Manfaat sayuran gubis kubis yang banyak akan kandungan serat

Pernahkah kita mendengar tentang diet dengan jus kubis? Meskipun dianggap sebagai kurang tren oleh banyak orang akan tetapi sangat efektif dalam membantu menurunkan berat badan dalam jangka pendek, atau ketika digunakan bersamaan dengan diet sehat, dapat membantu mengurangi jumlah kalori yang kita konsumsi per hari. Segelas jus kubis ukuran 8 ons mengandung kurang dari 20 kal, dan padat nutrisi,dan membantu meningkatkan rasa kenyang perut kita.

Sistem kekebalan adalah garis pertahanan pertama kita terhadap banyak patogen, membantu menjaga kita aman selama flu dan musim dingin, serta dari berbagai patogen yang kita dapati setiap hari. Tanpa sistem kekebalan tubuh, kita tidak akan dapat menjalani hidup sepenuhnya, dan akan selau dihantui serangan penyakit dari berbagai pathogen.

gambar Manfaat sayuran gubis kubis yang banyak akan kandungan serat

Sistem kekebalan membutuhkan dukungan dengan mengonsumsi makanan padat gizi, khususnya antioksidan dan mineral yang memperkuat proses enzimatik. Vitamin-vitamin seperti vitamin A , vitamin C , dan vitamin E semuanya adalah antioksidan yang sangat efektif yang membantu mengurangi dampak radikal bebas pada struktur sel. Sel-sel sistem kekebalan tubuh dapat mengalami kerusakan oksidatif seperti halnya jenis sel lainnya, yang mengakibatkan kematian atau kehilangan fungsi.

Kubis adalah rumah bagi sejumlah besar senyawa fitokimia, memiliki aksi antiinflamasi yang kuat. Beberapa yang paling penting yang ditemukan dalam kubis dikenal sebagai anthocyanin, senyawa flavonoid yang telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung bila sering dikonsumsi.

senyawa flavonoid lebih kaya dengan kubis ungu (merah) dibandingkan dengan yang hijau,  jadi mengonsumsi jus yang dibuat dari berbagai kol merupakan ide yang sangat bagus. Manfaat penting lain yang dimiliki jus kubis pada sistem kardiovaskular adalah mengendalikan tekanan darah, karena hipertensi dapat memperburuk penyakit jantung, dan meningkatkan risiko stroke atau serangan jantung.

manfaat dari konsumsi jus kubis biasa adalah meningkatkan kesehatan tulang, karena sayuran ini termasuk sumber yang kaya akan vitamin K. Vitamin K tidak banyak ditemukan di sebagian besar sayuran. Vitamin K membantu memastikan mineralisasi tulang, yang merupakan pengendapan kalsium dan mineral lain ke dalam tulang untuk memperkuat kekuatan dan dukungan strukturalnya.

Anemia biasanya terjadi karena kekurangan zat besi, tetapi juga bisa disebabkan oleh kekurangan satu atau lebih vitamin B, tetapi terutama vitamin B12. Jus kubis adalah sumber yang kaya akan kedua nutrisi ini, yang membantu sintesis sel darah merah baru.

Selain itu, diketahui bahwa kol juga merupakan sumber vitamin C yang baik, dengan vitamin ini membantu meningkatkan penyerapan zat besi dalam darah, di mana kubis dapat digunakan untuk merangsang erythropoiesis. Tidak mengherankan, kubis sering direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh dokter untuk meningkatkan jumlah darah.

Kulit kita terkena efek radiasi UV yang merusak disetiap hari, yang bisa menyebabkan penuaan dini. Sementara penuaan kulit terjadi tak terhindarkan seiring waktu, kita dapat mengurangi kerusakannya dengan mengonsumsi jus kubis secara teratur. Berkat spektrum vitamin antioksidannya, termasuk vitamin A, C, dan E, jus kubis dapat secara efektif membantu mengurangi kerusakan oksidatif yang terakumulasi dari paparan sinar matahari. Vitamin E juga memiliki sifat pemantulan sinar UV ringan yang mengurangi jumlah radiasi yang dapat menembus kulit.

Meskipun tidak ada cara untuk benar-benar meniadakan risiko kanker kita, konsumsi makanan yang mengandung antioksidan alami akan memberi kita kesempatan untuk melawan kanker. Perubahan kanker biasanya terjadi ketika sel atau DNA telah dirusak oleh efek radikal bebas.

Antioksidan membantu menghilangkan radikal bebas sebelum mereka dapat merusak sel, akan tetapi hanya dengan kubis saja belum mampu mengkal radikal bebas harus diimbangi dengan buah dan sayuran lain yang berwarna hijau dan merah yang kaya antioksidan.

Serat larut juga membuatnya kubis yang membantu pengelolaan kolesterol. Serat larut meningkatkan ekskresi asam empedu  dalam tinja, mendorong produksi lebih banyak enzim pencernaan  dari kolesterol. Hasilnya adalah penurunan cadangan kolesterol.

kubis merupakan sumber serat larut dan tidak larut yang sangat baik, Bakteri baik juga merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh kita, dan dapat membantu melindungi perut kita dari tukak lambung karena pertumbuhan berlebih dari spesies bakteri patogen.

Konsumsi jus kubis secara teratur dapat memiliki manfaat besar bagi kesehatan kita, dan dapat dikonsumsi kapan saja. Jika kita tidak bisa memasak, tidak masalah, karena kita dapat dengan mudah menyiapkan jus kubis dalam jus buah lainnya.

jadi apalagi yang kamu tunggu? Siapkan jus kubis yang bergizi, simpan di kulkas kita, dan konsumsi setiap hari untuk kesehatan yang lebih baik!

Baca juga : Manfaat bawang Hitam Lombok Black Garlic Dejanu