Tips menjadi vegetarian bagi seorang pemula untuk hidup lebih sehat

Tips Mudah Menjadi Seorang Vegetarian

Saat ini masyarakat memang sedang di manjakan oleh berbagai hal untuk membantu memenuhi keperluan sehari-hari terutama untuk kebutuhan pangan.

Bagaimana tidak? Banyak nya penjual yang menjajakan dagangan mereka mulai dari makanan ringan, junk food, fast food hingga minuman minuman yang kebanyakan sedang menjadi trending di kalangan remaja.

Tidak heran apabila banyak sekali muda mudi jaman sekarang justru cenderung tidak memikirkan pola hidup yang mereka jalani.

Tanpa mereka sadari, dalam sehari mereka bisa saja mengkonsumsi hampir dua kali lipat makanan berkalori sehingga melebihi batas kalori maksimal yang mereka butuhkan per hari nya.

Masalahnya, gaya hidup yang seperti itu kerap tidak di imbangi dengan olahraga yang cukup di setiap minggunya. Ada saja alasan yang mereka anggap benar untuk menghindari olahraga, entah alasan tidak ada waktu karena terlalu sibuk, mengeluh pegal-pegal setelah olahraga dan masih banyak lagi.

Sehingga banyak sekali remaja masa kini yang mengalami overweight atau bahkan obesitas di usia yang masih muda. Obesitas atau kelebihan berat badan ini lah yang sebenarnya menjadi pemicu utama adanya berbagai macam penyakit yang bersarang di dalam tubuh manusia.

Nah untuk menghindari hal tersebut, tentu saja ada tips dan cara yang bisa kita lakukan yaitu dengan menjalankan gaya hidup sehat dan mengontrol makanan yang akan kita makan atau menjadi seorang vegetarian.

Apa itu vegetarian?

Penjelasan singkat dari vegetarian sendiri merupakan sebutan bagi orang-orang yang hanya mengkonsumsi tumbuh-tumbuhan seperti sayuran, buah-buahan serta biji-bijian.

Dan apabila kita memutuskan untuk menjadi seorang vegetarian maka yang artinya kita harus siap mengambil keputusan untuk menjalankan gaya hidup yang lebih sehat.

Sebagai seorang vegetarian, jelas kita sangat tidak di sarankan untuk mengkonsumsi makanan apapun yang mengandung bahan dasar hewani seperti daging, ayam, ikan dan lain-lain.

Apakah itu sulit? Tentu saja tidak jika kita mampu berkomitmen dengan diri kita sendiri. Asalkan kita tidak mudah putus asa dan menyerah semua pasti akan terlewati dengan rasa ringan.

Tapi perlu kita tahu, bahwa untuk memulai menerapkan pola hidup sehat tentu saja memerlukan sebuah proses. Kita harus merubah pola makan harian kita, pola tidur dan aktivitas kita.

Dari yang biasanya memakan apapun yang tidak sehat berubah menjadi mengkonsumsi makanan sehat, yang biasanya jam tidur tidak teratur harus mulai membiasakan tidur yang cukup serta menambahkan jadwal untuk berolahraga di setiap hari atau setiap minggunya.

Tips menjadi seorang vegetarian

Dan berikut ini ada beberapa tips sederhana bagi kita vegetarian pemula :

1. Mencari informasi seputar vegetarian.


Menjadi seorang vegetarian pemula tentu saja masih awam tentang apa saja yang harus kita lakukan bukan? Karena menjadi seorang vegetarian tentu saja tidak semudah seperti apa yang terlintas di dalam fikiran kita.

Apalagi jika sebelumnya kita sudah terbiasa dengan mengkonsumsi daging dan seafood, tentu saja godaan semacam itu menjadi tantangan terberat kita sebagai vegetarian pemula.

Tips pertama menjadi seorang vegetarian adalah dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang manfaat serta gaya hidup seorang vegetarian. Cari juga panduan untuk makanan ala para kaum vegetarian agar kita bisa menyesuaikan dan tidak kaget jika harus langsung menjalani pola makan ala vegetarian.

2. Berkomitmen dengan diri sendiri


Memiliki komitmen menjadi hal sangat penting ketika kita memutuskan untuk menjalani gaya hidup sehat. Karena itu kita akan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan kita yang sudah menjadi habbit tidak sehat dan di ganti menjadi pola yang lebih sehat.

Hal pertama yang harus kita lakukan saat berkomitmen dengan diri sendiri adalah dengan mengetahui alasan terkuat kita saat memutuskan menjadi seorang vegetarian.

Apakah hanya ikut-ikut tren? Atau hanya mengkiblat kepada gaya hidup idola? Atau benar-benar ingin menjaga berat badan dan ingin menjaga kesehatan?

Pasalnya jika kita tidak tahu alasan terkuat, tidak jarang ada banyak orang yang menyerah begitu saja hanya dengan hitungan hari.

3. Mulai cari dan ikut ke dalam komunitas vegan


Menjalani kehidupan baru sebagai seorang vegetarian memang terasa cukup sulit. Apalagi jika kita menjalankan seorang diri di antara orang-orang yang mungkin belum memiliki kebiasaan yang sama seperti kita.

Namun jika kita sudah menemukan orang atau bahkan komunitas vegan, rangkul lah dan wajib gabung !! Selain kita merasa memiliki teman seperjuangan, kita juga bisa saling bertukar motivasi. Dan dengan begitu akan lebih mengasyikan bukan jika kita melakukan hal positif bersama-sama dengan sahabat.

4. Susun vegan meal plan


Untuk memulai menjadi seorang “pemakan tumbuh-tumbuhan” pasti ada saja rasa rindu untuk merasakan kembali rasanya cumi asam manis, bebek goreng atau sate ayam. Kita tidak perlu menutup mata agar tidak tergiur dengan menu tersebut, kalian bisa tetap menikmati makanan tiruan nya yang biasanya di sediakan oleh depot khusus untuk para vegetarian.

Tapi ingat, kita tidak boleh terus menerus mengkonsumsi makanan tiruan tersebut apabila tidak ingin usaha kita menjadi vegan stagnan disitu saja. Jika hanya untuk mengobati rasa rindu, boleh lah sesekali. Kita juga perlu susun meal plan sebagaimana seorang vegetarian ya.

Seperti menentukan atau menjadwal jam makan kita beserta dengan menu vegan yang akan kita santap. Tentu saja tanpa bahan hewani ya.

5. Memasak menu vegan sendiri


Menjadi seorang vegan, meluangkan waktu untuk memasak makanan sendiri sudah menjadi kewajiban utama yang masih sering terlupakan atau bahkan sering kali di abaikan.

Selain jika kita membeli menu makanan di luar belum tentu cocok dengan menu vegan kita, karena kebanyakan menu di luaran masih sering menggunakan kaldu yang mengandung bahan bahan hewani.

Dengan memasak makanan sendiri juga bisa membuat kita menjadi lebih kreatif untuk memasak menu-menu makanan vegan yang akan kita konsumsi sehari-hari.

Tidak melulu soal daging yang bisa menjadi menu enak, sayur-sayuran juga bisa kita olah menjadi makanan yang enak lo…

Memang menu vegan yang begitu-begitu saja akan membuat kita mudah bosan dan menyerah, jadi dengan mengolahnya sendiri kalian tidak melulu harus mengkukus sayuran. Sesekali kalian bisa kreasikan sayuran dengan menumisnya atau di bakar seperti shaokao (sate ala cina).

6. Jaga keseimbangan vitamin dan nutrisi


Dengan menjadi seorang vegetarian jangan sampai kita kehilangan asupan vitamin dan nutrisi yang biasa kita peroleh saat kita mengkonsumsi ikan, ayam daging dan juga telur. Jangan khawatir, saat asupan serat sudah terpenuhi dari buah dan sayur, kita juga bisa mendapatkan asupan protein saat kita mengkonsumsi kacang-kacangan seperti salah satunya kacang kedelai.

Sementara itu, kita juga bisa dapatkan asupan vitamin yang tidak ada di dalam makanan seperti vitamin B12 dari suplemen tambahan.

Namun setelah kita mencukupi segala kebutuhan serat protein dan vitamin tubuh, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan mineral dalam tubuh.

Karena tubuh kita harus seimbang, maka pastikan meminum air putih dengan cukup setiap hari nya agar kulit tidak kering dan tetap fresh.

untuk dibaca juga : Vegetarian terhindar dari virus corona

7. Berikan reward untuk diri sendiri


Tips terakhir agar kita tetap semangat untuk berjuang menjadi seorang vegetarian, sesekali kita boleh menghadiahi diri kita sendiri lo.

Dengan cara kita membuat goals di awal untuk menjalani kehidupan menjadi seorang vegan selama sebulan.

Apabila tantangan itu berhasil di lakukan kita berhak mewujudkan apa yang kita inginkan seperti berlibur ke suatu tempat favorit yang sudah kita inginkan, atau sekedar membeli suatu barang yang sudah lama kita inginkan.

Dengan begitu semangat dan motivasi kita akan terpacu untuk tetap konsisten dalam menjalani hari-hari sebagai seorang vegan.

Semoga bermanfaat~

Baca juga : ciri ciri orang vegetarian

Leave a Comment