Minum susu sapi atau susu kedelai mana yang lebih bagus bagi tubuh

Kelihatannya  susu sapi dan susu kedelai sangat mirip dalam hal penampilan dan kandungan protein, tetapi karena susu sapi berasal dari hewan dan susu kedelai adalah nabati, Mari kita lihat perbedaan bahannya.

Jenis protein yang berbeda

Baik susu sapi dan susu kedelai adalah minuman yang kaya protein, tetapi pastikan untuk memperhatikan bahan-bahan protein.

  • Susu sapi … 3.6g
  • Susu kedelai … 3.3g
gambar Minum susu sapi atau susu kedelai mana yang lebih bagus bagi tubuh
susu kedelai


Tidak ada perbedaan signifikan dalam jumlah protein dalam susu sapi dan susu kedelai, tetapi jenis proteinnya berbeda. 

Protein dalam susu sapi memenuhi sembilan asam amino esensial seperti kasein, yang membantu menyerap kalsium, dan protein yang berfungsi memperkuat tulang. 

Di sisi lain, protein yang terkandung dalam susu kedelai mengandung banyak protein yang disebut glycinin yang berbasis nabati dan memiliki aksi penghambatan penyerapan kolesterol. 

Dalam hal tingkat penyerapan, susu hewani lebih cepat dari susu kedelai, tetapi tingkat penyerapan susu kedelai tinggi,

dan dapat diharapkan untuk mempertahankan rasa kenyang dengan diserap perlahan.


Lemak dan kolesterol

kadar lemak

  • Susu sapi … 3.8g
  • Susu kedelai … 2.0g

Kolesterol 

  • Susu sapi … 12mg
  • Susu kedelai … 0mg

Susu  sapi  memiliki kandungan lemak lebih tinggi dari susu kedelai, dan susu mengandung kolesterol yang lebih tinggi susu kedelai. 

Selain itu, susu kedelai mengandung asam lemak tak jenuh asam linoleat dan asam linolenat, yang dapat diharapkan untuk mengatur metabolisme kolesterol.

Karbohidrat

Bagi mereka yang melakukan diet gula, kandungan gula susu sapi dan susu kedelai menjadi perhatian penting.

Yang mana yang mengandung gula lebih rendah?

Karbohidrat 

  • Susu sapi… 4.8g
  • Susu kedelai … 2.9g

Citra susu kedelai yang sehat, seperti lemak, memiliki kandungan karbohidrat yang lebih rendah daripada susu sapi,

dan akan menjadi teman  bagi mereka yang melakukan diet karbohidrat.

Mineral


Susu sapi dikenal sebagai makanan kaya kalsium, tetapi berapa banyak perbedaan antara mineral lain dalam susu sapi dan susu kedelai?

Kalsium 

  • Susu … 110mg
  • Susu kedelai … 15mg

Kalsium adalah nutrisi yang diperlukan untuk mencegah osteoporosis, belum lagi wanita hamil dan menyusui dan anak-anak yang sedang tumbuh, kandungan kalsium jauh lebih banyak susu sapi  daripada susu kedelai. 

Zat besi 

  • Susu … 0mg
  • Susu kedelai … 1.2mg

Satu dari lima wanita dewasa dikatakan menderita anemia defisiensi besi, dan zat besi, nutrisi yang membuat sel darah merah, kan tetapi nutrisi ini tidak terkandung dalam susu sapi , tetapi susu kedelai. 

Tembaga 

  • Susu … 0,01 mg
  • Susu kedelai … 0,12 mg

Tembaga adalah nutrisi yang membantu membuat sel darah merah dari zat besi dan memainkan peran penting dalam mencegah anemia,

seperti zat besi, tetapi mengandung 0,01 mg susu, sedangkan susu kedelai mengandung 0,12 mg, 

Susu sapi meningkatkan massa otot, susu kedelai mengurangi penyerapan kolesterol.


Seperti yang anda lihat dari perbedaan bahan, keduanya memiliki nutris yang bagus, jadi mungkin sulit untuk memilih satu diantara keduanya,

jadi tergantung dengan tujuan apa ketika meminum susu jika  bertujuan untuk meningkatkan massa otot maka minumlah susu sapi atau jika untuk menekan penyerapan kolesterol maka minumlah susu kedelai. 

dan Juga, jika kita ingin secara aktif mengonsumsi kalsium, yang sering kali kurang untuk wanita, disarankan agar anda minum susu sapi dengan tingkat penyerapan kalsium yang tinggi.

Susu kedelai tidak hanya bebas kolesterol tetapi juga memiliki efek menekan penyerapan kolesterol,

jadi jika anda khawatir tentang kadar kolesterol dalam darah kami sarankan anda mengonsumsi susu kedelai. 

karena susu kedelai mengandung banyak nutrisi seperti vitamin b dan zat besi dan asam folat. Susu kedelai rendah kalori, rendah lemak, rendah gula.

Kelihatannya mirip dan isinya sangat berbeda!

Baik susu dan susu kedelai sering dikenal sebagai minuman sumber protein, dan banyak orang minum tanpa mengetahui perbedaannya.

Namun, ketika anda melihat bahan-bahannya, anda dapat melihat bahwa bahan-bahannya sama dan memiliki karakteristik yang sama sekali berbeda, yang keduanya memiliki nutrisi yang baik. 

Penting untuk memahami karakteristik susu sapi dan susu kedelai, dan memilih salah satu yang cocok untuk anda pada kondisi saat ini sesuai dengan kebutuhan.