Manfaat teh lemon

Apakah anda rutin meminum teh lemon setiap harinya? maka mungkin anda merupakan salah satu orang yang paling beruntung di dunia ini.

Karena banyak sekali manfaat lemon yang baik bagi kesehatan. lemon dikenal untuk mendetoksifikasi tubuh dari dalam dan juga memberikan efek segar serta energi bagi tubuh kita.

Apakah kalian ingin tahu lebih banyak tentang manfaat mengkonsumsi teh lemon mari simak penjelasan di bawah ini:

Teh lemon adalah

Teh lemon atau lemon tea adalah teh yang biasa kita gunakan atau kita minum setiap pagi akan tetapi minuman teh hangat tersebut kita tambahkan dengan perasan jeruk lemon yang memberikan rasa yang sangat unik.

Teh itu komposisinya adalah teh panas dengan perasan lemon, boleh ditambah gula akan tetapi kita tidak menyarankan untuk ditambah gula tetapi ditambah dengan madu.

Selain ditambah dengan madu, lemon, juga bisa ditambah dengan garam, jinten, jahe untuk memberikan efek rasa pedas dan agar teh lebih terasa di lidah yang pasti untuk meningkatkan rasanya yang lebih  sempurna.

11 Manfaat lemon bagi kesehatan tubuh

Campuran antara madu dan lemon menjadikan teh lemon sebagai minuman alternatif yang sangat menyehatkan sebagai pengganti kita minum kopi atau minum minuman yang berkarbonasi seperti Sprite atau fanta. berbagai manfaat minum teh lemon adalah sebagai berikut ini.

teh lemon bagi kesehatan

1. Sebagai detoksifikasi tubuh

Manfaat yang paling besar untuk kesehatan dari buah lemon adalah buah lemon memiliki manfaat untuk membersihkan tubuh dengan mengeluarkan racun dari sistem pencernaan kita, racun yang ada di dalam tubuh kita ini menjadi penyebab berbagai penyakit dan infeksi,

dengan cara detoksifikasi menggunakan buah lemon maka banyak sekali penyakit atau infeksi yang akan kita cegah.

2. Mengobati pilek dan flu

Teh lemon sangat membantu untuk meredakan gejala pilek dan flu, pilek dan flu terjadi karena perubahan musim cuaca atau karena infeksi bakteri atau virus,

dengan menambahkan beberapa jahe ke dalam teh lemon dan meminumnya 3 sampai 4 kali dalam satu hari akan membuat sakit tenggorokan terasa lebih lega,

dan juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita selama musim penghujan atau musim peralihan dari musim kemarau ke musim hujan.

resep dari teh lemon dengan ditambah jahe akan membantu mengencerkan lendir yang ada di tenggorokan kita. Teh lemon dengan madu dan jaheakan terasa hangat dan membuat tenggorokan menjadi lebih lega.

3. Manfaat psikologis

Mengkonsumsi teh lemon dapat bermanfaat juga untuk menghilangkan racun yang ada di dalam darah dan karenanya maka energi tubuh kita akan meningkat, pikiran kita akan menjadi fresh kembali dan stres yang selama ini menghasilkan racun dalam darah yang selalu memicu berbagai masalah kesehatan mental dapat diatasi dengan mengkonsumsi teh lemon setiap pagi,

Teh lemon adalah obat yang paling bagus untuk sakit kepala, lesu, kelelahan karena kegiatan kita sehari-hari,

dengan mengkonsumsi teh lemon akan membuat kita semakin aktif dan sehat dan membersihkan darah dalam tubuh kita.

4. Manfaat bagi kesehatan jantung

Menurut penelitian teh lemon mengandung flavonoid yang mengurangi lipid atau lemak dan peradangan serta mencegah pembentukan gumpalan pada arteri jantung,

jadi dengan minum teh lemon adalah cara yang paling baik untuk memerangi atau mencegah penyakit jantung.

5. Antiseptik alami

lemon merupakan salah satu antiseptik alami  maka dari itu  banyak sekali sabun pencuci piring yang menggunakan bahan baku dari buah lemon ini.

teh lemon juga memiliki sifat antibakteri dan antivirus dan karenanya jika  kita teratur mengkonsumsi setiap hari maka akan membantu dalam mengobati dan menyembuhkan berbagai penyakit infeksi.

6. Menjaga kesehatan pencernaan

teh lemon yang kita konsumsi bisa bermanfaat untuk membuat pencernaan kita menjadi lebih sehat karenanya lemon bisa menghilangkan racun atau produk limbah atau kotoran yang ada di usus kita dan memungkinkan tubuh kita menyerap lebih banyak zat nutrisi yang bermanfaat.

kandungan asam sitrat pada buah lemon akan membantu pencernaan kita dan membantu melarutkan batu ginjal sedangkan asam askorbat adalah antioksidan alami yang mencegah penyakit kudis.

7. Mengobati pembekakan luka

pembekakan yang diakibatkan oleh kondisi saat kita dioperasi atau yang di sebabkan oleh benda tajam lainnya maka sel yang mati dalam darah akan terkumpul Dan inilah yang kemudian menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan atau yang biasa disebut dengan bengkak.

Dengan mengkonsumsi teh lemon maka rasa sakit yang ditimbulkan oleh bengkak ini akan sedikit berkurang.

selain itu lemon juga bisa mengurangi rasa sakit selama siklus menstruasi pada wanita.

8. Meningkatkan aktivitas insulin

Tubuh ini akan selalu membutuhkan insulin untuk mengubah glukosa atau gula darah menjadi energi.

Dalam teh telah banyak sekali ditemukan bahan alami yang bisa meningkatkan aktivitas insulin.

9. Manfaat bagi kesehatan kulit

pasti sudah banyak yang tahu akan manfaat vitamin C bagi kulit, lemon memiliki sifat astrigen yang membantu mengurangi jerawat dan gangguan kulit lainnya dari dalam,

dengan demikian mengkonsumsi teh lemon juga bisa membantu memerangi jerawat dan berbagai masalah kulit lainnya.

10. Lemon sebagai anti kanker

Pada buah lemon dan pada teh mengandung sifat antioksidan yang sangat kuat karena didalamnya terdapat kandungan yaitu polifenol dalam teh dan vitamin c di dalam lemon yang sangat banyak.

Antioksidan tidak hanya mencegah kerusakan sel-sel yang sehat tetapi membantu meremajakan kembali sel-sel yang tidak sehat dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

khasiat lain dari teh lemon akan membantu mengurangi kemungkinan terjadinya kanker pada kulit karena lemon mengandung senyawa yang disebut dengan limonoids yang berlimpah yang membantu melawan kanker kulit, mulut paru-paru dan usus besar.

11. Manfaat teh hijau dan lemon

Manfaat teh hijau dan lemon yang kita minum dengan tambahan buah lemon akan memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh, meningkatkan efektivitas dan penyerapan,  antioksidan yang terkandung dalam teh hijau ketika posisi usus kecil dan usus besar kita dalam kondisi basa. Maka hal ini akan mengganggu proses penyerapan nutrisi. Dengan mengonsumsi teh lemon maka hal ini bisa diatasi dan proses penyerapan nutrisi bisa optimal kembali.

Cara membuat teh lemon atau lemon tea

Membuat teh lemon atau lemon tea bukanlah hal yang sulit misalnya menambahkan beberapa bahan kemudian dijadikan satu menjadi teh lemon.

Bahan yang kita perlu siapkan adalah

  1. Air panas sebanyak 1 gelas
  2. 1 buah lemon
  3. madu secukupnya

Cara pembuatannya sebagai berikut ini

siapkan air panas dalam satu gelas kemudian tambahkan teh celup lalu ditambahkan dengan perasan lemon sebanyak 1 sendok,

kita campur dengan madu kemudian diaduk sampai merata nah teh lemon sudah siap untuk kita nikmati

untuk menambahkan aroma,  kita bisa menambahkan jahe dan beberapa daun mint agar kita mendapat manfaat kesehatan dari lemon di yang kita buat,

jika kita menginginkan rasa yang lebih banyak dalam teh lemon yang kita buat tambahkan saja sedikit garam.

Peringatan untuk mengkonsumsi teh lemon

Meskipun teh lemon yang kita buat ini memiliki banyak sekali hasiat dan juga manfaat akan tetapi ada beberapa hal yang harus dihindari dalam mengkonsumsi teh lemon

  1. Teh lemon ini tidak cocok untuk diminum oleh anak-anak.
  2. Teh lemon sebaiknya tidak dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil dan menyusui.
  3. Teh lemon tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh mereka yang menderita tekanan darah tinggi maka harus menghindari mengkonsumsi teh lemon
  4. Teh lemon tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang menderita kasus penyakit diare atau penyakit dengan iritasi pada usus.
  5. jangan mengkonsumsi teh lemon ketika kita habis mengkonsumsi obat-obatan dari dokter.

nah demikianlah artikel beberapa manfaat minum lemon tanpa gula semoga kita bisa mendapatkan manfaat kesehatan serta aroma yang sangat menyegarkan dari teh lemon yang sudah kita buat.