MIE GORENG ACEH. Rasa Kari-nya Terasa Banget!

Selamat siang mak semua. Pada masak apa hari ini? Kali ini kita bikin mie goreng aceh, mamak pake curry powder dan chili powder yang sudah jadi dari demaderaas, ngga perlu pake bumbu rempah lainnya, tapi juara rasanya mak 👍. Tastenya bener-bener kari india 🇮🇳 banget, pake sedikit aja sudah kuat banget rasa karinya, cocok di buat kreasi berbagai menu masakan di rumah nih mak, anakku doyan banget ini mak katanya mie gorengnya top 😍

MIE GORENG ACEH by: @susan_mellyani
____________________

BAHAN:

  • 200g mie basah/mie telur
  • 200g udang buang kepalanya
  • 1 bonggol sawi hijau potong2
  • 2 lembar kol potong2
  • 1 genggam tauge buang ekornya
  • 1 tangkai daun bawang iris halus
  • 1 buah tomat potong dadu kecil
  • 1/4 sdt terasi bakar
  • 1/2 sdm bubuk kare @demaderaas.id
  • 1 sdt bubuk cabai
  • 1 sdm kecap manis
  • Gula,garam,kaldu jamur
  • Sedikit air
  • 1 sdm kacang tanah goreng


Bumbu halus:

  • 4 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 1 sdt ketumbar
  • 5 buah cabe merah keriting

LANGKAH:

1.jika pake mie telur rebus dahulu mie 1/2 matang,angkat dan tiriskan,beri minyak goreng supaya tdk lengket,jika pake mie basah ckp siram dgn air panas saja yah.

2.panaskan minyak goreng,tumis bumbu halus hingga harum,masukan @demaderaas.id curry powder dan chili powder,aduk rata,masukan tomat lalu udang,aduk hingga udang berubah warna.

3.beri garam dan kaldu jamur,masukan sayuran kol dan sawi dulu,aduk rata,tuang air secukupnya,jika sawi dan kol sdh layu masukan daun bawang dan tauge,aduk rata.

4.masukan mie,kecap manis,aduk rata,koreksi rasa,jika msh ada yg krg bs di tambah,jika rasa sdh pas dan bumbu meresap rata,angkat dan sajikan dgn taburan kacang tanah goreng.

Sumber