Siapa Sangka, Ternyata Bikin Keripik Tempe Sagu Ini Sangat Mudah dan Menyenangkan 😍😋

Dulu sempat haran sama keripik yang satu ini. Bentuknya mirip tempe, tapi kok rasanya agak beda ya. Terus kalau tempe diiris tipos-tipis dan digoreng, rasanya juga nggak seperti ini. Ternyata oh ternyata memang bedaaa 😂.

Tapi nggak beda-beda banget sih, karena bahan bakunya juga asalnya dari tempe, tapi diberi tambahan tepung sagu. Iya cuman itu aja Bahan tempe diberi tambahan tepung sagu dan sedikit bumbu! Simple banget kan? Saya yakin bunda dirumah juga bisa bikin sendiri. hasilnya bisa lebih enak dan sehat dibanding beli karena kita bisa menggunakan minyak yang masih baru.

Keripik Tempe Sagu by Dhiah Oddhie

Bahan-bahan:

  • 500 gr bakal tempe (kedelai yg sdh di campur ragi, tai belum jadi tempe)
  • 400 gr tepung sagu/ tapioka Plastik untuk membungkus
  • Bumbu celup : Bumbu racik tempe instan (beri air secukupnya)


Cara Membuat:

1. Ini contoh bahan tempenya.. kedelai yg sdh di campur ragi dan di kemas dlm plastik.

2. Campur bakal tempe dng tepung sagu, aduk2 dng spatula sampai rata (jangan sampai terkena tangan dan air).

3. Masukkan ke dalam plastik panjang, padat2kan dan ikat rapat bagian ujungnya. Dan jangan lupa tusuk2 plastiknya dng tusuk gigi supaya tidak terjadi pembusukan saat fermentasi.


4. Setelah itu.. gantung dan angin2kan selama 32 jam (jam 9 pagi td sdh bs aku olah), dng tanda.. perhatikan bekas tusukan, jika berwarna bintik2 hitam, tempe sdh bs di olah.

5. Iris tempe tipis2 kemudian celupkan pd bumbu.. dan langsung goreng dng api kecil sampai garing atau kuning keemasan. (Jangan merendam tempe pd bumbu, cukup di celupkan saja.. krn tepung sagu mudah hancur jika terkena air).

Siap di sajikan.

Sumber