kita.

Sarapan di pagi hari bermanfaat bagi kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Psikologis

kita perlu mengonsumsi makanan yang bermanfaat bagi otak kita dan mendorong konsentrasi. kita harus memilih makanan yang diperkaya dengan mineral seperti kalium , selenium , dan magnesium khusus untuk sarapan. Sangat disarankan untuk menyiapkan makanan yang seimbang. Mengkonsumsi makanan bergizi setiap hari tidak hanya akan meningkatkan kesehatan psikologis kita secara keseluruhan, tetapi juga mencegah kita dari terjerumus ke penyakit kronis seperti Parkinson dan penyakit Alzheimer .

gambar Manfaat sarapan pagi menurut para ahli

2. Suplai energi pada tubuh kita

sangat penting sekali untuk mengembalikan stamina tubuh sat bangun tidur, tubuh kita sangat membutuhkan energi untuk beraktifitas disiang hari tanpa rasa lelah yang menyelimuti. cukup dengan meinum jus atau smoothee akan membuat energi tubuh kita segar kembali tapi harus di ingat  minuman masis dan jus yang tersedia dipasaran umumnya sudah mengandung pemanis dan pengawet yang buruk bagi kesehatan kita. maka dari itu buatlah sendiri jus buah dan sayur sendiri dirumah dengan mengunakan buah atau sayur yang kita beli di pasar.

3. Menjaga kesehatan jantung

dengan mengkonsumsi menu sarapan yang mengandung omega 3 dan lemak yang baoik ini akan berdampak pada kesehatan jantung kita yang mana akan memperkuat sel2 jantung dan akan mencegah kita untuk terhindar dari serangan stroke danserangan jantung. dan juga harus ditunjang dengan makanan yang mengandung kalium dan magnesium agar kesehatan jantung kita tetap terjaga.

4. Membantu kita Menurunkan Berat Badan

jangan mengunakan metode lapar perut kosong tanpa diiisi untuk diet menurunkan bert badan, kecuali kalo kalian memang melaksanakan puasa, tubuh kita di pagi hari memerlukan banyak nutrisi dan sedikit kandungan kalori untuk sedikit menurunkan berat badan, makan yang kita makan sebagai sarapan di pagi hari harus banyak mengandungbeberapa nutrisi yang cukup seimbang diantaranya adalah vitamin, mineral, protein dan lemak omega 3. dengan banyaknya nutrisi saat kita sarapan maka akan menguruang nafsu makan dan juga akan memperlancar metabolisme tubuh.

6. Untuk penderita diabetes

Penderita diabetes sebaiknya tidak meninggalkan sarapan. Membuat perut kita kosong selama berjam-jam dapat menurunkan kadar gula secara signifikan yang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Mengkonsumsi sarapan yang mengandung nutrisi akan membantu menjaga gula dan juga tingkat energi. Penderita diabetes harus memilih opsi makanan sehat seperti biji-bijian , gandum, roti dedak, atau produk susu rendah lemak.

7. Menjaga kesehatan Penglihatan

Mempertahankan kesehatan mata juga dimungkinkan dengan sarapan sehat. kita perlu meningkatkan konsumsi vitamin A untuk menjaga kesehatan mata kita dan menghindari masalah mata besar atau mata kecil.

8. Dapat mengontrol Nafsu Makan kita

kita perlu mengendalikan nafsu makan untuk menghindari makan berlebihan. Makan berlebihan sering berkontribusi pada kenaikan berat badan yang merupakan faktor stres. Ahli gizi merekomendasikan bahwa sarapan yang diisi dengan sereal , telur, atau produk susu dapat membuat kenyang selama berjam-jam lebih lama dan mencegah kita makan terlalu sering.

9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Memakan buah jeruk saat sarapan adalah cara cepat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, antioksidan yang membantu memperkuat kekebalan kita. Sistem kekebalan yang sehat mencegah risiko penyakit kronis.

10. Menjaga Kolesterol

Mengkonsumsi makanan yang diperkaya dengan serat makanan seperti gandum akan membantu menyerap LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh kita. yang mana akan mengurangi segala penyakit yang berhubungan dengan masalah yang di timbulkan oleh lamak jahat seperti serangan jantung dan stroke.

11. Memperkuat Tulang

kita harus mulai mengonsumsi produk susu saat sarapan untuk menghindari masalah tulang. Tubuh kita membutuhkan banyak kalsium untuk menjaga kesehatan tulang. dengan mengkonsumsi putih telur, susu, keju, atau yogurt ke dalam sarapan kita dapat memperkuat tulang kita dan mengurangi timbulnya penyakit tulang yang berkaitan dengan usia.

12. Menjaga kesehatan Pencernaan

Serat makanan adalah nutrisi yang serbaguna. Nutrisi serat diperlukan untuk mengatur pergerakan usus yang tidak teratur dan radang lambung. kita tidak akan memerlukan obat untuk mengobati gangguan pencernaan begitu kita mulai sarapan dengan serat makanan.

13. Menjaga Kesehatan Rambut

Rambut membutuhkan protein untuk tumbuh. Sarapan bisa menjadi waktu yang ideal untuk mengonsumsi protein dan meningkatkan kesehatan rambut kita. kita dapat mengkonsumsi telur untuk mendapatkan banyak protein. Nutrisi yang diserap melalui sumber alami dianggap lebih bermanfaat daripada suplemen untuk meningkatkan kesehatan rambut kita.

Leave a Comment