Penyebab dan cara atasi jerawat ampuh dengan madu

Kecantikan merupakan primadona yang terselipkan ambisi untuk di miliki bagi setiap wanita.

Maka tidak lah heran apabila tolak ukur kecantikan wanita salah satunya adalah dari kondisi kulit terutama untuk bagian wajah yang sehat, mulus, cerah dan bersih bebas jerawat.

Tidak heran apabila para wanita-wanita yang merasa terusik dengan keberadaan jerawat yang sedang tumbuh pada kulit wajah kini berlomba-lomba untuk mempercantik diri dengan hempaskan jerawat dalam waktu singkat dan instan.

Memang hal seperti ini yang ingin di lakukan oleh kebanyakan wanita yaitu dengan kata “singkat dan instan”.

Namun banyak dari orang yang tidak mau ribet ini mungkin lebih mempercayakan untuk mengatasi hal-hal demikian dengan bahan-bahan keras yang memiliki kandungan Bahan Kimia Obat.

Seperti halnya menggunakan cream dokter, obat yang di jual bebas di Apotek, hingga cream-cream bermerkuri yang di jual bebas di online shop.

Yang jika mereka semua sadari, itu justru tidak lah baik apabila di gunakan dalam jangka waktu panjang.

Belum lagi pada beberapa jenis kulit yang sensitif dan mengalami ketidak cocokan dari bahan yang terkandung dan bahkan mengalami iritasi pada kulit yang sehingga justru akan mengakibatkan peradangan pada jerawat dan memperparah keadaan kulit wajah kalian sendiri.


Nah perlu kita ketahui nih apa sih kira-kira penyebab timbulnya jerawat?

*Sumber : Pixabay.com

Jadi, jerawat sendiri kerap kali muncul pada saat tubuh kita mengalami peningkatan kadar hormon androgen, (hormon yang memicu munculnya komedo),

seperti yang kita semua ketahui bahwa munculnya komedo apabila tidak segera kita atasi dengan cara yang tepat bisa juga menyebabkan terjadinya munculnya calon-calon jerawat atau yang sering kita sebut dengan “Beruntusan”.

Karena pada dasarnya jerawat itu sendiri bisa mengalami pembengkakan karena tertimbunnya minyak,

sel kulit mati serta debu kotoran yang menyumbat pori-pori wajah sehingga bakteri yang berada di dalam lapisan kulit terjebak dan berkembang hingga terjadi munculnya jerawat yang membesar dan memerah.

Sebenarnya, untuk jerawat itu sendiri bisa saja kita obati, untuk fase pematangan jerawat sendiri juga termasuk cepat prosesnya.

Tapi yang paling lama dan menyiksa adalah apabila jerawat itu pergi dan meninggalkan bekas jerawat berupa noda hitam di permukaan kulit wajah. Proses pemulihan noda akibat jerawat ini pun juga pasti memakan waktu yang cukup lama.

Di sini rasa percaya diri akan turun drastis bukan? Nah setelah kita mengetahui efek buruk dari timbulnya jerawat, alangkah lebih baik jika kita melakukan pencegahan saja bukan?

Seperti halnya ibarat kata pepatah “Mencegah lebih baik daripada Mengobati”.

Tapi, apabila sudah terlanjur munculnya jerawat jangan khawatir karena kita di sini bakalan bahas cara ampuh buat obati jerawat secara alami nih. Penasaran bukan?

Cara untuk menghilangkan jerawat dengan menggunakan madu diduga lebih efektif karena kandungan madu yang memberikan efek sebagai antibakteri dan antiradang terhadap jerawat. 

Oleh karena itu madu selalu dimanfaatkan oleh banyak masyarakat untuk mengatasi serta mengobati jerawat.


Berikut beberapa manfaat madu dan sedikit penjelasan fungsinya:

Efek Antibakteri dari kandungan Madu

Selain Madu dikenal memiliki kandungan antibakteri untuk kulit, tapi ternyata tidak semua madu bisa untuk mengobati jerawat lo.

Berikut merupakan salah satu golongan madu yang di anggap mampu untuk membantu sembuhkan jerawat yaitu madu manuka yang berasal dari Selandia Baru. Sejak dulu, madu memang sudah banyak digunakan sebagai antibakteri dan juga antiperadangan.

Zat-zat yang terkandung di dalam madu dianggap mampu mengatasi infeksi yang di sebabkan oleh bakteri dan jamur.

Madu Dapat Mengecilkan Jerawat saat Meradang

Di dalam kandungan madu yang memiliki fungsi sebagai anti inflamatori yang dapat mengurangi peradangan pada jerawat dengan cara memberikan bantuan untuk mengurangi kemerahan pada jerawat yang sedang meradang.

Nah, setelah mengetahui beberapa manfaat yang ampuh dalam mengatasi jerawat,

tidak lengkap jika tidak ada penjelasan tentang bagaimana cara memakai dan mengaplikasikan madu itu sendiri ke jerawat yang sedang tumbuh.

Cara mengaplikasikan madu untuk mengobati jerawat adalah:

  1. Siapkan satu sendok makan madu dan tuangkan ke dalam piring bersih
  2. Sterilkan wajah dan tangan dengan cara mencuci keduanya terlebih dahulu
  3. Keringkan wajah menggunakan handuk bersih
  4. Aplikasikan madu ke seluruh wajah (usahakan menggunakan kuas masker)
  5. Setelah merata, tunggu sekitar 15-20 menit hingga madu mulai mengering yang di tandai dengan semakin kencangnya area wajah yang di lapisi madu
  6. Setelah masker madu mengering, basuh wajah menggunakan air dingin 
  7. Lalu segera keringkan lagi area wajah menggunakan handuk bersih agar wajah tidak lembab oleh air

#Catatan: Pengobatan jerawat menggunakan madu ini tidak bisa mendapatkan hasil secara instan, lakukan secara berulang sebanyak 3-4 kali dalam seminggu hingga peradangan pada jerawat mulai membaik.

Sangat di sarankan menggunakan madu murni. Karena madu yang sudah di proses sudah tidak mempunyai efek sebagai antibakteri lagi.

Karena dalam pemrosesan adanya penambahan air serta pemanasan dengan suhu tinggi sebelum di kemas oleh merk madu yang sudah terkenal.

Selain kita berbicara tentang kelebihan serta manfaat madu dalam mengobati jerawat ringan dan jerawat meradang,

perlu kalian ketahui juga bahwa madu hanya dapat mengatasi jerawat saja, namun tidak untuk bekas jerawat.

Pernahkah kalian mendengar bahwa madu dapat membuat kulit wajah yang ada bekas jerawat lalu kembali menjadi halus? Hal tersebut tidaklah benar.

Sama seperti yang sudah saya sampaikan di atas bahwa madu bisa membantu menyembuhkan jerawat yang sedang meradang, tapi madu tidak dapat menyembuhkan bekas jerawat.

Namun, dengan madu yang berperan dalam proses penyembuhan pada jerawat yang sedang meradang,

peran madu bekerja saat mengurangi kemerahan pada jerawat sehingga dapat meminimalisir adanya bekas seperti noda hitam akibat jerawat.

Madu bisa meminimalisir saat masih terjadinya proses peradangan jerawat, tapi saat sudah menjadi bekas, maka peran madu tidak lagi bisa membantu untuk membuatnya kembali seperti semula.

Oleh karena itu, sangatlah penting untuk memberikan penanganan yang tepat pada saat jerawat muncul agar jerawat tidak semakin parah apalagi sampai harus meninggalkan bekas yang itu pun sangat lama untuk proses pemulihannya jika di bandingkan dengan penyembuhan jerawat itu sendiri.