Tips menjaga baterai smartphone agar tetap awet

Jika kalian sedang membeli hape baru pastinya kondisi batrainya sangat awet, akan tetapi setelah bebrapa kali di pakai dan dilakukan pengecasan baterai hape mulai drop dan pensel kita mejadi sekarat dan kit aakhirnya tidak bisa terhubung dengan siapapun. hal ini bisa diatasii dengan memabawa cas hape atau membawa powerbank, akan tetapi kebanyakan orang tidak akan sempat mebawa keduanya.

Nah berikut ini ada beberapa tips yang bisa kalian terapkan supaya baterai ponsel kalian selalu awet.

Lakukan pengisian batrai hape dalam kondisi yang ideal, smakain lama umur smartphone ekalian maka akan semakin buruk kualitas batrainya, batrai android biasanya lithium-ion yang sangat ringan dan memilikidaya tahan yang bagus bisa bertahan lama, batrai ini akanbisa bertahan sampai 500 kali pengisian baterai, lama sekali ya, tapi jika dalam sehari kita mengisi ulang batrai sebanyak 2-3 kali dikalikan setahun atau 365 hari maka batrai posel kita tidak ada berumur satu tahun dan harus ganti baterai atau ganti hp.

Jika terus menerus dipaksakan maka kualitas baterai akan menurun, ada sebagian orang yang yang menyerankan untuk mengisi batrai jika isi baterainya sudah habis sampai 0 % barulah kita melakukan pengisian baterai. ada juga yang menyarankan agar tidak mengisi baterai semalaman sampai penuh 100% karena itu akan merusak kualitas baterai.

Ide yang paling bagus adalah tetap menjaga kondisi batrai terisi antara 40 % samapai 80%. untuk menghemat pemakaian batrai maka turunkan kecerah layar hp, lalu buat dalam mode hemat daya, dan jangan terlalu sering menggunakan aplikasi yang banyak menggunakan daya hp. seperti menonton video dan sebagainya.

Jangan mengisi batrai dengan meninggalkannya tidur sehingga batrai akan terisi terus walupun sudah 100 %. selalu jaga prosentase hp antara 40% sampai 80% hal ini akan membuat baterai hp kita tetap awet.

Leave a Comment