Ternyata Ini Kunci Membuat Masakan Ayam Madu Yang Enak, Tidak Amis dan Tidak Keras 👌👍

Ternyata bikin masakan Ayam Madu itu nggak boleh sembarangan pake madunya ya mom. Kuncinya itu pakai madu yang berkualitas ya… aku pakai madu randu, madunya enak gak amis. Jadi pas rasanya buat masakan. Boleh pakai madu lain juga, yang penting madu murni, jangan yang udah ditambah vitamin dll.

Resep Ayam Madu
By @bunda_didi

Bahan :

  • 350 fillet ayam..aku pakai paha, potong kecil2 tipis rendam dalam bumbu :
  • 1 sdk teh saus tiram
  • 1/2 sdk teh merica
  • 1 sdk teh kaldu ayam
  • 50 ml air
  • 100 gram terigu
  • 100 gram potato starch ( jk gak ada ganti maizena )..
  • 1/2 sdk teh kaldu bubuk ayam

Cara Membuat:

  1. Aduk rata , ayak ..tidak perlu bumbu merica dll krn ayam sudah di marinasi dan nanti akan di balut saus berbumbu
  2. Panaskan minyak,
  3. Gulingkan ayam ke lapisan tepung..cubit2 hingga merata
  4. Goreng hingga agak kering
    (Jadi tepung potato starch fungsinya agar lapisan ayam renyah..tapi tidak lembek ketika di balut saus )


Bahan saus :

  • 1 bawang bombai, iris, 10 cb rawit
  • 1/2 paprika.. potong kotak
  • 2 bawang putih geprek
  • 2 sdk mkn saus tiram
  • 2 sdk mkn saus tomat
  • 1 sdk teh merica hitam ..tumbuk kasar
  • 2 – 3 sdk mkn madu ( sesuai selera manisnya )

Cara membuat :

  1. Tumis duo bawang
  2. Masukkan paprika dan cabe
  3. Masukkan semua saus
  4. Tambahkan 100 ml air
  5. Cek rasa,jika perlu tambah garam..aku gak pakai karena saus tiram sudah asin
  6. Jika sudah pas rasanya..ada manis gurih sedep.. tambahkan larutan maizena ( 1 sdk mkn maizena dan sedikit air )
  7. Jika sudah mengental..masukkan ayam
  8. Aduk cepat
  9. Segera sajikan agar rasa ayam tetap renyah kres

Note :
Jadi rasa ayam dan lapisan tepungnya rasanya dibuat soft aja ya teman2.. karena akan dibalut saus berbumbu. Kalau di resto cabe rawit diiris-iris..dan pakai rawit ijo ya. Sensasi rasanya itu enak banget pas makan ayam, terus ketemu cabe rawit ijonya. Jadi sedep gurih manis pedes gitu…

Sumber