Tips memilih parfum untuk remaja

Bau badan memang bisa saja membuat pribadi yang mengalaminya merasa minder dan risih. Begitu juga dengan orang-orang yang berada di sekitar pastinya akan merasa sangat terganggu oleh bau badan yang di timbulkan oleh seseorang tersebut. Sebenarnya, setiap orang memiliki bau badan dengan ciri khasnya masing-masing. Namun ada juga dari sebagian orang yang memiliki bau badan yang begitu menyengat sehingga menimbulkan suatu permasalahan baru yang wajib untuk di atasi.

Aroma tidak sedap pada badan seseorang sering kali di kait-kaitkan dengan faktor keringat.

Hal ini di karenakan di setiap tubuh manusia pasti memiliki kelenjar keringat di bawah lapisan kulit, yang apabila produktifitas keringat melebihi batas wajar bahkan saking banyaknya volume keringat yang di produksi mengakibatkan baju atau kemeja yang sedang dikenakan menjadi basah atau yang biasa di sebut dengan “Burket” seperti yang di alami kebanyakan remaja pasti bisa menyebabkan mereka minder dan turun rasa percaya diri saat melakukan aktivitas.

*sumber : pixabay.com

Namun hal ini tidak lantas yang mengakibatkan bau badan menjadi tidak sedap. Tapi apakah kalian tahu apa yang sebenarnya menjadi penyebab timbulnya aroma tidak sedap pada tubuh setiap orang? Jadi menurut penjelasan secara ilmiah nya, bahwa sel kulit kita juga mengalami pernafasan yang di lakukan melalui pori-pori kulit. Dan menurut faktanya, bau badan yang di miliki oleh seseorang tersebut di mulai ketika adanya bakteri yang berkembang di dalam pori-pori kulit sehingga mengubah kandungan keringat yang tadinya hanya berupa cairan bening tidak berbau menjadi asam. Sehingga hal ini lah yang menyebabkan timbulnya aroma tidak sedap pada tubuh.

Dan ternyata ada faktor eksternal lain loh yang bisa menyebabkan seseorang memiliki bau badan tidak sedap. Remaja wajib tahu niih!

1. Faktor pertama yang menyebabkan seseorang memiliki bau badan adalah orang gemuk. Pasti sudah menjadi hal umum untuk faktor yang satu ini. Dan ini di sebabkan karena pada tubuh orang gemuk pasti memiliki lipatan tubuh tersembunyi dan pastinya di sana memiliki suhu hangat yang lebih sehingga menyebabkan bakteri berkembang lebih cepat di dalamnya. Selain itu karena orang gemuk memiliki ruang gerak yang terbatas, sehingga keringat yang di produksi  tidak maksimal di keluarkan dan akhirnya mengalami penumpukan di dalam pori-pori yang kemudian bercampur dengan bakteri di dalam suhu hangat yang tertahan sehingga saat keluar menimbulkan bau yang tidak sedap.

2. Faktor kedua ini salah satu hal yang mungkin kerap di lakukan oleh sebagian orang, namun tanpa di sadari dampaknya bisa jadi seperti ini lo. Yaitu faktor yang di sebabkan karena  diet tidak berimbang. Saat kita melakukan diet, pasti kita akan membatasi makanan dan mengubah pola makan kita bukan? Tapi awas, jika cara diet kalian tidak memperhatikan kandungan dan kebutuhuan tubuh. Bisa jadi dengan kita membatasi makanan justru sistem tubuh akan terganggu karena kebutuhuan metabolisme nya yang tidak terpenuhi. Salah satunya seperti kekurangan kandungan zinc dan magnesium. Untuk kalian yang mungkin sedang diet, perlu tau nih ternyata terlalu banyak mengonsumsi daging dan sayur juga bisa akibatkan timbulnya bau badan loh dan ada beberapa jenis makanan lain yang bisa mengakibatkan hal yang sama seperti:
 Makanan Pedas dan Bersantan
 Bawang Merah dan Bawang Putih
 Ikan
 Telur
 Hati Ampela
 Kacang-kacangan

3. Faktor terakhir adalah deterjen. Tentu faktor ini sebelumnya tidak pernah terlintas di benak orang, karena memang sekilas seperti tidak ada kaitannya. Namun ternyata deterjen juga menjadi faktor pemicu timbulnya bau badan. Hal ini di sebabnya oleh adanya bahan kimia yang di miliki atau terkandung di dalam deterjen dan menimbulkan reaksi pada tubuh yang apabila kita tidak mencuci atau membilasnya dengan benar. Hal ini di akibatkan karena molekul kimia pada deterjen menumpuk pada serat kain dan mengalami kelembapan hingga akhirnya menimbulkan bau apek.

Nah pastinya untuk kalian terutama remaja enggak mau dong punya bau badan yang tidak sedap atau bau pakaian yang apek? Minder dong? Takut di ceng-cengin temen pas kumpul? Pengen pake deodorant tapi malah bikin warna ketiak hitam? Galau parah nih anak muda milenial pasti hehe… Kalian wajib tahu nih guys, ternyata semakin banyak jenis dan aroma parfum justru bikin bingung juga ya? Pas banget nih karena kali ini kita akan bahas bagaimana cara memilih parfum yang tepat untuk kaum remaja yeey…

Remaja pastinya sangat identik dengan kesegaran dan kesenangan. Karena di sini lah fase di mana orang mulai mengetahui perihal maupun persoalan kehidupan, dan fase di mana hidup belum di penuhi beban. Intinya masih bisa ketawa yang tulus, ketawa yang benar-benar ketawa dan nggak mengada-ada. Dan rata-rata orang kan biasanya pilih aroma parfum tergantung dari kepribadian maupun mood, dan berhubung mood remaja yang tergolong masih fresh, sangat di sarankan kepada remaja putri untuk menjatuhkan pilihannya ke aroma parfum yang memiliki wangi lebih cenderung fresh seperti wangi fruity atau citrus, sweet seperti wangi vanilla maupun soft seperti wangi rosemary. Justru jangan gunakan parfum dengan aroma yang kuat saat berada di sekolah atau kampus. Karena dari aroma parfum yang terlalu kuat seperti aroma yang terlalu manis, justru akan mempengaruhi sistem konsentrasi siswa. Oleh sebab itu gunakan parfum dengan aroma se kalem mungkin.

Lalu bagaimana untuk remaja pria? Apakah harus memilih parfum dengan aroma yang sama? Tentu saja tidak dong… Jangan sedih, ada tips juga kok untuk remaja pria kira-kira lebih cocok untuk menggunakan parfum yang seperti apa hehe. Nah untuk para remaja pria, yang justru cenderung sporty dan cool ini sangat di sarankan menggunakan parfum dengan aroma yang fresh namun cenderung casual.

Selain memberikan kesegaran, biasanya aroma parfum yang di gunakan oleh pria lebih memberikan kesan seksi. Dan untuk remaja pria yang biasanya memiliki ruang gerak lebih banyak bila di bandingkan dengan remaja putri, lebih baik gunakan parfum yang memiliki ketahanan wangi lebih lama dan konsentrasi aroma yang tidak berubah.

#tips lain untuk mengetahui ketahanan aroma dari parfum adalah dengan menyemprotkannya ke bagian belakang telinga maupun pergelangan tangan.

Kenapa? Karena pada bagian itu memiliki kehangatan yang lebih ketimbang bagian lain, sehingga bisa menguji ketahanan lama atau tidaknya aroma parfum dengan jauh lebih baik. Semoga bermanfaat

Leave a Comment