Resep Donat Praktis, Tanpa Mixer dan Tanpa Ngulen. Hasilnya Super Lembuutt…

Ada yg pengen bikin donat / roti, tapi belum punya mixer & males ngulen??
Hhmmm.. ada solusinya nih temen-temen..

Resep donat yg aku bikin ini bener2 recommended dehh..
Ini menggunakan metode autolisis ya, jadi adonan utamanya diistirahatkan minimal 6 jam, lalu tambahin ragi & bahan2 lain, cuma perlu diadon sampai rata tanpa mixer & ngga perlu diuleni..

Tapi hasilnya ngga abal-abal lo, bener-bener lembuuuuttt banget.. Ngga kalah sama yang pake mixer ituu..

RESEP DONAT TANPA MIXER, TANPA ULEN
By Dapur si Bobon

Bahan A :

  • 500 gram tepung terigu protein tinggi
  • 3 butir kuning telur
  • 100 gram gula pasir
  • 250 ml air

Bahan B :

  • 30 gram susu bubuk
  • 1 sdm ragi instan + 2 sdm air (aduk rata sampai jadi pasta)

Bahan C : 50 gram mentega/butter


Cara Buat :

  1. Campur semua bahan A, aduk asal rata saja
  2. Diamkan sambil di tutup 6-10 jam
  3. Tambahkan bahan B, aduk asal rata
  4. Tambahkan bahan C, aduk rata tidak perlu diuleni, yg penting bahan udah tercampur
  5. Bagi adonan kecil2 (boleh ditimbang), bulat2kan sampai permukaannya mulus
  6. Diamkan minimal 30 menit sampai mengembang 2x lipat
  7. Lobangi tengah adonan dengan spuit/tutup botol
  8. Goreng donat, cukup 1 kali balik supaya tidak menyerap minyak
  9. Sajikan dengan topping kesukaan

Tips:
1. Gunakan ragi yg sachet’n supaya terjamin aktifnya
2. Supaya ga kerasa nungguin 6 jam lebih, bikin adonan pas malam sebelum tidur, pagi tinggal lanjutin aja..

Sumber