Tips Merebus Telur. Terlihat Sepele, Ternyata Ini Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan

Tips ini saya dapetin dari mbak Thia Lovelychef by ThieDQ, yang kebetulan saat ngintip resepnya gudeg ada di situ. Langsung eksekusi aja, yang biasanya saya ngrebus telur sampai hampir 30menit itu salah, cukup 10menit saja ternyata telornya dah mateng 😁. Lebih ngirit gas 😂 berarti. Selama ini pemborosan ya.. maafkan suamiiku, ada gas mubazir didapur 🙏

Tips Merebus Telur
By: Feni Waditya Sari

Bahan-bahan:

  • Telur
  • 1 sdt garam / 1sdm cuka
  • Secukupnya air


Langkah-langkah:

1. Rebus air sampai mendidih (kira² telur tenggelam) lalu masukkan telur dan taburi garam. Rebus 7 menit untuk mendapatkan putih telur yang lembut namun sudah matang atau rebus selama 10 menit untuk matang sempurna.

2. Bila sudah, langsung pindah ke air dingin (keran) untuk menghentikan proses pemanasan. Kupas dari ujung telurnya. Mulusshhh no grimpiil 👍

3. Kesalahan yang sering dialami saat merebus Telur adalah, langsung memasukkan telur yg baru keluar dari kulkas kedalam air panas/mendidih. Hal ini ga boleh dilakukan ya mom, istirahatkan dulu telur beberapa saat sampai suhu ruang. Hal ini akan mengakibatkan telur kaget sehingga kulit akan retak dan isi telur akan keluar.

4. Kesalah yang kedua, langsung memasukkan telur ke dalam panci berisi air yg masih dingin/belum panas dan air tidak menutupi permukaan telur hal ini juga mengakibatkan telur akan kaget dan lagi-lagi membuat pecah saat direbus.

Sumber