RESEP TONGSENG SAPI GORENG. Enaknya Bikin Langsung Lupa Sama Diet 😂

Temen-temen ada yang suka tongseng? Saya lebih suka tongseng goreng di banding yang berkuah, bumbunya lebih meresap.. Dulu pertama makan tongseng goreng di warung tongseng samping mal ambassasor deket kos-kosan temen kantor, gak tau deh sekarang masih ada apa engga, pertama coba langsung suka.. trus praktekin di rumah, inget-inget rasanya kayak gimana, coba bikin yang rasanya lebih pas di lidah.. ada pedesnya, gurih dan ada manis-manisnya dikit.. , di makan pake nasi anget tambah krupuk udah deh.. lupain diet 😂

TONGSENG SAPI GORENG
by: @aras_galeri

Bahan:

  • 500gr daging sapi
  • Kol secukupnya
  • 10 cabe rawit merah
  • 2 tomat hijau
  • 4 lbr daun jeruk
  • 2 lbr daun salam
  • 1 batang sereh
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdt lada bubuk
  • 1 sdm bawang goreng
  • 1 batang daun bawang
  • Garam & kaldu bubuk


Bumbu halus:

  • 12 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 5 cabe merah kriting
  • Seruas jahe
  • Sedikit saja kunyit

Caranya:

1. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan daun salam, daun jeruk dan sereh, setelah harum masukkan potongan daging sapi, aduk sampai bumbu rata lalu tambah air matang sekitar dua gelas

2. Setelah kuah mendidih, bumbui kecap & lada bubuk, setelah daging 1/2 matang masukkan cabe rawit utuh, lalu masak lagi dengan api kecil sampai daging empuk dan kuah menyusut, jika kuah habis tapi daging masih keras, bisa tambah air lagi, jangan lupa bumbui garam dan kaldu bubuk

3. Setelah daging empuk, masukkan potongan tomat hijau & potongan kol, masak sebentar saja sampai kol 1/2 matang biar lebih enak tekstur kol masih crunchy, trakhir tambah irisan daun bawang, taburi bawang merah goreng

Note: Bisa pakai cara lain yah, daging sapi bisa di rebus dulu pakai air biasa + garam sampai empuk, nanti dagingnya tinggal di tumis bareng bumbu

Semoga bermanfaat ya

Sumber