Tips menghemat air PDAM agar tagihan tidak boros

Tagihan air PDAM kamu boros berikut ini cara alternatif yang bisa kamu coba untuk menghemat air PDAM. walaupun ditempat saya dekat dengan sungai dan air sungai yang melimpah serta masih jernih tapi bnyak juga dari warga yang memasang PDAM di rumah mereka.
nah terkadang tagihan PDAM mereka membengkak dari bisanya. berikut ini ada beberapa tips dari kami yang bisa kamu gunakan untuk menghemat taihan dari air PDAM
gambar Tips menghemat air PDAM agar tagihan tidak boros
  1. Pertama atur pengunaaan air PDAM dirumah agar kamu tahu kebutuhan setiap harinya misalnya untuk mandi saja berpa orang yang ada dalam satu rumah tentu akan mempengaruhi seberapa banyak jumlah air yang digunakan.
  2. Jangan punya kebiasaan berlama2 didalam kamar madi karena itu secar tidak sadar kita akan menghabiskan banyak air.
  3. Pengunaan gayung di kamar mandi akan membuat kita lebih hemat terhadap pengunaan air dari pada mengunakan shower yang terus mnerus mengalir airnya.
  4. Kemudian dalam hal penggunaan untuk mencuci piring, mengunakan air yag selalu mengalir untuk membilas piring yang kotor memang hasilnya akan lebih terhindar dari banteri karena air yang di gunakan selalu baru karena selalu mengalir terus.
  5. Akan tetapi dengan metode mencuci seperti ini maka air yang digunakan untuk mencuci piring akan semakn banyak, tidak usah khawatir saat emmbilas cuci yang kotor dengan iar yang mengenang karna kita sudah mengunakan banyak produk sabun cuci piring yang anti akan bakteri dan mebunuh bakteri walaupun kita mengunakan air yang mengenang seperti orang yang jualan di pinggir jalan merka hanya mengunakan 2 ember saja satu untuk mencuci dan satu lagi untuk membilas.
  6. Nah jika kamu gunakan air untuk mencuci maka tunggu bayak dulu baju yang kotor baru kamu lakukan cuci baju, jangan sedikit2 cuci abju, hal ini justru akan menjadi pemborosan air. jadi cucilah baju ketika baju kotor sudah agak banyak, atau bisa kita jadwalkan seminggu 1 kali saja.
  7. Jika kamu gunakan air untuk mencuci kendaraan yang kotor maka sebaiknya gunakan juga dilahan yang bisa menjadi atau sisa bekas pencucian kendaraan bisa digunakan untuk menyirami tanaman. akan lebih baik lagi jika kita mencuci kendaraan engunakan ember atau jika pakai selang sebaiknya mengunakan selang press washer yang bisa digunakan di tempat pencucina mobil da sepeda motor.
  8. Jika kamu memiliki bebrpa tanaman dan biasanya kalinan mengunakan air PDAM untuk menyiraminya maka stop sekarang juga, gunakan saja air bekas mencuci baju dan air bekas mencuci piring, percaya atau tidak boleh di buktikan menyiram tanaman dengan air tersebut tanaman malah akan menadi lebih subur dan berbuah besar2, mungkin kandungan yang ada di deterjen bisa kita gunakan sebagai pupuk. jika memang terpaksa karena jumlah tanaman yang banyak maka saran kami adalah lakukan penyirama di pagi dan sore hari saj agar tidak banyak air yang menguap dan terbuang sia2. nah klo musim hujan ya jangan siram pakai air  PDAM biarkan saja disiram secara alami dengan air hujan karena air hujan banyak kandungan nitrogen dari langit untuk keseburan tanaman.
  9. Nah tips berikutnya adalah matikan semua kran PDAM jika sudah dimatikan semua dan meteran masih terus berjalan dan bertambah maka sudah bisa dipastikan ada kebocoran di pipa PDAM kamu, segera lakuan pengecekan dan segera ganti dengan paralon atau pipa yang baru. jika ini tidak segera diperbaikin dalam waktu yang cukup lama maka bayangkan saja berpa rupiah ongkos yang akan terbuang sia2 untuk membayar air yang tidak terpakai tadi.
  10. Nah ada baiknya kamu selalu mencatat meteran pengukur air PDAM sudah sesuai dengan biaya yang dikeluarkan belum, jangan2 hanya mengunakan sedikit saja tapi bisaya untuk membayar tagihannya membengkak, maka dari itu pastikan sudah tidak ada kebocoran dan tidak ada kesalahan dari PDAMnya.
Nah itulah bebrapa tips yang bisa kamu terapkan untuk emnghemat air PDAM dirumah kalian masing masing guys. ini juga akan membantu amu dalam menghemat air bersih yang ada di bumi mulai dari diri kita sendiri.

Leave a Comment