konsep pernikahan sederhana dan murah sesuai ide sendiri

konsep pernikahan sederhana-Pernikahan merupakan suatu rangkaian acara yang biasa di lakukan sepasang orang untuk mengakhiri statusnya sebagai lajang dan mulai membangun sebuah rumah tangga. Siapa sih yang tidak ingin melangsungkan sebuah resepsi pernikahan? Semua orang pasti sangat menunggu moment ini tiba. Meskipun untuk menuju ke arah itu tidak lah mudah, tapi percaya lah jika kita niatkan ini sebagai sebuah ibadah maka akan di permudah dan menghasilkan pernikahan yang indah, sakinah, mawwadah dan warrahmah. Meskipun cara untuk menunggu hal ini pun mungkin di tempuh dengan cara yang berbeda-beda.

RANCANG RESEPSI MUDAH DAN MURAH

Mungkin saja ada yang menantinya dengan memutuskan untuk tidak di awali dengan hubungan pacaran dan langsung menikah setelah pengenalan atau yang biasa di sebut dengan Ta’aruf, maupun yang memang di awali dengan menjalin hubungan dengan orang pilihan hatinya sebelumnya. Menikah dengan orang yang di cintai, dan mengantongi restu kedua orang tua yang pasti dan mewahnya resepsi saat mengikat janji suci bukankah hal ini merupakan impian dari setiap orang? Terutama bagi kaum wanita. Menjadi putri bak di negeri dongeng dalam semalam dengan pesta megah layaknya cerita di negeri dongeng mungkin menjadi doktrin tersendiri bagi para calon pengantin. Sehingga pada akhirnya pesta pernikahan mewah lah yang menjadi patokan serta tolak ukur kebahagiaan awal bahtera rumah tangga.

konsep pernikahan sederhana *sumber : pixabay.com

Padahal dengan memiliki konsep pemikiran seperti itu justru akan mempersulit dan memperumit proses untuk melangkah ke arah tersebut. Hal ini karena tentu saja di beratkan oleh berbagai hal yang salah satunya seperti mahalnya budget yang harus di keluarkan hanya dalam waktu satu hari. Belum lagi apabila calon pengantin wanita juga memberatkan mahar yang di minta kepada calon pengantin pria.

Keadaan seperti ini sudah jelas sangat keliru. Bukankah dalam ajaran agama jelas di ajarkan kepada kita semua tentang mahar pernikahan wahai wanita? Bukan kah sebaik-baiknya wanita adalah dia yang memudahkan bagi seorang lelaki untuk menikahi nya dengan cara memurahkan maharnya? Lalu kenapa itu semua masih terjadi? Memang benar, semua orang pasti mengharapkan sebuah pernikahan hanya terjadi satu kali dalam seumur hidup. Dan dengan dalih itu tentunya membuat semua orang menginginkan sebuah pesta pernikahan dengan konsep yang megah dan berkesan.

Wah nggak kebayang berapa biaya yang harus di siapkan dan di keluarkan untuk itu kan? Takut uang nggak kekumpul dan harus menunda pernikahan lebih lama lagi? Pengen sih ngadain pernikahan dengan low budget, tapi takut nih kalau pesta pernikahan yang terjadi sekali seumur hidup jadi biasa-biasa saja. Nah kira-kira gimana dong caranya susun konsep pernikahan dengan sistem low budget tapi konsep pestanya bisa tetap meriah dan terlihat berkesan? Jangan khawatir… karena di sini punya solusi yang  tepat nih buat anda yang sedang di hadapkan masalah seperti itu hehe

Di artikel ini anda bisa dapatkan cara serta tips merancang  pesta pernikahan yang  sederhana, mudah dan tentunya murah biaya yang penting sah nggak perlu mewah nan megah.

Penasaran kira-kira seperti apa caranya? Jangan keburu-buru skip dan scroll ya…

Sebenernya nikah itu mudah, nikah itu murah, yang bikin mahal cuma gengsi anda saja. Apa saja sih yang sebenernya di butuhin dan harus di siapkan untuk sebuah pernikahan dengan biaya minim? Ini dia list yang harus anda siapkan untuk konsep pernikahan yang sebenarnya perlu anda ketahui.

1. Rencanakan konsep pernikahan dari jauh-jauh hari. Wajib di ketahui nih buat anda yang akan memutuskan menikah namun dengan dana pernikahan terbatas, sebaiknya segeralah untuk memikirkan konsep pernikahan sederhana yang anda mau dengan perhitungan yang matang agar tidak menghabiskan banyak biaya. Buat daftar review serta beberapa ide. Manfaatkan diskon serta penawaran terbaik seperti untuk sewa baju pengantin dan hantaran serta katering agar tidak menambah stres saat akan mendekati hari pernikahan.

2. Atur dan design undangan sendiri. Dengan banyaknya fitur yang lengkap di playstore serta keahlian dalam mendesign bisa nih anda manfaatkan untuk design undangan pernikahan sendiri. Atau jika anda merasa kurang yakin dengan hasil akhir yang akan di peroleh, boleh juga nih meminta bantuan teman untuk sekedar menyumbang ide design undangan. Kemudian cetak kartu undangan dengan sederhana dari pada anda harus “menghambur-hamburkan uang”.

3. Manfaatkan tempat yang ada. Untuk anda yang akan menikah dengan budget minimalis, sebaiknya lebih kerahkan ide-ide kreatif anda untuk bisa memanfaatkan lahan dan tempat yang ada daripada harus sewa tempat. Kubur dalam-dalam angan untuk merayakan pesta pernikahan di gedung megah, karena itu justru akan sangat menguras dompet anda. Sebaiknya gunakan ide sekaligus banyak referensi untuk menyulap halaman rumah misalnya menjadi sebuah tempat pernikahan dengan konsep yang berkesan. Gunakan juga beberapa dekorasi bunga secara minimalis untuk menambah kesan elegant pada pesta pernikahan anda.

4. Batasi jumlah tamu yang akan anda undang. Membagikan kabar seputar hari bahagia memang sangat mengasyikan, namun jika anda fikirkan lebih baik justru dengan anda mengundang lebih banyak tamu juga akan menambah budget yang akan anda keluarkan pula. Cukup undang para kerabat atau saudara dan beberapa teman baik. Bila perlu, minta bantuan pada mereka (teman/kerabat) untuk membantu memeriahkan acara seperti menjadi MC, menawarkan untuk menyumbang lagu dan memainkan alat musik pada saat resepsi pernikahan dari pada anda hanya mengandalkan kado dari mereka. Dengan begitu anda tidak perlu lagi repot mencari orang lagi untuk itu.

5. Jika anda salah satu orang yang menginginkan sebuah acara pernikahan yang terkonsep dengan baik, namun tidak ada lagi budget yang akan di gunakan untuk meminta bantuan team wedding organizer (WO), di sini anda bisa memanfaatkan beberapa dari kerabat maupun saudara untuk berpartisipasi di dalam pernikahan anda. Dengan meminta bantuan untuk bagian souvenir, memantau katering, sebagai penerima tamu dan mengarahkan serta mempersilahkan para tamu undangan.

Nah, sekarang anda sudah tahu bagaimana cara mengadakan resepsi pernikahan yang berkesan tanpa harus mengeluarkan banyak biaya?

Memang ada baiknya menjadi bijaksana dalam urusan menggunakan budget pernikahan, agar biaya yang di keluarkan pada saat acara pernikahan tidak membengkak dan biaya lain masih bisa anda gunakan untuk kebutuhan lain di kehidupan setelah pernikahan yang masih panjang.

Semoga bermanfaat

 

Leave a Comment